Sebelum Kamu Membuat Tato, Pikirkan Hal Ini


  • Sebelum Kamu Membuat Tato, Pikirkan Hal Ini
    Seni tato yang perlu banyak dipertimbangkan. (Foto: Dok. Lucas Guimaraes/Pexels)

    Banyak tempat menjadi kanvas. Mulai dari kertas gambar, dinding rumah, hingga tubuh sendiri, selalu ada tempat untuk setiap orang berkreasi. Kalau bicara tentang seni pada tubuh, kamu tidak asing dengan tato, bukan? Berbagai tulisan dan gambar yang menggambarkan jati diri dan momen penting dalam hidup, sesuatu yang dipikirkan secara matang sebelum memutuskan ditato.




    Sebuah bentuk ekspresi diri yang dilakukan seseorang jika kata-kata tidak mampu menggambarkan perasaan dalam diri. Namun, ketika kamu memutuskan untuk mewarnai tubuhmu dengan tinta hitam ataupun warna lainnya, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan matang-matang sebelum kamu membuat tato.


    (Baca Juga: Intip Proses Hapus Tato Yang Harus Kamu Ketahui)


    Inilah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum membuat tato.


    1. Tato itu permanen, pilihlah desain yang benar-benar kamu suka

    Mulai dengan memikirkan alasan kamu ingin membuat tato dan memilih desain tersebut, baik gambar maupun nama. Mungkin kamu bisa menato nama orang tuamu tanpa pikir panjang, tetapi untuk nama lain, pikirkan baik-baik. Selain itu, pastikan desain yang kamu pilih adalah desain yang kamu sukai, tidak hanya saat ini tetapi tahun-tahun berikutnya kamu menjalani hari dengan tato tersebut.

    Hal ini perlu masuk dalam daftar pertimbanganmu karena ketika tinta sudah masuk ke kulit itu berlaku seumur hidup. Jika kamu ingin menghapusnya, proses itu akan jauh lebih menyakitkan dan tidak ramah kantong. Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan tato temporer untuk mengetahui apakah kamu benar-benar ingin ditato dengan desain tersebut atau tidak.


    2. Lakukan riset untuk memahami risiko membuat tato

    Hal yang harus kamu pikirkan ketika ingin membuat tato adalah risiko yang dapat kamu alami setelah proses pembuatan. Pada dasarnya, penyuntikkan zat apapun ke kulit memiliki potensi untuk terjadinya infeksi, penyakit hepatitis, atau muncul masalah kulit lainnya.

    Kamu juga dapat melakukan konsultasi kepada dokter kulit jika ingin memeriksa kondisi kulit sebelum membuat tato, salah satunya untuk mengetahui apakah kulitmu berpotensi alami alergi pada pigmen tato. Risiko alergi terhadap pigmen tato ini sulit untuk dihilangkan dan dapat meninggalkan bekas seperti keloid.

    Selain itu, jarum dan tinta yang tidak steril juga dapat menyebabkan infeksi sehingga ketika kamu datang ke studio tato pastikan tempatnya mengikuti standar prosedur keamanan untuk menato (termasuk sertifikasi sterilisasi) sehingga risiko tersebut dapat dihindari. Pastikan juga seniman tato memakai sarung tangan selam proses pembuatan tato, dan meletakan salep, air, maupun perlengkapan lainnya ke tempat semula setelah proses tato selesai.


    Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membuat Tato

    (Desain tato yang sesuai dengan ekspresi dirimu. Foto: Dok. Eduardo Vacci / Unsplash)

    (Baca Juga: Mengenal Perawatan Super Hair Removal)


    3. Pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat

    Layaknya sebuah luka, setelah area tubuh ditato akan meninggalkan luka bekas proses pengerjaan yang akan disembuhkan oleh sel darah putih dalam tubuh. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memastikan sistem imun tubuh dalam keadaan baik sepenuhnya karena jika tidak, sel darah putih akan fokus melawan bakteri penyebab sakit dan memperlambat proses penyembuhan luka bekas tato tersebut.

    Lalu, sebelum membuat tato, kamu perlu menghindari kegiatan-kegiatan di luar ruangan karena paparan sinar matahari, keringat, dan air klorin dalam kolam renang dapat merusakan tato yang baru kamu buat. Sayang, kan kalau tato yang sudah dibuat harus rusak dalam waktu yang cepat? Makanya, hal ini perlu kamu perhatikan juga.


    4. Jangan lupa mencukur sebelum proses pembuatan tato

    Pastikan area yang kamu ingin tato sudah bersih tanpa bulu sehingga proses memasukkan tinta ke kulitnya pun jadi lebih mudah. Jangan lupa tanyakan kepada seniman tato tentang jangka waktu penyembuhannya, karena ini penting bagimu untuk menahan diri. Menahan diri untuk tidak mencukur pangkal bulu yang mulai tumbuh beberapa hari setelah kamu ditato sehingga mengurangi risiko rusaknya tato.

    Kamu harus menunggu hingga tatonya mengelupas untuk mulai mencukur area tersebut, jadi memiliki tato pun juga menguji kesabaran kita dalam merawatnya.


    (Baca Juga: Murah Dan Praktis, Cara Pakai Masker Rambut Sendiri Di Rumah)


    Itulah beberapa hal yang perlu kamu pikirkan sebelum membuat tato pada tubuhmu. Kira-kira masih tertarik menjadikan tubuhmu sebagai kanvas atau mulai mencari alternatif lain?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below