7 Penyebab Bruntusan Di Dahi Yang Semestinya Diwaspadai


  • 7 Penyebab Bruntusan Di Dahi Yang Semestinya Diwaspadai
    7 Penyebab Bruntusan di Dahi yang Semestinya Diwaspadai. (Foto: Dok. Wayhomestudio/Freepik)

    Melakukan aktivitas di rumah saja selama masa pandemi tak membuat kamu bebas dari masalah kulit. Malahan bisa jadi masalah kulit ini akan semakin bertambah, salah satunya ialah munculnya bruntusan. Bruntusan bisa muncul di mana saja, terutama di dahi. Ada beberapa penyebab bruntusan di dahi yang tak banyak diketahui.




    Mengalami masalah kulit meski sekecil bruntusan kadang membuat siapapun tidak nyaman. Mengganggu penampilan, sudah pasti, tapi ada kalanya bruntusan yang tidak ditangani dengan baik akan semakin parah dan menjadi penyebab masalah kulit lainnya. Kamu harus tahu dulu apa saja penyebab bruntusan di dahi ini agar bisa melakukan langkah pencegahan dan pengobatan yang benar.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah)


    Di sini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab bruntusan yang umum terjadi. Yuk, mari simak penjelasan lebih lengkapnya!


    1. Karena hilangnya kelembaban pada kulit

    penyebab bruntusan di dahi

    (Menjaga kelembaban kulit. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Selama di rumah saja, menjaga kelembaban kulit termasuk hal yang sangat penting. Karena kulit yang kering akan memicu berbagai masalah, salah satunya produksi minyak berlebih.

    Kulit akan bekerja lebih keras untuk memproduksi minyak demi menjaganya tetap lembab, sehingga tak perlu heran jika wajah yang berminyak akan semakin berminyak lagi jika kamu tak memakai pelembab.

    Karena inilah kemudian akan muncul bruntusan di wajah, khususnya di daerah dahi. Jadi, jangan malas untuk mengenakan pelembab meski kamu tak ke mana-mana.


    2. Sisa make up yang tidak terhapus bersih

    Jika kamu sering menggunakan make up setiap harinya, maka penting untuk membersihkan wajah secara rutin dengan baik dan benar. Karena jika tidak, maka akan menjadi penyebab munculnya bruntusan di dahi.

    Kotoran dan juga sisa make up yang tidak terangkat dengan baik akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori wajah. Jika sudah begitu, maka bakteri yang menjadi penyebab bruntusan bisa datang dan mengganggu kenyamananmu.

    Oleh karena itu, setidaknya kamu harus melakukan teknik double cleansing supaya sisa make up dan kotoran pada wajah bisa terangkat dengan benar. Dengan wajah yang bersih, maka bruntusan ini pun tidak akan terjadi kepadamu.


    (Baca Juga: Begini Cara Cepat Atasi Bruntusan di Bagian Pipi!)


    3. Tidak menjaga kebersihan rambut

    Kebersihan rambut ini sangatlah penting, karena rambut merupakan bagian yang paling dekat dengan dahi. Kamu harus sering melakukan keramas demi menjaga kesehatan rambut dan juga dahi, karena jika tidak maka akan menyebabkan timbunan minyak yang akibatnya bisa membuat dahimu bruntusan.

    Apalagi jika ternyata kamu punya tipe rambut yang cepat sekali memproduksi minyak, maka ini juga akan menjadi masalah dan bisa membuat bruntusan sering datang. Oleh karena itu, jangan malas untuk membersihkan rambut jika ingin kulitmu tetap sehat tanpa bruntusan.


    4. Penggunaan produk yang salah

    Kadang kita sering kali mencoba produk make up ini dan itu tanpa memperhatikan kandungan yang ada di kemasannya. Alhasil kamu yang memiliki alergi terhadap zat tertentu dalam produk make up akan kesulitan, karena bisa saja zat tersebut menyebabkan bruntusan di dahi.

    Kamu harus memperhatikan diri sendiri dengan mencari tahu apa saja kandungan produk make up yang bisa menyebabkan alergi. Agar ketika membeli suatu produk kamu bisa lebih waspada.


    5. Tangan yang kotor

    Punya kebiasaan menyentuh kulit wajah meski tangan sedang kotor? Sebaiknya hal tersebut dihindari atau dikurangi mulai dari sekarang. Karena menyentuh kulit wajah saat tanganmu sedang kotor akan menyebabkan berbagai macam masalah kulit.

    Bakteri bisa saja menempel yang kemudian membuat kulitmu rentan akan jerawat, bruntusan dan macam-macam masalah kulit lainnya. Setidaknya jika sedang beraktivitas usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh wajah ya.


    6. Stres berlebihan

    penyebab bruntusan di dahi

    (Stres yang berlebihan. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Bukan hanya dari faktor luar saja yang bisa menjadi penyebab bruntusan ini, bahkan faktor dari dalam pun bisa menyebabkan kamu mengalami bruntusan. Salah satunya adalah stres yang mungkin paling sering dialami akhir-akhir ini.

    Banyak sekali faktor yang membuat seseorang mengalami stres dan gelisah secara berlebihan. Stres dapat memicu munculnya jerawat yang kemudian menyebabkan bruntusan dan semacamnya. Stres juga dapat mengganggu kesehatan sehingga harus diatasi dengan baik supaya tidak berlarut-larut.


    7. Karena Impetigo

    Pada bulan dengan cuaca yang hangat, kamu harus waspada terhadap infeksi bakteri Streptococcus Grup A atau yang sering disebut dengan Strep. Infeksi ini dapat menyebabkan bruntusan yang tampak gatal, berbintik merah kecil di wajah.

    Bintik yang dimaksud di sini akan keluar dan terbuka dengan sendirinya, tapi akan menular jika ada yang menyentuh area wajah tersebut. Nantinya bintik ini akan mengeras dan terlihat seperti kekuningan.


    Itulah beberapa penyebab bruntusan di dahi yang bisa dijelaskan, dan pastinya kamu harus memahami hal ini untuk melakukan pencegahan pasti. Semoga bermanfaat.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below