Tips Melindungi Bisnis Kecilmu Di Tengah Wabah Corona


  • Tips Melindungi Bisnis Kecilmu Di Tengah Wabah Corona
    Corona berdampak pada banyak hal, salah satunya adalah keberlangsungan bisnis kecil. (Foto: Dok. Startup Stock Photos/Pexels)

    Seperti yang sudah kita ketahui, wabah Corona berdampak ke hampir semua sektor industri. Tak terkecuali, bisnis-bisnis kecil. Pasti tak mudah rasanya sebagai pemilik usaha menghadapi ragam ketidakpastian hingga kesulitan finansial akibat wabah Corona ini. Bahkan, tak sedikit juga yang merasa depresi akibat stres berlebih karena memikirkan solusi untuk menyelamatkan bisnisnya. Menurut Prita Ghozie, Financial Educator, ada 5 kunci penting yang bisa dilakukan untuk melindungi bisnis kecilmu selama pandemik.


    1. Tinjau ulang niat berbisnis

    Saat harus menghadapi tantangan dalam berbisnis, mudah rasanya untuk "lupa" pada tujuan awal kamu melakukannya, sehingga rasa ingin nyerah bisa langsung datang. Rasanya kamu ingin segera menyudahi bisnis ini dan move on dengan kegiatan lain. Padahal, tantangan berbisnis akan selalu datang. Kalau bukan sekarang, mungkin nanti. Ingatkan kembali dirimu pada tujuan utama kamu berbisnis, misalnya ingin mencari nafkah bersama.




    (Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengatasi Masalah Keuangan)


    2. Teliti masalah satu per satu

    Tuliskan semua masalah yang kamu hadapi satu per satu. Kemudian pikirkan masalah tersebut satu per satu untuk menemukan solusinya. Kalau kamu berusaha untuk menyelesaikan semua masalah secara bersamaan, tentu ini akan jadi hal mustahil. Kamu hanya buang-buang waktu. Bahkan, mungkin solusinya malah tidak tepat sasaran. Luangkan waktu khusus untuk melakukan hal ini. Kamu juga bisa minta bantuan tim yang lain atau kerabat dekat.


    3. Komunikasi dengan tim


    (Tips melindungi bisnis kecil selama Corona. Foto: Dok. Helena/Pexels)

    Dalam mengelola sebuah bisnis, diperlukan adanya kinerja tim yang baik. Kinerja tim yang baik pun hanya bisa tercipta lewat komunikasi yang baik pula. Kalau kamu adalah pemilik usaha, jujurlah pada rekan tim yang lain atau bawahanmu. Ungkapkan kondisi bisnis yang sebenarnya dan ajak mereka untuk menyalurkan kreativitasnya demi menyelamatkan bisnis. Kamu bisa saja terkejut akan ide-ide kreatif yang mereka miliki.


    4. Menyiapkan dana kas

    Sama halnya seperti dana darurat di rumah tangga, kamu juga wajib menyiapkan dana kas untuk 3-4 bulan ke depan. Tak perlu mencari untung, yang penting ada dana kas yang bisa digunakan untuk keperluan mendadak, misalnya membayar uang sewa dan gaji karyawan. Jika perlu, kamu bisa menjual beberapa aset demi menyiapkan dana kas ini.


    (Baca Juga: Sering Gagal Berbisnis, Hadapi Dengan 10 Cara Ini)


    5. Tetap bersyukur

    Sebuah kejadian tak akan mungkin terjadi tanpa ijin Tuhan. Meski terdengar klise, namun pahamilah bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang terkena dampak, bahkan lebih parah, di situasi sekarang ini. Tetap bersyukur dan jadikan kondisi sekarang sebagai sebuah pelajaran untuk memperbaiki bisnis dan kemampuanmu di masa depan.


    Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa hal teknis untuk bisnis:


    (Tips melindungi bisnis kecil selama Corona. Foto: Dok. Photo Mix/Pexels)

    Mengubah strategi bisnis baru

    Imbauan Pemerintah untuk tidak keluar rumah adalah sesuatu yang harus dilakukan demi mengurangi risiko paparan virus Corona. Mungkin kamu memang perlu mengubah strategi bisnis dan menjalankannya secara online sehingga usahamu tidak kehilangan pelanggan. 


    Menunjukkan komitmen pada pelanggan

    Bisnismu memang sedang dalam kondisi sulit tapi kamu tetap harus meningkatkan kepercayaan pelanggan. Yakinkan bahwa usahamu akan berjalan seperti biasa demi memenuhi kebutuhan mereka. Kamu bisa menggunakan jasa kirim dan mobile payment untuk melancarkan transaksi. Dengan tetap menjaga kualitas layanan, pelanggan akan mengapresiasi usaha kerasmu.


    (Baca Juga: 8 Aplikasi Yang Bisa Kamu Andalkan Saat Bekerja Dari Rumah)


    Melindungi bisnis kecil di tengah wabah Corona seperti sekarang ini memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil. Tetap semangat dalam berkarya dari rumah dan kita semua pasti bisa melewatinya bersama-sama.