Inilah 5 Penyebab Kulit Berminyak


  • Inilah 5 Penyebab Kulit Berminyak
    Penyebab kulit berminyak. (Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)

    Ada ragam jenis kulit yang ditemui sehari-hari, tetapi umumnya, masalah wajah banyak timbul ketika kulitmu berminyak. Pada dasarnya, kulit kita memerlukan minyak untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari bakteri-bakteri yang berbahaya. Lapisan di bawah kulit yang disebut kelenjar sebasea rutin memproduksi minyak alami kulit atau sebum.




    Jika sebum diproduksi secara berlebih, kulit secara otomatis berminyak dan wajah tampak kusam. Selain penampilan wajah, kulit berminyak pun dapat menyumbat pori-pori sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Rupanya banyak hal yang bisa jadi penyebab kulit berminyak, penasaran apa saja? Berikut deretannya!


    (Baca Juga: Simak Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Pria)


    1. Genetik

    Kulitmu yang berminyak bisa jadi keturunan. Mungkin sekilas kedua orang tuamu memiliki wajah yang nyaris tidak ada minyak, tetapi coba ditanya deh. Siapa tahu semasa muda, ayah atau ibu atau bahkan keduanya memiliki kulit yang berminyak karena kelenjar sebasea besar bisa menjadi atribut yang diturunkan dari generasi ke generasi di keluargamu.

    Penyebab Kulit Berminyak

    (Genetika bisa jadi penyebab kulit berminyak. Foto: Dok. Bence Halmosi / Unsplash)

    2. Usia

    Kulitmu berubah dan bertumbuh selama kamu bertambah usianya. Mungkin ketika memasuki masa pubertas dan usia 20an, banyak minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaseamu, tetapi memasuki kepala tiga, produksi minyak di wajahmu tidak sebanyak ketika menginjak usia 20 tahun.

    Sebab, kulit yang menua akan kehilangan proteinnya seperti kolagen dan kelenjar sebasea pun akan bekerja lebih lambat. Hal ini yang justru menimbulkan kerutan-kerutan halus pada wajah lebih terlihat sehingga produksi sebum dan minyak pada usia-usia dewasa terkadang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang (membuat mereka terlihat lebih muda)


    (Baca Juga: Ketahui Jenis Kulit Wajahmu Hanya Dengan 2 Cara Ini!)


    3. Pori-pori wajah yang besar

    Hal yang menyebabkan kulit berminyak lainnya adalah kenangan yang ditinggalkan perubahan berat badan atau produk skincare yang tidak bersahabat dengan kulit, pori-pori besar. Dengan ukurannya tersebut akan berpotensi meningkatkan produksi minyak. Meski demikian, kamu tidak dapat mengecilkannya, tetapi kamu dapat memberikan perawatan ekstra pada area wajah yang memiliki pori-pori besar.


    4. Melakukan perawatan wajah yang berlebihan

    Mungkin ayah dan ibumu tidak memiliki kulit yang berminyak, maupun anggota keluarga lainnya. Namun, kondisi kulitmu yang berminyak dapat disebabkan oleh kebiasaanmu ketika membersihkan atau merawat wajahmu. Terkadang kita fokus untuk menghilangkan minyak pada wajah dengan mengeksfoliasi lebih dari yang dianjurkan atau mencuci wajah terlalu sering, hal ini justru menyebabkan kulit kita berminyak.

    Sebab, ketika mencuci wajah terlalu sering, kamu menghilangkan terlalu banyak minyak pada kulit sehingga mendorong kelenjar sebasea untuk menghasilkan lebih banyak minyak untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Jadi, pastikan kamu hanya mencuci wajah dua kali dalam satu hari dan jangan lupa menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dan menjaga produksi sebum.

    Penyebab Kulit Berminyak

    (Mencuci muka rutin sehari dua kali. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)

    5. Tidak memakai pelembap

    Setiap kali melakukan rangkaian perawatan wajah sebelum memulai hari, pastikan moisturizer tidak tertinggal. Jika ada yang bilang kalau pelembap menyebabkan kulit berminyak, itu mitos. Sebaliknya, pelembap akan menjaga kelembapan dalam kadar yang wajar, tetapi kamu perlu mencari pelembap water-based dan ringan untuk menghindari pori-pori yang tersumbat akibat pelembap.

    Sebab, pelembap dapat memberi sinyal pada kelenjar sebasea untuk memproduksi sebum secukupnya, terlebih ketika kamu menggunakan produk dengan kandungan asam salisilat seperti obat jerawat yang dapat membuat wajahmu kering, pelembap jadi produk wajib untuk kamu pakai.


    (Baca Juga: Tips Untuk Menghilangkan Stretch Marks Pada Tubuh)


    Inilah beberapa penyebab kulit berminyak dan meski tidak dapat kamu hilangkan sepenuhnya (ingat kulitmu masih membutuhkan minyak sebagai pelindung), kamu dapat menjaga agar produksinya tidak berlebihan.


    Kamu dapat menggunakan blotting papers untuk mengangkat minyak-minyak berlebihan pada wajah, membuat masker alami dari madu yang diaplikasikan tipis ke wajah dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat, atau memanfaatkan kandungan lidah buaya yang dapat menenangkan kulit dengan sensasi dinginnya.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below