Simak Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Pria


  • Simak Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Pria
    Cara menghilangkan minyak di wajah pria. (Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)

    Kulit wajah berminyak adalah salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang, termasuk para pria. Area hidung, kening hingga dagu yang kerap menjadi area yang paling berminyak dan juga berpotensi sebagai sarang jerawat-jerawat membandel. Pada dasarnya, di bawah kulit terdapat kelenjar sebasea yang berfungsi menghasilkan minyak alami bernama sebum untuk melindungi kulit.




    Namun, menurut sebuah laporan berjudul Oily Skin: A Review of Treatment Options, pria memiliki produksi sebum yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Selain itu, beberapa faktor yang memengaruhi adalah stres, dehidrasi, cuaca, dan menggunakan produk yang justru menghilangkan minyak alami pada kulit wajah. Meski membuat kamu tampak lebih segar, tetapi kadarnya yang berlebih tentu harus ditemukan cara menghilangkannya pada wajah pria.


    (Baca Juga: Rekomendasi Masker Wajah Untuk Pria)


    Nah, ada beberapa cara menghilangkan minyak pada wajah pria yang dapat kamu aplikasikan ke dalam rutinitasmu. Mau tahu apa saja? Berikut cara-caranya.


    1. Rutin membersihkan wajah (tetapi jangan terlalu sering)

    Kebiasaan sederhana yang tidak sedikit pria mengabaikannya. Untuk menghilangkan minyak pada wajah, para pria harus mencucinya secara rutin setiap pagi dan malam hari menggunakan air hangat. Cukup mencuci dua kali sehari, jangan terlalu sering karena dapat membuat wajah sangat kering yang akhirnya meningkatkan produksi minyak pada wajah.

    Gunakan sabun yang menggunakan bahan organik dan ringan untuk kulit sehingga wajah tetap terasa bersih dan lembap. Pastikan tanganmu bersih sebelum mencuci muka dan setelah mencuci, keringkan wajah dengan handuk, cukup ditepuk-tepuk perlahan dan hindari menggosok area wajah.


    (Masker wajah untuk ekfoliasi wajah. Foto: Dok. Isabell Winter/Unsplash)

    2. Eksfoliasi kulit secara rutin

    Pastikan kamu meluangkan waktu setidaknya satu hingga dua kali seminggu untuk melakukan eksfoliasi. Proses ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus mengangkat penumpukan minyak berlebih. Setelah proses eksfoliasi, wajah akan terasa lebih segar dan pori-pori wajah terasa lebih bersih.

    Bagi para pria yang ingin melakukan eksfoliasi, jangan menggosok face scrub terlalu keras karena akan membuat wajah terlalu kering dan justru menambah kadar minyak pada kulit. Kamu dapat mencoba produk scrub atau masker wajah dengan kandungan oatmeal yang cenderung mengangkat sel kulit mati secara lembut.


    (Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Pria Secara Alami)


    3. Gunakan pelembap wajah

    Cara menghilangkan minyak di wajah pria berikutnya adalah menggunakan pelembap wajah. Siapa bilang pelembap wajah hanya dibutuhkan oleh wanita? Justru produk satu ini dibutuhkan oleh para pria dengan wajah yang sangat berminyak. Dengan memakai pelembap setiap hari, bisa di pagi hari atau sebelum tidur, kamu akan memberikan kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

    Pelembap akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk memproduksi sebum secukupnya. Namun, pilihlah pelembap yang tidak mengandung minyak terlalu tinggi sehingga terasa ringan pada wajah pria.


    (Memilih krim cukur untuk wajah berminyak. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    4. Pilihlah krim aftershave yang tepat

    Agenda mencukur sudah pasti dilakukan oleh para pria. Namun, khusus bagi pemilik kulit wajah berminyak, perhatikan jenis krim cukur yang digunakan. Hindari produk yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi sangat kering. Selain itu, hindari bahan-bahan yang berpotensi tinggalkan wajah sangat kering dan menambah produksi minyak, seperti menthol. Meski meninggalkan sensasi dingin setelah dipakai, menthol pun dapat membuat kulit wajahmu kering.


    5. Simpan kertas minyak wajah atau blotting sheets

    Meski sudah mencuci wajah, melakukan berbagai rangkaian skincare dengan baik, sisa-sisa minyak masih saja menyapa di tengah hari atau ketika sedang beraktivitas. Jangan khawatir karena kamu dapat membawa kertas minyak wajah dan menggunakannya untuk menyerap cairan di wajah termasuk minyak.

    So, para pria yang harus menghadapi kemungkinan wajah berminyak ketika bekerja dan ingin tampilan wajah tetap segar, kertas minyak dapat menjadi penyelamatmu sehari-hari yang wajib kamu bawa.


    (Baca Juga: Sebelum Kamu Membuat Tato, Pikirkan Hal Ini)


    Ini dia beberapa cara menghilangkan minyak di wajah pria yang dapat kamu lakukan untuk tampilan wajah segar tanpa kilauan minyak berlebihan setiap harinya.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below