Inilah Ide Bisnis Dengan Modal Kecil Yang Bisa Dicoba


  • Inilah Ide Bisnis Dengan Modal Kecil Yang Bisa Dicoba
    (Sejumlah ide bisnis modal kecil.Foto:Dok.Theme photo/Unsplash)

    Setelah virus corona mewabah diberbagai negara, dampak yang paling dirasakan adalah ekonomi. Bahkan, beberapa perusahaan terpaksa melakukan PHK atau merumahkan sebagian karyawannya agar bisa tetap berjalan dan bertahan.

    Alasan ini pula yang mendorong sebagian orang untuk mencoba membuka bisnis pribadi. Adalah yang menjual makanan, membuat masker dan keterampilan lainnya yang membuahkan hasil sehingga hanya perlu mengeluarkan modal kecil.

    Selain itu, sebetulnya banyak ide bisnis dengan modal kecil yang bisa dicoba. Apa saja? berikut deretannya.




    (Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Simpel Di Masa Pandemi)


    1. Content creation

    Membangun industri kreatif jadi salah satu ide bisnis yang hanya perlu modal kecil. Kamu bisa meminimalisir budget dengan menempatkan kantor di tempat yang sederhana seperti home company atau kerja secara fleksibel. 

    Hal ini juga didukung oleh seorang content creator yang membutuhkan tempat yang nyaman untuk mendapatkan inspirasi.


    2. Event Organization

    Selain itu, mendirikan Event organization juga jadi salah satu yang bisa dicoba. Ide bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

    Meskipun demikian, membangun bisnis tidak semuanya mudah. Untuk yang satu ini kamu butuh teman yang luas dan banyak. Terutama mereka para vendor untuk event, seperti wedding, concert dan lainnya.


    (Baca Juga: Tips Kelola Bisnis dari Para Ahli)


    3. Social media consultant

    Ide bisnis dengan modal kecil lainnya adalah social media consultant. Sama seperti content creator, sebagai social media consultant kamu juga bisa menghemat budget tempat kerja yang statis.

    Kamu bisa membuka bisnis ini di mana pun kamu berada. Para karyawanmu juga bisa bekerja dari manapun. Meskipun terlihat simple, namun membangun bisnis ini juga perlu pengalaman yang luas dan pelajaran sosial media yang begitu dinamis. 


    4. Digital marketing

    Tak berbeda jauh dengan social media consultant, hanya saja ide bisnis digital marketing harus memiliki keterampilan yang luar biasa. Bukan tanpa alasan, kamu perlu menguasi berbagai bidang, mulai dari social media, photography, videografi, desain hingga writing. 

    Di samping itu, kamu pun memerlukan ragam perangkat sebagai penunjang kreativitas kamu. Diantaranya adalah kamera, handphone, laptop dan lainnya. 


    (Baca Juga: Tips Melindungi Bisnis Kecilmu Di Tengah Wabah Corona)


    5. Graphic Design

    Menjadi seorang graphic designer tidaklah mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membangun bisnismu sendiri.


    Cara yang bisa kamu coba adalah tuangkan ide kreatifmu ke dalam desainmu. Sebarkan karyamu agar orang tahu bahwa kamu memiliki kemampuan desain grafis. Perlahan, kamu akan dikenal sebagai seorang desain grafis handal yang bisa bekerjasama dengan berbagai kebutuhan dunia digital saat ini.


    Itulah sejumlah ide bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu coba. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below