Manfaat Daging Sapi


  • Manfaat Daging Sapi
    Inilah beragam manfaat daging sapi bagi kesehatan tubuh kamu (Foto:Dok.Lukas/pexels)

    Daging sapi merupakan daging merah yang sering dikonsumsi oleh rakyat Indonesia. Daging sapi sering dibuat sebagai berbagai olahan hidangan sehingga tak heran daging sapi banyak digemari oleh hampir setiap orang. Olahan-olahan dari daging sapi ini selalu terlihat lezat dan menggugah selera. Dari bakso, semur, hingga steak. Selain rasanya yang lezat, daging sapi juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh seperti, protein, zat besi, dan vitamin. Kandungan-kandungan itulah yang membuat daging sapi bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?


    (Baca juga: 5 Tips Memasak Daging Agar Empuk Dan Lunak)




    Tinggi protein dan meningkatkan massa otot

    Daging merupakan sumber nutrisi yang berkualitas bagi manusia terutama sebagai sumber protein. Protein merupakan salah satu nutrien yang sangat penting untuk tubuh dan berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita harus berusaha untuk memastikan asupan protein yang cukup. Protein adalah blok bangunan yang digunakan tubuh kita untuk memperbaiki dan membuat tulang, kulit, dan tulang rawan. Protein yang cukup membantu kita membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Daging sapi juga dikemas dengan asam amino yang dapat meningkatkan kesehatan dengan mempertahankan massa otot dan merupakan salah satu sumber protein terbesar dalam makanan manusia.

     
    Mengandung carnosine

    (Foto:Dok.Pixabay/pexels)

    Manfaat lainnya dari daging sapi adalah daging sapi mengandung banyak carnosine. Carnosine (beta-analyl-L-histidine) adalah senyawa yang dibuat oleh kombinasi asam amino alanin dan histidin. Daging sapi adalah salah satu sumber carnosine tertinggi dan mengandung sekitar 50% lebih banyak dari unggas. Ini memiliki beberapa peran penting dalam kesehatan manusia.


    Kaya vitamin

    Daging sapi mengandung banyak nutrisi penting yang hadir dalam jumlah yang signifikan termasuk berbagai vitamin B.

    Selain itu, daging sapi juga mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang lebih sedikit. Vitamin B12 (cobalamin) adalah nutrisi yang sangat penting dan hanya tersedia dari makanan hewani. Vitamin ini juga memiliki segudang manfaat yang meliputi perbaikan kulit, meningkatkan mood positif, tidur menjadi lebih nyenyak, dan regenerasi saraf.


    (Baca juga: Menu Sehat: Sop Daging Sapi Lezat Dan Praktis)


    Meningkatkan stamina


    (Foto:Dok.Tirachard/pexels)

    Manfaat lainnya adalah daging sapi dapat meningkatkan stamina tubuh dalam berolahraga. Hal ini karena daging sapi mengandung asam amino berupa carnosine yang berguna untuk mendukung fungsi otot. Kadar carnosine yang tinggi pada otot ini akan berdampak positif bagi tubuh, seperti membuat tubuh menjadi kuat karena carnosine dapat mengurangi kelelahan dan juga meningkatkan kinerja tubuh dalam beraktivitas, khususnya saat kamu berolahraga.


    Mengandung creatine

    Apakah kamu tahu bahwa daging sapi mengandung creatine? Creatine adalah senyawa dalam otot yang penting dalam produksi energi. Faktanya, daging sapi biasanya mengandung 350mg creatine per 100g. Creatine dapat bermanfaat dalam peningkatan kinerja olahraga karena creatine membantu pertumbuhan dan perkembangan otot muscle, menyediakan otot dengan pasokan energi yang lebih besar dan meningkatkan daya tahan, dan meningkatkan ukuran otot. Mengkonsumsi daging sapi dapat memberi tubuh kita jumlah creatine makanan yang layak.


    Kaya mineral

    Daging sapi kaya akan kandungan mineral yang bisa membantu menghindarkan dari defisiensi mineral. Mineral sendiri sangat berguna untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan manfaat daging sapi untuk kesehatan bisa diandalkan. Kalsiumnya juga dapat meningkatkan impul saraf dan pembekuan darah, magnesiumnya bisa menjaga tulang dan hati dan potasiumnya bisa menjaga dan memaksimalkan membran sel tubuh.


    Memperkuat sistem kekebalan tubuh

    Manfaat daging sapi selanjutnya adalah membantu proses penyembuhan jaringan tubuh yang rusak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Khasiat ini datang dari kandungan zinc yang dimiliki oleh daging sapi. Bukan hanya itu, zinc juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan anak-anak dan remaja.


    Menjaga berat badan

    Walaupun kolesterolnya tinggi, tetapi daging sapi tetap bisa menjaga kesehatan. Hal ini disebabkan dari kandungan asam linelat terkonjugasi dan L-carnitine yang dapat menyeimbangkan berat badan. Asam linoleat pada daging sapi ini juga bisa membantu menurunkan lemak. Tetapi dengan porsi secukupnya dan cara pengolahannya yang tidak sembarangan.


    Itulah manfaat daging sapi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya dengan tepat. Jadi, jangan sampai kelewatan manfaatnya ya.



    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below