Ketahui Cara Menghilangkan Komedo Di Area Dagu


  • Ketahui Cara Menghilangkan Komedo Di Area Dagu
    (Lakukan cara menghilangkan komedo di area dagu.Foto:Dok/Pexels)

    Wajah bebas komedo adalah satu dari sekian banyak impian para wanita. Hal ini karena komedo tak hanya muncul di pori-pori kulit di bagian hidung, tapi juga bisa di bagian tubuh lain seperti dagu.

    Terutama jika jenis kulitmu adalah kulit kombinasi atau berminyak, tentu tidak asing dengan komedo yang bermunculan di area dagu. Kamu mungkin juga ingin menekan komedo keluar yang bisa jadi sarang jerawat. Namun sayangnya, akan lebih sulit mengangkat komedo di bagian dagu dibandingkan area lainnya. Tak jarang juga terasa lebih sakit. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo di dagu? Yuk, simak cara-cara berikut ini.




    (Baca Juga: 5 Produk Green Beauty Yang Patut Dicoba)


    Cara Mengilangkan Komedo di Dagu
    (Teknik uap air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    1. Lakukan uap air hangat pada wajah

    Jika kamu memilih proses ektraksi untuk mengangkat komedomu, persiapkan wajahmu dengan baik. Kamu dapat menuangkan air hangat ke dalam mangkuk dan menutup kepalamu dengan handuk, biar uap dari air hangat tersebut bekerja untuk membuka pori-pori pada wajahmu. Dengan demikian, proses ekstraksi yang kamu lakukan akan lebih mudah, tetapi ingat, hindari mengekstraksi komedo dengan kuku karena dapat menyebabkan kulit meradang dan iritasi.


    2. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat

    Selain itu, perhatikan lebih detail kandungan di dalam produk pembersih wajahmu. Cobalah menggantinya dengan perawatan kulit yang mengandung asam salisilat. Kandungan ini jadi salah satu jenis asam paling efektif mengurai minyak maupun sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga bisa menghilangkan komedo pada area dagu.

    Bagi kamu yang pertama kali menggunakan produk dengan kandungan asam salisilat, kamu cukup menggunakannya satu kali dalam satu hari, tepatnya pada malam hari. Jika sudah terbiasa, kamu dapat menggunakannya pada pagi dan malam hari.


    (Baca Juga: 4 Cara Sederhana Untuk Memakai Pensil Alis Bagi Pemula)


    3. Eksfoliasi lembut dengan AHA dan BHA

    Proses eksfoliasi efektif untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga penting untuk menyertakan proses ini dalam perawatan wajahmu. Namun, bagi kamu yang ingin menghilangkan komedo, scrub dengan tekstur keras tidak menjadi pilihan. Kamu cukup menggunakan eksfoliasi lembut dengan kandungan asam alfa dan beta hidroksat (AHA dan BHA) yang praktis mengangkat lapisan kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori wajah.


    4. Gunakan clay mask secara rutin

    Cara Mengilangkan Komedo di Dagu
    (Clay mask menjadi salah satu masker untuk menghilangkan komedo. Foto: Dok. Vie Studio/ Pexels)


    Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo di area dagu adalah mengaplikasikan clay mask atau masker tanah liat. Clay mask dapat membantu pori-pori terbuka, mengeluarkan minyak dan racun yang ada pada kulit. Dalam beberapa masker terdapat kandungan sulfur atau belerang yang berfungsi untuk memecah sel kulit mati penyebab terbentuknya komedo.


    (Baca Juga: Rahasia Hyaluronic Acid Yang Belum Banyak Diketahui)


    5. Konsumsi makanan kaya akan vitamin C

    Vitamin C jadi salah satu yang terkenal dengan kekayaan antioksidannya. Kandungan ini memiliki berbagai fungsi dalam perlindungan kulit, pencegahan jerawat, noda serta komedo.

    Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat melawan radikal bebas berbahaya dan menghambat pertumbuhan bakteri. Oleh sebabnya, kamu bisa banyak mengonsumsi ragam makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti buah jeruk, lemon, pepaya, stroberi, serta sayuran dengan warna daun gelap.

    Cara Mengilangkan Komedo di Dagu
    (Jeruk, salah satu buah yang kaya kandungan vitamin C. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)

    Itulah ragam cara menghilangkan komedo di dagu yang dapat kamu coba agar tampilan wajah lebih bersih dan segar.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below