Inilah 4 Cara Dapatkan Kualitas Tidur Yang Baik


  • Inilah 4 Cara Dapatkan Kualitas Tidur Yang Baik
    Cara untuk tingkatkan kualitas tidur. (Foto: Dok. Kinga Cichewicz/Unsplash)

    Tidur setiap malam bukanlah sebuah kebiasaan saja, tetapi kebutuhan tiap-tiap tubuh yang sudah bekerja sepanjang hari untuk membantumu jalani kegiatan seharian penuh. Kebiasaan tidur menjadi salah satu dari tiga kebutuhan utama, selain makan dan olahraga untuk memaksimalkan kerja tiap-tiap organ tubuh, mulai dari otak hingga jari-jari kaki.

    Namun, bukan hal yang asing, mungkin sangat familier, ketika merasa sangat lelah dan langsung terlelap, kamu justru merasa jauh lebih pegal atau lebih capek dibandingkan sebelum tidur. Faktanya, ketika kamu merasa sangat lelah dan fokus utamamu adalah tempat tidur, kamu akan cenderung lebih resah saat tertidur sehingga penting untuk menerapkan beberapa hal ini agar kualitas tidurmu lebih baik.




    (Baca Juga: Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya)


    Simak beberapa cara agar kamu bisa dapatkan kualitas tidur yang baik setiap malam!


    1. Bangun rutinitas sebelum tidur

    Tentukan waktu tidurmu. Apakah jam sembilan atau sepuluh malam? Setelah kamu tentukan, ambil 30 hingga 60 menit sebelum waktu tidurmu untuk membangun kebiasaan-kebiasaan yang dapat merelaksasi tubuh dan pikiranmu sebelum tertidur.

    Mulai dari mematikan handphone, televisi maupun laptop, lalu mendengarkan musik yang menenangkan sekaligus menyenangkan hati, hingga melakukan latihan pernapasan adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Rutinitas ini membantu otak untuk mengenali siang dan malam, menenangkan pikiran, serta merelaksasi diri sebagai persiapan tidur.

    Cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik

    (Suasana ruangan yang mendukungmu tidur. Foto: Dok. Patrick Perkins/ Unsplash)

    2. Mengatur cahaya ruangan

    Cahaya menjadi kuncian penting dalam ritme alami tubuh atau dikenal dengan ritme sirkadian, bagian dari jam biologis tubuh yang berperan dalam pengaturan waktu tidur. Ketika waktunya untuk terlelap, pastikan kamu meminimalisir cahaya di dalam kamar (kalau bisa tidak ada cahaya sama sekali) untuk memastikan ritme bekerja dengan baik.

    Tirai blackout dapat membantu jika kamarmu memiliki banyak jendela dan mendapatkan banyak cahaya dari luar. Namun, jika kamu memiliki lampu di samping tempat tidur, pilihlah warna lampu yang tidak terlalu terang sehingga memudahkanmu untuk merasakan kantuk dan cepat untuk tertidur.


    (Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini)


    3. Gunakan essential oil untuk aroma kamar tidur yang menenangkan

    Cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik juga bisa berasal dari aroma kamar tidur. Jika kamu suka dengan aroma clean, kamu enggak perlu menggunakan pengharum ruangan untuk membuat tidurmu lebih nyenyak. Namun, jika ruang tidur yang harum sekaligus menenangkan adalah hal yang kamu cari, gunakan essential oil.

    Beberapa pilihan aroma yang dapat kamu gunakan untuk tenangkan tubuh dan pikiran adalah lavender, cedarwood, bergamot, akar Valerian, dan kamomil. Kelima aroma ini dapat memberikan kesegaran ruangan sekaligus memberi ketenangan pada dirimu sehingga kamu lebih mudah untuk tertidur.



    4. Tempat tidur yang nyaman

    Cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik

    (Matras Quantum dengan teknologi Greentea Latex. Foto: Dok. Quantum)

    Pusat dari kamarmu sudah pasti tempat tidur sehingga penting bagi kamu untuk memastikan matras yang menjadi alas tidurmu, nyaman dan menyehatkan. Pastikan pula sesuai dengan tingkat kekerasan yang kamu inginkan. Matras dengan teknologi Greentea Latex keluaran Quantum Springbed mungkin bisa jadi pilihan yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidurmu, khususnya bagi kamu yang memiliki masalah pada tulang belakang.

    Greentea Latex sendiri merupakan teknologi busa yang baru dikeluarkan oleh Quantum Springbed yang didesain dengan ventilated hole yang dapat membantu cegah panas berlebih. Teknologi ini juga memberikan kenyamanan dan keamanan karena bebas dari kandungan logam berat yang berbahaya bagi tubuh.

    Selain itu Greentea Latex juga digabungkan dengan teknologi back support system, lapisan busa keras pada bagian atas serta menggunakan pegas orthospring dari Quantum yang memastikan kamu tetap tertidur nyenyak tanpa khawatir dengan tulang belakangmu. Matras ini juga dilapisi kain dengan teknologi VIRASE® yang dirancang khusus untuk melawan bakteri dan virus hingga 99.97% 


    (Baca Juga: Kenali Manfaat Peppermint Oil Untuk Kecantikan)


    Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapatkan kualitas tidur yang baik setiap hari. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba teknologi Greentea Latex dari Quantum Springbed, kamu bisa membeli Kasur Orthopedic Posture Greentea Latex dengan kisaran harga Rp 2.000.000 hingga 5.000.000 sesuai dengan ukuran ranjangmu. Namun, jika kamu masih nyaman dengan matras di kamarmu, tetapi penasaran dengan teknologi terbaru dari Quantum Springbed ini, kamu juga dapat membeli Quantum Topper Greentea Latex VIRASE 9 cm dengan kisaran harga Rp 900.000 sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.


    Semua produk terbaru Quantum dengan teknologi Greentea Latex dan berbagai produk lainnya dapat kamu beli dengan mudah (dan harganya yang bersahabat) melalui official store Quantum Springbed di Tokopedia dan Shopee sekarang!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below