Fashion

5 Model Baju yang Cocok Untuk Orang Gemuk

By : Vanessa Masli - 2021-08-20 13:00:02 5 Model Baju yang Cocok Untuk Orang Gemuk

Bagi kamu yang memiliki tubuh gemuk, menyusuri toko-toko baju di pusat perbelanjaan adalah sebuah petualangan tersendiri. Berbagai model baju ditawarkan, tetapi sulit menentukan yang benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh kita dan membuat diri nyaman ketika mengenakannya. 


Lalu, bagaimana untuk menentukan model baju seperti apa yang cocok dengan orang gemuk untuk terlihat menawan? Kamu bisa memulai dengan mencari model-model baju yang dapat memberikan kesan ramping atau membuat kamu tampil cantik tanpa terlalu memikirkan apa kata orang lain tentang bentuk tubuhmu. Beberapa model baju yang cocok untuk orang gemuk sudah terangkum dalam deretan berikut.


(Baca Juga: Busana Simple Ala Selena Gomez yang Bisa Kamu Tiru)


1. Gaun atau rok dengan model A-Line

Model A-line mungkin tidak asing di telinga, karena semasa duduk di bangku sekolah mungkin kamu menghabiskan hari-hari dalam balutan rok berwarna merah, biru atau abu-abu tetapi dengan model yang seperti. Lebih ketat pada bagian atas tubuh hingga pinggang dan lebih longgar pada bagian bawah memberikan siluet hourglass sehingga terlihat lebih ramping.

Ketika ingin membeli rok atau gaun dengan model A-line, pilihlah bahan-bahan yang lebih kaku seperti katun, rayon, denim, dan poliester karena keempat bahan tersebut dapat mempertegas bentuk tubuhmu ketika mengenakannya.


2. Gaun atau atasan dengan model peplum

Jika kamu pernah melihat beberapa orang mengenakan atasan atau gaun pas badan dengan aksen ruffle pada bagian pinggang, jenis pakaian ini dikenal dengan nama peplum. Model baju yang cocok untuk dikenakan oleh orang gemuk dapat kamu temukan dalam balutan pakaian ini. Selain dasar bentuk yang menyesuaikan bentuk tubuh atau bodycon, aksen ruffle yang disematkan pada bagian pinggang ini memberikan tampilan pinggang yang lebih ramping.


(Inspirasi model baju yang cocok untuk orang gemuk. Foto: Dok.Tamra Creatives Agency/Pexels)

(Baca Juga: 5 Rekomendasi Jaket Bomber Wanita Dari Brand Lokal Yang Unik)


3. Baju dengan kerah berbentuk V

Model baju yang cocok untuk orang gemuk tidak melulu fokus pada bagian pinggang. Kamu dapat memilih model kerah untuk tampil lebih jenjang, kerah berbentuk V atau lebih familier dengan sebutan V-neck adalah salah satunya. Bentuk kerah satu ini akan menonjolkan bagian leher dan tulang selangka (collarbone) sehingga terlihat lebih jenjang yang kemudian membuat tubuh juga terlihat lebih jenjang. Jika kamu menggunakan baju dengan model leher bulat atau halterneck akan memberi kesan lebih gemuk.


4. Model Empire

Model baju ini banyak ditemukan di berbagai jenis gaun, mulai dari tunik pendek hingga gaun yang cenderung lebih panjang dan flowy. Sekilas modelnya menyerupai A-line atau peplum yang melebar pada bagian pinggang ke bawah, tetapi model ini hanya ketat pada bagian dada dan melebar dari bagian dada ke bawah. Model baju ini mempertegas bentuk tubuh bagian atas sehingga cocok bagi pemilik bentuk tubuh oval, persegi panjang atau segitiga.


5. Baju dengan motif garis vertikal

Tidak hanya fokus pada bagian yang mempertegas bentuk tubuh, kamu dapat mencari baju yang cocok untuk orang-orang gemuk melalui motik yang dipilih. Motif garis adalah motif klasik yang pasti mengisi lemari pakaian kita, setidaknya satu warna atau satu jenis. Jika memilih baju bermotif garis untuk orang berbadan gemuk, pilihlah motif garis vertikal.

Mengapa vertikal? Garis-garis yang membentang dari atas ke bawah ini memberikan ilusi tubuh terlihat proposional dan tinggi. Selain arah garisnya, kamu juga dapat memilih motif garis yang berukuran kecil dan berjarak dekat untuk mengalihkan fokus orang lain pada bentuk tubuh sekaligus memberi kesan ramping pada bentuk tubuh.


(Baca Juga: Inspirasi Bridesmaid Dress Untuk Pesta Pernikahanmu)


Memilih dan mencari model baju yang cocok untuk orang gemuk bukan sesuatu yang mudah, tetapi bukan hal yang mustahil kok. Nah, semoga rangkuman model baju di atas dapat kamu jadikan referensi untuk tampil menawan dan percaya diri dengan bentuk tubuhmu. Kira-kira apakah kamu sudah menemukan model yang menarik perhatianmu? Semoga berhasil!

Fashion