Food & travel

Cara Memasak Ayam Rica-Rica Sedap Dan Mudah

By : Her World Indonesia - 2021-08-20 15:00:01 Cara Memasak Ayam Rica-Rica Sedap Dan Mudah

Para penggemar makanan pedas pasti akan langsung jatuh cinta dengan menu masakan yang satu ini, jika sudah mencobanya. Bumbu rica-rica yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara ini sering kali hadir dalam menu-menu restoran Indonesia. “Rica” dalam bahasa Manado memiliki makna pedas ataupun cabai yang mencerminkan cita rasa khas dari menu ini sendiri. Bumbu rica-rica ini sangat cocok dimasak dengan beragam jenis daging, baik daging ikan, sapi maupun daging ayam.


(Baca Juga: Cara Membuat Mie Nyemek Pedas Dan Nikmat)


Rica-rica memang merupakan salah satu menu khas Indonesia yang banyak diminati masyarakat. Pasalnya resep bumbu makanan lokal satu ini sangat sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia yang menyukai kekayaan akan bumbu rempah pada masakan khas Indonesia, dan juga pada makanan pedas.


Ayam rica-rica menjadi salah satu menu favorit masyarakat, dengan rasanya yang pedas, gurih, dan juga keempukkan daging ayamnya sangatlah cocok untuk menjadi menu simple di rumah.


Karena ayam rica-rica merupakan menu masakan khas Indonesia, sudah tentu rempah-rempah untuk menyiapkan bumbu spesialnya ini dibuat dengan menggunakan rempah-rempah asli Indonesia, baik dari merica, kunyit, jahe, sereh, dan juga pastinya ada cabai.


Kamu juga perlu menambahkan daun jeruk, bawang merah dan bawang putih, untuk menambah perpaduan bumbu yang sangat nikmat dan wangi untuk diresapi oleh daging ayammu, kamu juga bisa menambahkan beberapa variasi dengan menambahkan daun kemangi dan daun salam untuk membuat rasa ayam rica-rica ini menjadi jauh lebih strong dan wangi.


Kamu bisa membuat masakan ayam rica-rica ini sendiri dengan cara yang lebih mudah tanpa perlu ribet menungggu pengiriman, dan juga tanpa memerlukan biaya yang mahal untuk menikmati ayam rica-rica satu ini sesuai dengan selera kamu loh. Untuk mengetahui cara memasak ayam rica-rica yang sedap dan mudah selengkapnya, kamu bisa simak cara memasak ayam rica-rica di bawah ini.

Bahan-bahan memasaknya:

(Bahan bumbu rica. Foto:Dok.Tamara Walker/istockphoto)

- ½ ekor ayam yang sudah dipotong perbagiannya

- 1 cm lengkuas yang sudah digeprek

- 1 cm jahe yang sudah digeprek

- 1 cm kunyit

- 3 batang sereh yang sudah digeprek

- 3 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk

- 3 butir kemiri

- Daun kemangi sesuai selera

- 1 buah jeruk nipis

- 1 butir tomat dipotong dadu

- 6 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- Cabai sesuai selera

- Kaldu jamur ataupun penyedap bumbu halus

- Gula pasir secukupnya

- Garam secukupnya

- Ketumbar secukupnya

- Lada sesuai selera

- Air secukupnya

- Minyak sayur secukupnya


(Baca Juga: Resep Bihun Goreng Spesial Yang Sehat Dan Enak)


Cara membuat ayam rica-rica:


(Ayam rica-rica. Foto:Dok.masakid_official/Instagram)

1. Siapkan semua bahan-bahan yang sudah didata di atas, kemudian lakukanlah prosedur ini secara bertahap.

2. Masukkan ayam ½ ekor tersebut yang sudah dipotong ke dalam sebuah wadah, kemudian lumuri ayam-ayam tersebut dengan jeruk nipis dan juga garam , lumuri hingga merata, lalu diamkan selama 15 menit lamanya sampai bumbu meresap sempurna pada ayam.

3. Setelah selesai didiamkan, goreng ayam dalam minyak panas hingga kecokelatan, namun jangan sampai kering. Jika sudah, sisihkan ayam.

4. Tumbuk kasar semua bahan-bahan untuk membuat bumbu rica-rica seperti, cabe, bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, kemiri, tomat dan air secukupnya.

5. Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar tersebut hingga harum dan kemudian masukkan lengkuas, jahe, dan batang serai yang sudah digeprek dan kemudian tambahkan juga daun salam, dan daun jeruk ke dalam wajan penumis bumbu halus.

6. Masukkan ayam yang tadi sudah digoreng kecokelatan untuk ikut ditumis.

7. Masukkan air secukupnya dan tambahkan gula, garam, lada, kaldu jamur dan kemudian terus melanjutkan mengaduk bumbu dengan ayam agar bumbu merata.

8. Saat airnya mulai menyusut dan ayam mulai terasa empuk, masukan daun kemangi.

9. Aduk sebentar agar daun kemangi tersebut merata, setelah itu matikan kompor, dan sajikan ayam rica-ricamu ke dalam mangkuk ataupun piring.

10. Ayam rica-rica sudah siap disantap.


(Baca Juga: Rekomendasi Makanan Korea Halal, Patut Dicoba!)


Begitulah cara membuat masakan ayam rica-rica yang sedap dan mudah untuk kamu buat. Silahkan mencoba!


(Penulis: Ellys Natalia)

Food & travel