Urutan Skincare Pagi Untuk Anak Remaja


  • Urutan Skincare Pagi Untuk Anak Remaja
    (memperhatikan kulit anak remaja. Foto:Dok.metamorworks/istockphoto)

    Beberapa anak saat masuk pada usia remaja akan menemukan berbagai masalah pada kulitnya. Terutama pada area wajah dikarenakan adanya peningkatan hormon, baik disebabkan oleh stress karena lingkungan, ataupun polusi udara dan debu yang ada di sekitar, hal ini juga menyebabkan wajah anak pada usia remaja terlihat kusam dan muncul jerawat akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak maupun polusi.

    (Baca juga: Cara Menggunakan Toner Untuk Hasil Maksimal)

    Saat anak beranjak remaja, emosional nya akan mudah terganggu karena pada umur tersebut saat di mana mereka mencari jati dirinya, sehingga itulah waktunya mereka akan menghadapi berbagai emosi yang dapat menimbulkan stress dan berpengaruh pada kondisi kulitnya. Untuk kamu yang sedang berada di usia remaja, penting untuk kamu mulai belajar tentang perawatan wajah untuk tetap menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan bersih.




    Tetapi sebelum itu, penting untuk kamu tahu dan mengenal beberapa jenis kulit agar dapat menjalani perawatan wajah yang rutin, yaitu ada jenis kulit normal dengan warna merata, kulit kering dan pori-pori yang samar, jenis kulit berminyak, berjerawat dan pori-pori terlihat jelas pada permukaan kulit, jenis kulit kering yang terlihat kusam dengan warnanya yang tidak merata dan mudah merasa gatal, dan ada jenis kulit kombinasi yang merupakan campuran dari kulit berminyak dan kering, jenis kulit ini seringkali berminyak pada zona-T, yang meliputi dahi dan hidung.


    Jika kamu sudah mengetahui jenis kulitmu, perlu juga untukmu mengetahui urutan skincare pagi sebelum memulai aktivitas kamu setiap harinya, agar kulit kamu dapat terjaga seharian secara maksimal. Penggunaan skincare di pagi hari bertujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari dan polusi udara, berikut urutan skincare untuk para remaja di pagi hari yang benar.

    1. Sabun Pembersih Wajah

    (mencuci wajah dengan sabun wajah.Foto:Dok.damircudic/istockphoto)

    Untuk memulainya kamu perlu mencuci wajah menggunakan sabun pembersih khusus seperti facial foam atau facial wash. Mencuci muka setelah bangun pagi akan menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk saat kamu tertidur. Jika wajah kamu sudah bersih, produk selajutnya yang akan digunakan akan mudah meresap dan menempel pada permukaan kulit wajah kamu.

    2. Toner Wajah


    (Menggunakan toner wajah. Foto:Dok.Margarita Kheruimova/istockphoto)

    Setelah mencuci wajah selanjutnya adalah memakai toner wajah yang berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak yang berlebih pada permukaan kulit wajah kamu. Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, kandungan dalam toner akan membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat serta mencegah timbulnya jerawat baru. Selain itu toner juga akan membantu mengembalikan pH kulit kamu yang hilang saat mencuci muka.

    3. Essence

    (menggunakan essence pada wajah.Foto:Dok.temmuzcan/istockphoto)

    Essence menjadi salah satu tahapan yang penting untuk perawatan wajah disetiap harinya. Langkah ini tentu tidak asing lagi untuk kamu yang rajin skincare. Essence merupakan cairan dengan konsentrasi bahan aktif tinggi, yang berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare agar lebih meresap pada permukaan kulit kamu. Selain itu, essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit untuk mencegah penuaan, karena terdapat kandungan asam hialuronat, gliserun juga vitamin C yang tinggi di dalam kandungan essence.

    (Baca juga: Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan)

    Cara menggunakan essence cukup mudah, yaitu tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan untuk dioleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

    4. Serum Wajah

    (Memakai serum. Foto:Dok.master1305/istockphoto)

    Langkah selanjutnya adalah menggunakan serum wajah, langkah ini cukup efektif untuk dapat kamu lakukan. Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Cara menggunakannya adalah dengan menuangkannya ke telapak tangan secukupnya, lalu oleskan serum tersebut pada permukaan wajah hingga leher secara merata lalu tepuk-tepuk area wajah dan leher agar dapat menyerap dengan sempurna ke permukaan kulit wajah kamu.

    5. Pelembab atau Moisturizer

    (memakai moisturizer.Foto:Dok.PeopleImages/istockphoto)

    Moisturizer adalah langkah selanjutnya yang berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta juga dapat menghaluskan permukaan kulit kamu. Cara pemakaiannya adalah ambil pelembab dengan ukuran sedikit lebih besar, oleskan pada area pipi terlebih dahulu lalu aplikasikan dengan gerakan memijat, tetapi lewati tahap ini apabila penggunaan toner atau serum wajah sudah cukup membuat kulitmu lembap.

    6. Sunscreen

    (selalu menggunakan sunblock.Foto:Dok.Tom Merton/istockphoto)

    Produk perawatan wajah yang satu ini berfungsi untuk melindungi kulit kamu dari penuaan akibat sinar matahari, untuk kamu yang akan menggunakan sunscreen disarankan menggunakan dengan SPF minimal 30. Cara menggunakannya adalah oleskan pada seluruh permukaan wajah dengan gerakan memutar searah jarum jam. Oleskan produk ini 15-30 menit sebelum menjalani aktivitas agar dapat meresap dengan baik pada permukaan kulit wajah kamu.

    (Baca juga: 4 Cara Sederhana Untuk Memakai Pensil Alis Bagi Pemula)

    Itulah rentetan urutan penggunaan skincare yang harus dilakukan oleh para anak remaja agar kamu bisa mulai menjaga kulitmu sejak dini.

    (Penulis: Ellys Natalia)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below