Pentingnya Hubungan Seks Dalam Pernikahan


  • Pentingnya Hubungan Seks Dalam Pernikahan
    Hubungan kebersamaan. (Foto: Dok. Van Thang/Pexels)

    Setiap manusia dewasa pada umumnya memiliki hasrat untuk melakukan seks. Hal ini wajar, karena seks bagian dari kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Kegiatan seksual memiliki peran penting dalam pernikahan maupun rumah tangga. Bukan hanya untuk meneruskan keturunan tetapi juga untuk membuat pasangan semakin dekat. 


    Nah, ingin tahu manfaat apa saja yang bisa kamu rasakan jika melakukan hubungan seks dalam pernikahan? Bagi kamu yang telah memiliki pasangan, simak cara meningkatkan hubungan asmara berikut ini.


    1. Mempererat hubungan dengan pasangan

    hubungan seks dalam pernikahan

    (Erat hubungan. Foto: Dok. Jasmine Carter/Pexels)

    Alasan kenapa hubungan seks dalam pernikahan penting bagi pasangan, bukan rahasia lagi kalau berhubungan intim dapat mempererat hubungan pasangan. Hormon oksitosin yang dilepaskan saat berhubungan seks dapat meningkatkan ikatan dan keintiman emosional.

    Kedekatan yang diciptakan dan dialami selama hubungan seks memperkuat hubungan emosional, rasa cinta, ikatan, dan komitmen. Hubungan seks dalam pernikahan juga meningkatkan rasa kepercayaan yang dapat membuat pernikahan menjadi lebih kokoh. 


    (Baca Juga: 5 Cara Mengenali Pasangan Sebelum Menikah)


    2. Membangun komunikasi yang lebih baik

    hubungan seks dalam pernikahan

    (Komunikasi dengan baik. Foto: Dok. Lucas Pezeta/Pexels)

    Hubungan seks yang baik antar pasangan juga dapat meningkatkan komunikasi dalam kehidupan rumah tangga. Hal ini karena untuk mencapai tingkat kepuasan di atas ranjang diperlukan kejujuran dan keterbukaan dengan pasangan. 

    Itulah kenapa pasangan yang memiliki hubungan seksual yang baik akan terlihat lebih mesra. Selain itu, aktivitas seksual juga dapat memunculkan kembali "percikan" romansa, apalagi ditengah kesibukan pekerjaan dan juga mengurusi anak. 



    3. Mencegah risiko terjadi perceraian 

    hubungan seks dalam pernikahan

    (Perceraian. Foto: Dok. Alex Green/Pexels)

    Seks memiliki peran yang besar dalam pernikahan dan harus dijaga. Terbukti bahwa hubungan seksual memiliki relasi yang sangat kuat dengan tingkat perceraian pasangan. 

    Kurangnya keintiman bisa menyebabkan Anda dan pasangan merasa kurang terhubung satu sama lain. Hal ini dapat memicu pertengkaran besar yang telah berlarut-larut dan menyebabkan keretakan hubungan tangga.


    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ego Dalam Hubungan)


    4. Sebagai cara mengatasi konflik antar pasangan

    Seiring berjalannya waktu dalam hubungan yang panjang, pasangan kerap memiliki perselisihan pendapat. Konflik karena perbedaan pendapat adalah hal yang biasan, namun jika tidak diatasi segera, hubungan antar pasangan bisa menjadi renggang.

    Seks adalah salah satu cara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi dalam hubungan Anda. Keintiman seksual membantu pasangan mengatasi konflik tersebut di mana mereka akan bisa lebih saling kompromi dan membicarakannya lebih baik. 

    Hal ini juga menghidupkan kembali romansa yang hilang serta memperkuat hubungan pasangan. 



    5. Manfaat dari segi psikologis dan fisik

    Seks dikenal memiliki segudang manfaat terutama dari segi psikologi. Beberapa diantaranya adalah meningkat kebahagiaan, kepercayaan diri dan juga mengurangi stres. Otak manusia melepaskan endorfin atau zat kimia yang membuat mereka merasa nyaman saat berhubungan seks.

    Hal ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan kesepian atau emosi berlebihan. Tidak hanya dari segi psikologis juga, manfaat melakukan hubungan seksual juga cukup banyak. Sebut saja meningkatkan imun tubuh, menambah tenaga dan energi, dan lainnya.



    6. Sebagai cara mengekspresikan rasa cinta

    Selanjutnya, manfaat dari hubungan seks dalam pernikahan adalah sebagai sarana bagi pasangan untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang. Hubungan yang tidak memiliki chemistry seksual atau sentuhan fisik cenderung mengakibatkan pasangan menjadi cepat bosan satu sama lain. 

    Tak jarang bagi para lelaki untuk menganggap seks sebagai salah satu cara mereka menunjukkan rasa cinta mereka terhadap pasangan. 


    (Baca Juga: Hal-Hal Yang Membuat Pria Makin Sayang Dengan Pasangannya)


    Nah, itulah beberapa alasan kenapa melakukan hubungan seksual bersama suami atau istri secara teratur dapat memberikan manfaat terhadap rumah tangga kamu.

    Perlu diingat bahwa kamu dan pasangan adalah dua orang yang berbeda dengan dorongan seks dan pandangan yang berbeda.

    Sama seperti bagian lain dari pernikahanmu, keintiman seksual adalah area yang terus kamu kembangkan dan pelajari sebagai pasangan.


    Jadi, jangan ragu atau malu untuk mengutarakan keinginanmu kepada pasangan, baik itu dalam hal melakukan hubungan seks dalam pernikahan atau hal lainnya.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles