Food & travel

Cara Membuat Mie Nyemek Pedas Dan Nikmat

By : Her World Indonesia - 2021-07-17 10:10:01 Cara Membuat Mie Nyemek Pedas Dan Nikmat

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan viral satu ini? Mie nyemek adalah makanan asal Jawa yang sempat viral karena disajikan dengan hasil kreasi dari mie instan. Penyajiannya sama dengan namanya “nyemek”, yang dalam bahasa Jawa memiliki arti tidak kering dan juga tidak basah. Mie nyemek adalah bakmi yang disajikan dengan perpaduan mie kuah dan juga mie goreng, sehingga mie nyemek berkesan becek, basah namun tidak banjir oleh kuah mie tersebut.

(Baca juga: Jadi Viral! Kumpulan Makanan Enak Yang Dijual Online)

Tentu saja makanan ini sangat cocok dinikmati saat udara sedang sejuk-sejuknya. Tidak heran penjual mie nyemek ini sering muncul di sore menuju malam hari. Mie nyemek ini juga sering kali menjadi menu langganan anak kost karena kepraktisannya. Tidak heran juga, setiap anak kost pasti siap sedia stok mie instan sebagai penyelamat kala tanggal tua.


Seperti yang disebutkan tentang kepraktisan dari mie nyemek ini, cara membuat mie nyemek sangat mudah dan bahkan persiapan bahannya juga sangat lah sederhana, hanya dengan bumbu-bumbu ataupun bahan-bahan yang memang sudah ada di rumah saja, kamu bisa langsung menyajikan menu mie nyemek ini dan menyantapnya dengan rasanya yang nikmat.


Daripada berlama-lama begini, langsung saja Her World paparkan cara membuat mie nyemek pedas dan nikmat ala Her World berikut.


Bumbu-bumbu yang dibutuhkan:

- Cabe kriting 5 buah

- Bawang merah 3 siung

- Bawang putih 4 siung

- Daun Bawang 2 batang

- Saos tiram sesuai selera

- Merica sesuai selera

- Kecap manis sesuai selera

- Kaldu jamur secukupnya

- Saus Cabe secukupnya

- Garam sedikit saja

(Baca juga: Rekomendasi Ayam Goreng Viral Di Jakarta)

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- Telur 1 biji

- Sayur sawi hijau sesuai selera

- Kol sesuai selera

- Indomie instant goreng 1 bungkus

- Tomat 2 buah potong dadu

- Timun ½ potong dadu

- Minyak sayur secukupnya

- Air secukupnya


Langkah-langkah membuat mie nyemek:

1. Siapkan bumbu dan juga bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie nyemek.

2. Blender ataupun cincang halus 5 buah cabe kriting, 3 siung bawang merah, dan 4 siung bawang putih.

3. Potong sayur sawi hijau menjadi potongan-potongan kecil.

4. Rebus mie instant hingga setengah matang dan jangan lupa simpan bumbu mie instant tersebut sebagai bumbu penyedap mie nyemek nantinya.

5. Tuang dan panaskan minyak sayur secukupnya ke wajan yang sudah panas.

6. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut hingga wangi dan sedikit berubah warna menjadi sedikit kecoklatan.

7. Masukkan telur ke dalam wajan dan orak arik bersamaan dengan bumbu halus dan taburkan sedikit kaldu jamur.

8. Lalu tuangkan air secukupnya ke dalam wajan, tunggu hingga air matang.

9. Kemudian masukkan mie besamaan dengan sayur sawi hijau yang sudah kamu potong, tomat dan juga kol yang sudah dipotong sesuai dengan selera masing-masing.

10. Tambahkan bumbu mie instant yang yang sudah disimpan ke dalam wajan, dan kemudian juga tambahkan bumbu lain seperti garam, kaldu jamur, saus tiram, kecap manis, dan juga saus cabe untuk memperkaya rasa menyesuaikan dengan selera kamu.

11. Setelah bumbu sudah teraduk rata, tunggu hingga air menyusut dan mie terlihat becek dan kemudian tambahkan bumbu merica pada step pembumbuan yang terakhir.

12. Sebagai finishing, sajikan mie nyemek dengan tambahan topping daun bawang yang sudah terpotong kecil dan juga timun yang sudah terpotong dadu.

13. Mie nyemek pedas siap disantap dengan nikmat.

(Baca juga: Rekomendasi Croffle Kekinian Yang Enak, Dijamin Ketagihan!)

Itulah sekian rentetan langkah-langkah memasak mie nyemek pedas dan nikmat ala Her World yang patut kamu coba. Kamu juga bisa menambahkan topping-topping yang kamu sukai dan sekiranya menurut kamu cocok dengan menu masakkan ini, di jamin kamu pasti ketagihan dengan mie nyemek jika mengikuti resep mie nyemek di atas . Siapa yang bisa menolak mie instant yang rasanya sangat nikmat ini, terlebih dengan kreasi yang pastinya lebih memikat mata dan perut kamu yang lapar, benar bukan?


(Penulis: Ellys Natalia)

Food & travel