Cara Pakai Masker Rambut


  • Cara Pakai Masker Rambut
    Cara memakai masker rambut yang benar untuk menutrisi rambut kamu (Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Rambut yang kering, rusak, bercabang, hingga bertekstur adalah masalah yang sering dialami oleh wanita. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti, penggunaan alat penata rambut yang panas, penggunaan produk rambut yang salah, stres, dan lain-lain. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi rambut yang rusak, kering, lemas, dan rontok adalah dengan menggunakan masker rambut secara teratur.


    Masker rambut dirancang untuk memberikan nutrisi yang baik pada rambut kamu, itulah sebabnya mengapa ketika kamu menggunakan masker rambut, harus dibiarkan di rambut kamu selama beberapa menit untuk memastikan penyerapan penuh. Sama seperti masker wajah yang berfungsi untuk menyehatkan dan menghidrasi kulit kamu, masker rambut melakukan hal yang sama untuk helai rambut kamu. Meski begitu, masih banyak yang kurang paham cara pakai masker rambut yang tepat.




    Masker rambut seringkali dibandingkan dengan kondisioner. Padahal, keduanya adalah produk dengan manfaat yang berbeda. Terlepas dari teksturnya yang lebih tebal, masker rambut berbeda dalam cara menutrisi rambut. Kondisioner, sama seperti namanya, bermanfaat untuk mengkondisikan rambut.


    Dengan membantu melindungi rambut dari pengaruh lingkungan seperti kotoran dan polusi dan membuatnya lebih mudah diatur. Namun, sebagian besar manfaat kondisioner terbatas pada lapisan luar rambut. Sedangkan masker rambut memberikan hidrasi intens dan nutrisi yang mencapai jauh kedalam akar rambut. Maka dari itu, masker rambut itu lebih dari sekadar melembutkan rambut kamu, tetapi juga memberi nutrisi dan regenerasi.


    (Baca Juga: 5 Masker Rambut Dengan Bahan Alami Yang Bisa Dibuat Di Rumah)


    Pada umumnya, masker rambut memiliki tekstur yang creamy sehingga mudah untuk dibalurkan ke rambut. Baik rambut kamu diwarnai, rambut alami, atau hanya ingin mempercantik rambut kamu, masker rambut adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan rambut kamu secara keseluruhan.


    Untuk mencari masker rambut yang cocok, kamu harus pertimbangkan bahan apa yang bisa digunakan lebih banyak untuk kondisi rambut kamu. Mungkin rambut kamu sedang kekurangan kelembaban, kurang bersinar, atasi kerontokan, dan lain sebagainya. 


    Masker rambut sebaiknya digunakan paling banyak seminggu sekali atau dua kali seminggu. Itu semua tergantung pada kondisi rambut kamu. Jika rambut kamu masih terasa kering saat kamu menggunakannya dua kali seminggu, kamu dapat meningkatkan penggunaannya menjadi tiga atau empat kali per minggu.


    Namun, jangan sampai berlebihan menggunakannya, karena nanti rambut kamu akan berat dan menjadi lemas. Amati bagaimana rambut kamu bereaksi terhadap masker rambut dan sesuaikan penggunaannya. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara memakai masker rambut yang benar. 


    (Baca Juga: Cara Melebatkan Rambut)


    1. Bersihkan rambut

    Cara menggunakan masker rambut yang pertama adalah dengan mengaplikasikannya pada rambut yang sudah bersih setelah keramas. Kamu bisa menggunakan masker rambut sebagai pengganti kondisioner. Saat membilas, alangkah baiknya apabila kamu menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit dan kutikula sehingga rambut siap menyerap nutrisi yang ada di dalam masker.


    2. Aplikasikan masker rambut

    Setelah selesai dibilas, keringkan rambut kamu dengan handuk lalu bagi rambut kamu menjadi beberapa bagian. Setelah dibagi, kamu dapat menjepit atau ikat rambut agar mempermudah saat mengaplikasikan masker rambut dan oleskan masker rambut dari akar dan kulit kepala. Setelah itu pijat kepala kamu dengan saat mengaplikasikan masker rambut.


    (Baca Juga: Punya Rambut Kering? Jangan Panik, Atasi Dengan Cara Ini!)


    3. Diamkan selama beberapa menit dan bilas

    Setelah masker rambut sudah diaplikasikan secara merata, bungkus rambut kamu dengan handuk hangat agar nutrisinya meresap. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas rambut kamu dengan air bersih. Keringkan dan tata rambut kamu seperti biasanya. 


    Itulah cara pakai masker rambut yang benar untuk menjaga kesehatan rambut kamu. Perlu diingat bahwa tidak semua masker rambut dibuat sama. Mereka dirancang untuk menargetkan kebutuhan rambut tertentu. Maka dari itu, kamu harus memilih masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut kamu. Untuk itu, kamu bisa meminta saran kepada penata rambut di salon terdekat rumah kamu tentang masker rambut mana yang terbaik untuk kamu.


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below