5 Cara Bleaching Rambut Pendek


  • 5 Cara Bleaching Rambut Pendek
    Bleaching rambut pendek. (Foto: Dok. Olya Prutskova/Pexels)


    Jika kamu memiliki rambut yang pendek dan ingin tahu apakah kamu bisa mewarnai rambut pendek kamu, jawabannya tentu saja ada. Meskipun kamu memiliki rambut pendek, proses ini bisa dilakukan dengan sangat sederhana lho.


    Kamu tidak perlu menumpuk rambut di atas kepala atau mengatasi kusut saat membilas seperti rambut panjang. Kamu dapat memiliki new look atau mengubah penampilan kamu hanya dengan sekotak pewarna rambut murah dalam waktu kurang dari satu jam. Simpel banget, bukan? Yuk, intip cara bleaching rambut pendek berikut ini:




     (Baca Juga: Tips Mudah Bleaching Rambut Di Rumah)


    1. Pilih produk bleaching yang tepat

    cara bleaching rambut pendek

    (Produk yang tepat. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Produk bleaching harus memiliki bleaching powder dan developer liquid (biasa disebut dengan peroksida). Peroksida memiliki 4 kekuatan: 10 volume, 20 volume, 30 volume dan 40 volume. Gunakan 10 volume jika rambut kamu sudah pirang dan kamu hanya ingin menghilangkan garis kuning. Pilih 20 volume peroksida jika kamu memiliki rambut cokelat muda atau lebih terang.

    Gunakan volume 30 jika rambut kamu gelap. Kekuatan 40 volume adalah kekuatan maksimum yang dapat kamu gunakan pada rambut hitam, tetapi kekuatan ini sangat keras dan dapat menyebabkan luka bakar pada kulit kepala. Jika kamu menggunakan kekuatan ini, pastikan tidak menyentuh kulit kepala, ya.

    Produk bleaching harus memiliki panduan instruksi. Instruksi manual dapat memberi kamu proporsi pencampuran yang tepat dan prosedur untuk melakukan tes untai rambut atau yang biasa kita sebut sebagai strand test.


    2. Lakukan tes sebelum proses bleaching

    Pertama, kamu bisa ambil beberapa helai rambut di dekat akar rambut dari bagian belakang kepala kamu di mana tidak adanya beberapa helai rambut yang terlalu terlihat. Ikat untaian menjadi satu menggunakan benang atau selotip.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok)


    Kedua, Siapkan sejumlah kecil campuran bleaching powder dan liquid peroxide dalam proporsi seperti yang disebutkan dalam instruksi. Gunakan sendok plastik untuk mengaduk. Kamu juga harus mengaduk produk tersebut di mangkuk non-logam ya.

    Ketiga, celupkan sampel rambut kamu ke dalam campuran ini, pastikan rambut benar-benar tertutup rata. Periksa warna rambut setiap lima menit dengan cara mengusapnya dengan handuk bekas. Terapkan kembali campuran pemutih jika kamu ingin warna yang lebih terang.


    3. Siapkan sarung tangan dan baju ekstra

    cara bleaching rambut pendek

    (Pencampuran krim bleaching. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Sebelum memulai, sebaiknya kamu mengenakan baju lama yang kamu tidak keberatan jika ternoda atau kotor. Dalam proses ini kamu juga wajib untuk memakai sarung tangan terlebih dahulu. Pakailah dua cermin, satu untuk melihat bagian depan dan yang lainnya untuk melihat bagian belakang kepala kamu saat mengaplikasikan produk tersebut.

    Ikuti instruksi yang ada di kotak produk untuk menyiapkan campuran. Gunakan sikat aplikator kit untuk mencampur isinya saat kamu menuangkan cairan developer-nya. Biasanya, kamu harus menambahkan cairan developer secara bertahap ke dalam mangkuk bleaching powder sampai kamu membentuk pasta krim.


    4. Gunakan sikat aplikator

    cara bleaching rambut pendek

    Oleskan campuran bleaching ke rambut kamu dengan menggunakan sikat aplikator. Karena ini adalah proses untuk rambut yang pendek, kamu dapat mengoleskan pemutih ke seluruh rambut sekaligus tanpa membuat partisi dan menerapkannya secara terpisah seperti yang kamu lakukan untuk rambut yang lebih panjang. Mulailah dari bagian belakang kepala kamu, kerjakan dan akhiri di bagian atas kepala. Untuk waktu proses bleaching, sesuaikan dengan instruksi yang ada di kotak produk.


    (Baca Juga: Emily Ratajkowski Pamer Rambut Pirang Saat Karantina)


    5. Bilas beberapa kali

    Bilas rambut sampai bersih setelah mendapatkan warna target yang kamu inginkan. Pastikan kamu tidak meninggalkan bekas bleaching pada rambut dan kulit kamu. Cuci rambut kamu dengan sampo dan bilas lagi. Setelah itu, gunakan kondisioner. Bilas sekali lagi, lalu tunggu hingga rambut kamu mengering untuk melihat hasilnya. Gunakan handuk kering yang bersih untuk mengeringkan rambut kamu.


    Ternyata cara bleaching rambut pendek sangat mudah, bukan? Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam proses bleaching rambut pendek kamu. Selamat mencoba!


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below