Cara Menghilangkan Ego Dalam Hubungan


  • Cara Menghilangkan Ego Dalam Hubungan
    Cara hadapi ego pasangan. (Foto: Dok. Mikhail Nilov/Pexels)

    Salah satu isu utama yang bisa menghancurkan sebuah hubungan adalah ego. Miskomunikasi dan rasa ingin menang sendiri yang akhirnya memicu pertengkaran, semua diawali dari rasa ego yang tinggi. Kalau kamu mengharapkan hubungan yang harmonis, pastikan kamu dan pasangan bisa mengatasi rasa ego tersebut. Beginilah cara menghilangkan ego dalam hubungan.


    Tetap mengalah

    Mungkin bukan kamu yang salah tapi dengan mengalah, kamu bisa menghindari pertengkaran yang tidak penting. Setidaknya sampai emosi pasangan benar-benar stabil. Pastikan kamu juga tidak menghakimi si dia, khususnya saat emosinya memuncak. Bukannya kamu merasa benar, yang ada kamu hanya akan mendapat sakit hati. Jika kamu ada dalam situasi seperti ini, diam dan mengalah adalah opsi terbaik.


    (Baca Juga: Karakter Pria Yang Lahir Bulan Agustus)


    Redam emosi dengan mengingat kenangan indah

    Saat kamu merasa emosi sedang membuncah dan rasanya tak bisa dibendung, tarik napas dan hembuskan perlahan. Lalu bayangkan kenangan indah bersama pasangan. Dengan begitu, emosimu akan meredam. Rasa marah perlahan akan membaik. Jika kamu sudah merasa tenang, peluk pasangan dan ucapkan "Maaf".


    Selesaikan masalah lewat diskusi

    cara menghilangkan ego dalam hubungan

    (Diskusi untuk turunkan ego hubungan. (Foto: Dok. RODNAE Production/Pexels)

    Setelah keadaan tenang dan kalian bisa berpikir jernih, luangkan waktu untuk mendiskusikan masalah yang ada. Ingat, berdiskusilah untuk menemukan solusi yang tepat, bukan untuk saling menyalahkan. Berusahalah mengerti pandangan satu sama lain tanpa harus menghakimi dan merasa diri paling benar. Ingat, hubungan yang awet memang memerlukan pengorbanan dan kerja keras dari kedua pihak.


    Berusaha jadi pendengar yang baik

    Sulit rasanya untuk bisa mendengarkan ocehan pasangan ketika ia marah, apalagi kalau kamu disalahkan. Namun, kalau kamu mengikuti ego dan ikut marah, itu tak akan memperbaiki apa-apa. Sebaliknya, berusahalah untuk jadi pendengar yang baik. Dengarkan setiap keluhan yang ia ucapkan dan coba untuk mengerti. Tak perlu menyela pembicaraannya, atau berusaha mencari solusi saat itu juga, karena yang ia perlukan saat ini adalah pendengar yang baik.


    (Baca Juga: 5 Tanda Hubunganmu Dengan Pasangan Akan Segera Berakhir)


    Tanamkan prasangka baik

    Memiliki prasangka yang baik terhadap pasangan sangat penting untuk mencegah pertengkaran dalam hubungan. Ketika kamu merasa curiga atau kecewa dengan pasangan, tanamkan bahwa si dia baik-baik saja. Ia tak bermaksud untuk menyakiti hatimu. Pikirkan juga bahwa hubungan yang kalian jalani adalah sebuah hubungan yang dewasa sehingga tak bisa mementingkan ego satu pihak saja.


    Itulah beberapa cara menghilangkan ego dalam hubungan. Ingat, cara ini hanya bisa berlaku jika kamu dan pasangan sama-sama berusaha untuk mencobanya dan menjadi versi terbaik dalam diri kalian. Semoga berhasil!

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles