Life & health

5 Ide Bisnis Modal Kecil, Wajib Kamu Coba!

By : Her World Indonesia - 2021-08-25 16:00:01 5 Ide Bisnis Modal Kecil, Wajib Kamu Coba!

Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia hingga saat ini. Kondisi tersebut selain berdampak pada aktivitas masyarakat karena adanya virus yang mudah menular membuat setiap orang harus menjaga jarak. Hal itu juga mempengaruhi perekonomian dan bahkan menjadi kekhawatiran masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat pun harus memiliki cara agar tetap bisa bertahan hidup mulai dari mencari ide bisnis dengan modal kecil untuk menambah penghasilan di era pandemi Covid-19 ini.


Untuk menambah penghasilan tidak perlu bersusah payah karena kamu juga bisa menjalankan bisnis di rumah sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar tanpa harus bingung mencari ruko atau tempat sewa untuk berjualan. Nah, adapun ide bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu lakukan di tengah pandemi Covid-19. Yuk, simak uraian berikut.


(Baca Juga: Inilah Ide Bisnis Dengan Modal Kecil Yang Bisa Dicoba)


1. Menjual Pakaian Preloved Secara Online


(Pakaian preloved. Foto: Dok. Sam Lion/Pexels)

Kira-kira di lemari kamu ada pakaian yang masih bagus tapi sudah tidak pernah dipakai lagi? Kalau ada, kamu bisa menjual pakaian-pakaian kamu tersebut secara online yang sering disebut sebagai preloved.

Menjual pakaian preloved secara online ini termasuk ide bisnis dengan modal kecil, terlebih lagi pakaian yang kamu jual masih bagus dan memiliki kualitas yang terjamin. Nah, dari bisnis kecil itu juga bisa mendatangkan keuntungan dengan cara memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebok, dan lainnya.

Kamu juga bisa meminta bantuan oleh teman terdekatmu untuk mempromosikan jualan kamu agar lebih banyak dilihat orang.


2. Bisnis Makanan Ringan


(Makanan ringan. Foto: Dok. Dmitry Zvolskiy/Pexels)

Siapa yang tidak suka ngemil? Makanan ringan tidak hanya diminati oleh anak-anak saja, tapi juga orang dewasa karena banyak yang menyukai makanan ringan untuk dijadikan cemilan disela-sela aktivitas.

Selain tidak membutuhkan modal besar, membuat makanan ringan juga tidak sulit. Hanya saja, kamu harus lebih kreatif dalam memproduksi makanan ringan ini dan juga bisa dipasarkan melalui media sosial.

Tak hanya enak dan murah tetapi produk yang menarik dan menggugah selera menjadi poin utama agar orang ingin membelinya. Kamu bisa memproduksi makanan ringan melihat dari tren yang sedang viral di media sosial sebagai referensi usaha kamu.


(Baca Juga: Tips Melindungi Bisnis Kecilmu Di Tengah Wabah Corona)


3. Social Media Influencer


(Social media influencer. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)

Tidak selalu berbentuk barang, kamu bisa juga mendapatkan penghasilan dengan jasa yang kamu tawarkan. Dimulai dari menjadi seorang social media influencer. Sama halnya dengan bekerja tetapi tidak perlu ke kantor, kamu bisa melakukannya dirumah saja.

Cara kerja seorang social media influencer adalah bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk mereka melalui media sosial kamu. Namun, kamu juga perlu memiliki pengikut yang banyak di media sosial.

Sebagai social media influencer, tugas kamu adalah mengajak orang agar tertarik dengan produk yang kamu tawarkan sehingga brand dan kamu saling mendapatkan keuntungan.


4. Online Shop


(Online shop. Foto: Dok. Negative Space/Pexels)

Siapa sih yang belum pernah belanja di online shop? Tentunya, pernah dong. Nah, ini salah satu ide bisnis modal kecil yang bisa kamu lakuin. Usaha ini juga semakin mudah dengan adanya perkembangan teknologi.

Waktu yang dibutuhkan juga fleksibel sehingga mempermudah dalam menjalankan usaha kamu. Terlebih lagi sudah banyak aplikasi belanja online yang bisa kamu gunakan sebagai lapak untuk menawarkan produk secara online.

Tak hanya aplikasi belanja online, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menarik banyak pembeli karena orang lebih memilih belanja secara online. Hal itu lebih mudah dibandingkan harus ke toko offline.


5. Katering Makanan Online


(Katering makanan online. Foto: Dok. Naim Benjelloun/Pexels)

Apakah kamu punya hobi memasak? Kamu bisa memanfaatkan hobi dan kemampuan memasakmu dengan membuka katering makanan online, lho. Dengan modal kecil, kamu bisa menghasilkan keuntungan yang cukup dan dapat dilakukan sehari-hari dirumah.

Kamu bisa membuka jasa katering makanan online ini dengan cara mempromosikan mulai dari orang terdekat hingga media sosial.


(Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Simpel Di Masa Pandemi)


Itu dia 5 ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba. Apakah kamu tertarik untuk membuka usaha? Semoga membantu.


(Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)

Life & health