Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan


  • Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan
    Manfaat cokelat untuk kecantikan. (Foto: Dok.Polina Tankilevitch/Pexels)

    Satu gigitan atau bahkan satu batang cokelat terkenal efeknya dalam meningkatkan mood seseorang atau membuat mereka lebih bahagia. Kandungan tryptophan di dalam biji kakao ini menjadi faktor utama yang dibutuhkan tubuh kita untuk memroduksi hormon serotonin atau dikenal dengan hormon bahagia. Namun, selain membuat bahagia diri, manfaat cokelat juga baik untuk kecantikan serta kesehatan kita.




    Meski tidak sedikit himbauan untuk mengurangi konsumsi cokelat agar bentuk tubuh tetap terjaga kesehatannya, rupanya banyak manfaat cokelat yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kecantikan diri. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, biji-biji kakao yang menyatu jadi kudapan penuh nikmat ini memiliki segudang manfaat yang sayang jika tidak kamu coba. Apa saja manfaat cokelat untuk kecantikan?


    (Baca Juga: Inspirasi Warna Kuteks Kuku Untuk Kulit Sawo Matang)


    1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

    Bahan dasar cokelat yaitu biji kakao memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan. Flavonoid sendiri adalah senyawa bioaktif yang ditemukan dari berbagai bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, pohon cokelat adalah salah satunya. Memiliki manfaat yang menyerupai antioksidan, kedua zat dalam biji kakao ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit.

    Menurut riset dari Journal of Nutrition, cokelat dapat mengurangi kemerahan pada wajah akibat paparan sinar matahari sebanyak 25 persen serta dapat memperbaiki tekstur kulit. Namun, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi cokelat hitam.


    2. Menjaga kelembapan kulit dan tampil awet muda

    Faktanya, cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan lebih banyak dibandingkan teh hijau. Selain antioksidan, cokelat juga memiliki kandungan vitamin esensial, zat besi, kalsium, dan zink yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Coba mengganti kopi hitammu dengan cokelat hangat yang akan melembapkan secara maksimal dan membuat kulit terlihat lebih berkilau. Kamu juga dapat meracik body scrub dengan mencampurkan minyak, gula merah, bubuk cokelat, dan vanila.

    Selain itu, cokelat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan mendorong regenerasi sel kulit sehingga wajah tampak awet muda. Semakin pahit cokelatnya, semakin tinggi kandungan antioksidan dan flavonoid di dalamnya.


    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Kandungan Kakadu Untuk Kulit)


    3. Memiliki kandungan yang baik untuk proses detoksifikasi

    Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan

    (Masker cokelat untuk proses detoksifikasi kulit. Foto: Dok.Proostoleh/Freepik)

    Manfaat cokelat untuk kecantikan juga dapat dirasakan langsung pada kulit, tanpa harus kamu makan terlebih dahulu. Cukup campurkan dengan kopi sebagai masker cokelat alami untuk melakukan detoksifikasi kulit. Masker alami ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga pori-pori kulit dapat bebas bernapas. Jadi, jika kamu hendak memanjakan diri dengan massage dan lulur, kamu dapat mencoba perawatan menggunakan masker cokelat ini.


    4. Mengurangi stres

    Stres manjadi salah satu ancaman terbesar bagi kondisi kulit saat ini. Cokelat yang terkenal dapat merelaksasi dan mengurangi stres sangat membantu dalam menjaga kondisi kulit sehari-hari. Kondisi stres yang mungkin kamu alami dapat mengurangi produksi kolagen sehingga mengonsumsi cokelat dapat mengurangi hormon pemicu stres yang otomatis menjaga produksi kolagen tetap optimal.


    (Baca Juga: Rahasia Hyaluronic Acid Yang Belum Banyak Diketahui)


    5. Menambah volume rambut

    Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan

    (Cokelat leleh untuk bahan dasar masker alami. Foto: Dok. Anna Tarzevich/Pexels)

    Pertumbuhan rambut juga dapat dipengaruhi dari kandungan yang ada di dalam cokelat. Selain mendorong hormon pertumbuhan rambut, cokelat dapat membuat setiap helaiannya lebih kuat, tebal, dan lebih berkilau. Jika kamu mengonsumsi cokelat setiap hari, kamu menambah oksigen dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala yang membuat rambut menjadi lebih kuat. Kamu juga dapat mencampur cokelat hitam, yogurt, dan madu untuk diaplikasikan ke kepala sebagai masker rambut alami.


    Itulah berbagai manfaat cokelat untuk kecantikan yang dapat kamu aplikasikan dalam kebiasaan sehari-hari. Jika kamu tidak menyukai cokelat yang terlalu pahit, kamu dapat memilih produk cokelat yang mengandung setidaknya 70 persen biji kakao murni di dalamnya sehingga manfaatnya tetap kamu rasakan selagi kamu menikmati kudapan favoritmu.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below