Kenali Manfaat Peppermint Oil Untuk Kecantikan


  • Kenali Manfaat Peppermint Oil Untuk Kecantikan
    Simak beberapa manfaat peppermint oil. (Foto: Dok.Mikhail/pexels)

    Setiap essential oil menawarkan beragam manfaat yang baik untuk kecantikan dan menggunakannya secara benar dapat membantu mengelevasi tampilan kamu. Beberapa essensial oil terkenal digunakan dalam produk kecantikan adalah lavender dan green tea, tetapi tahukah kamu bahwa peppermint juga dapat digunakan untuk meningkatkan kecantikan kamu?




    Peppermint oil adalah salah satu bahan yang menawarkan banyak manfaat baik untuk kecantikan dan kesehatan. Karena sifat healing-nya dan efek menenangkannya, peppermint oil biasa digunakan sebagai bahan dalam perawatan kulit. Terdapat banyak manfaat yang akan dihadirkan jika kamu menambahkan peppermint oil ke rutinitas perawatan kulit atau rambut kamu, lho. Penasaran apa aja? Yuk, simak rangkuman di bawah ini!


    (Baca Juga: 9 Minyak Esensial yang Baik untuk Kesehatan)


    1. Manfaat untuk kulit

    manfaat peppermint oil

    (Foto: Dok.VidIstudio/freepik)

    Kamu pasti sudah tahu bahwa salah satu efek yang dihadirkan peppermint oil adalah efek menenangkan dan memberikan sensai dingin yang menjadikan minyak yang sangat baik untuk kulit gatal dan iritasi. Karena sifat antiseptik dan antibakterinya, peppermint oil ini direkomendasikan untuk individu yang mengalami permasalahan iritasi kulit untuk meredakannya.

    Namun, peppermint oil tidak bisa kamu langsung oleskan ke area yang sedang iritasi dalam bentuk murni. Lalu, bagaimana caranya? Campurkan air, 40 ml apple cider vinegar dan 30 tetes peppermint oil menjadi satu di sebuah mangkuk. Aduk terlebih dahulu sebelum kamu pindahkan ke spray bottle. Simpan botol dalam kulkas selama beberapa jam dan semprotkan pada kulit yang sedang gatal atau teriritasi. Spray ini bisa kamu jadikan toner atau facial mist untuk digunakan sehari-hari.

    Selain itu, peppermint oil juga bermanfaat untuk kamu yang mengalami permasalahan kulit yakni jerawat. Karena sifat antimikrobanya, peppermint oil mampu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit. Peppermint oil akan menyeimbangkan produksi sebum, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori dan jerawat. Terlebih lagi, peppermint oil juga membantu membentuk skin barrier pada kulit, lho.

    Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu harus mencoba bahan alami ini untuk mengatasi masalah yang terkait dengan jenis kulit kamu. Caranya adalah dengan menggunakan masker yang mengandung peppermint oil. Campurkan parutan timun dan green clay, lalu tambahkan lima tetes peppermint essential oil dan aduk hingga merata. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 


    2. Manfaat untuk rambut

    manfaat peppermint oil

    (Foto: Dok.freepik)

    Berpindah ke rambut, khasiat peppermint oil ini juga berfungsi untuk mengatasi permasalahan rambut, salah satunya ketombe. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah jika ada bantuan peppermint oil karena sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dimiliki minyak ini mampu membantu mengatasi kekeringan dan gatal pada kulit kepala.

    Jika kamu ingin menghilangkan ketombe pada rambut, cobalah masker rambut dengan peppermint oil yang dapat kamu buat sendiri dirumah. Cukup dengan menyiapkan wadah dan tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, hangatkan dan biarkan dingin beberapa menit.

    Lalu, tambahkan 20 tetes peppermint oil, 10 tetes tea tree oil dan satu sendok teh minyak vitamin E. Aduk dan pindahkan ke botol sebelum dioleskan ke kulit kepala secara menyeluruh dan biarkan selama beberapa jam sebelum mencuci rambut hingga bersih.

    Selain mengatasi masalah ketombe di kulit kepala, peppermint oil juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Saat dipijat di kulit kepala, minyak ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut, sehingga mendorong pertumbuhan rambut kamu sekaligus membersihkan kulit kepala.

    Hal ini memperkuat akar serta menyuburkan rambut sekaligus menghadirkan rambut yang lebih tebal dan sehat. Simpel saja, campurkan empat sendok teh minyak kelapa dengan 5-10 tetes peppermint oil dalam wadah yang sudah disediakan.

    Pijat secara merata ke kulit kepala dan rambut kamu, biarkan selama dua hingga tiga jam sebelum mencucinya hingga bersih. Jika memungkinkan, kamu juga dapat meninggalkannya semalaman dan mencuci rambut di pagi hari dengan shampo.


    Tertarik untuk mencoba? 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below