Tips Mudah Bleaching Rambut Di Rumah


  • Tips Mudah Bleaching Rambut Di Rumah
    Bleaching rambut di rumah ternyata mudah. (Foto: Dok. Valuavitaly/Freepik)

    Mulai bosan dengan tampilan rambutmu? It’s time for you to spice it up! Selama masa pandemi ini, pastinya kamu sering melihat banyak wanita yang melakukan tutorial DIY cat rambut di rumah dengan pilihan warna yang terang dan menarik perhatian.


    Namun, agar warna tersebut dapat muncul pada warna rambut kita yang cenderung gelap, biasanya akan dibantu dengan proses bleaching rambut terlebih dahulu. Untuk kamu yang belum familiar dengan apa itu bleaching, bleaching rambut merupakan proses pelunturan pigmen hitam pada rambut, sehingga warna lain yang lebih terang dapat memunculkan warnanya pada rambut yang diwarnai.




    Tentunya, proses bleaching ini biasa dilakukan oleh para profesional di salon karena harus dilakukan secara tepat dan dengan hati-hati, mengetahui kebanyakan produk bleaching memiliki kandungan kimia berkonsentrasi tinggi. Maka dari itu, kamu harus mempelajari terlebih dahulu cara tepat untuk melakukan bleaching jika kamu ingin melakukannya sendiri di rumah. Jangan khawatir, Herworld akan telah menjabarkan tips mudah untuk kamu yang ingin melakukan bleaching rambut di rumah.


    1. Lakukan perawatan rambut sebelum bleaching

    Agar rambut tidak mudah rusak akibat bleaching, langkah ini perlu kamu lakukan minimal sebulan sebelum proses bleaching, contohnya perawatan seperti hair mask sebanyak seminggu sekali atau rutin mengaplikasikan kondisioner setelah keramas.

    Tips ini kamu lakukan untuk memastikan kondisi rambut benar-benar sehat sehingga ketika dilakukan bleaching, rambut tidak akan rusak. Sebaiknya, kamu juga tidak mencuci rambut dua hari sebelum bleaching agar proses pewarnaannya lebih mudah.

    Lalu, sesaat sebelum kamu melakukan bleaching, jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner pada rambut dan diamkan selama dua jam sebelum membilasnya. Hal ini merupakan trik agar rambut kamu tetap terjaga kelembapannya karena obat bleaching mampu memberikan efek kering pada rambut.


    2. Do it fast!

    Ketika kamu sedang melakukan proses bleaching rambut, pastikan untuk selalu memerhatikan waktu karena kamu tidak boleh mendiamkan produk bleaching terlalu lama pada rambut. Jika demikian, hal ini dapat menghasilkan warna rambut yang kurang merata, tetapi kamu bisa juga menghasilkan warna cat rambut yang akan lebih terang nantinya.

    Hanya cukup dengan mendiamkan rambut kamu yang sedang di bleaching selama 15-20 menit saja untuk hasil yang memuaskan. Tips ketika mengaplikasikan bleaching agar merata adalah dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian sebelum mengaplikasikan produk bleaching pada rambut.


    3. Lakukan mulai dari bawah ke atas

    tips bleaching rambut di rumah

    (Foto: Dok. Prostooleh/Freepik)

    Bleaching akan menjadi lebih aktif jika berada di hawa panas dan kulit kepala kita menghadirkan banyak hawa panas yang akan membantu proses bleaching untuk bekerja lebih cepat pada bagian kulit kepala dibanding ketika diaplikasikan ke bagian rambut yang lain.

    Oleh karena itu, untuk memastikan agar semua bagian rambut kamu mendapatkan warna yang sama, kamu harus memulai bleaching dengan rambut yang paling jauh dari kulit kepala, yakni ujung rambut. Selain itu, bleaching juga dapat membuat kulit kepala kamu menjadi gatal dan perih jika didiamkan terlalu lama, apalagi jika kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif.

    Jadi, perlu diingat untuk menjauhkan produk bleaching dari kulit kepala selama mungkin. Namun, jika rasa panas terjadi dan tak tertahankan, segera bilas rambut kamu untuk menghindari reaksi yang dapat membahayakan rambut.


    4. Keramas menggunakan purple shampoo dan air dingin

    Saat kamu merasa bahwa bleaching rambutmu sudah cukup, segera keramas rambut kamu dengan menggunakan air dingin, disertai purple shampoo atau shampo ungu. Hal ini penting untuk menjaga ketahan bleaching rambut dan mencegah rambut menjadi rusak.

    Sedangkan membilas rambut dengan air dingin dapat menjaga lapisan pelindung rambut yang sudah dibuka oleh produk bleaching. Ketika melakukan proses ini sendiri di rumah, pastikan kamu juga membersihkan seluruh kepala hingga bersih tanpa meninggalkan sisa produk bleaching untuk menghindari terjadinya iritasi.


    (Baca Juga: 6 'Purple Shampoo' untuk Rambut Ash Penuh Kilau)


    Siapkah kamu untuk melakukan bleaching rambut sendiri di rumah?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below