5 Tips Memasak Daging Agar Empuk Dan Lunak


  • 5 Tips Memasak Daging Agar Empuk Dan Lunak
    Begini cara mudah memasak daging agar cepat empuk dan lunak (Foto:Dok/Pexels)


    Menjelang perayaan Idul Adha menu daging kerap jadi salah satu santapan yang sayang untuk dilewatkan. Adalah daging sapi dan kambing yang diolah menjadi ragam menu lezat di hari itu.

    Tak hanya bumbu, daging yang empuk dan lunak juga jadi alasan santapan menjadi lebih nikmat. Namun, bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya tips memasak daging agar empuk dan lunak:



     

    1. Ditumbuk 

    Jika kamu mendapatkan potongan daging dengan tekstur yang keras, menumbuknya dengan bantuan palu khusus daging bisa efektif untuk memecahkan serat. Atau sebagai cara lain, kamu pun bisa menggunakan garpu untuk menusuk daging, sehingga saat dimasak, daging lebih mudah empuk.


    2. Campurkan dengan cairan asam

    Mencampurkan bahan-bahan asam seperti jus lemon, cuka atau buttermilk tidak hanya menambah kelezatan pada daging, tapi juga bisa membuat daging lebih lunak dan empuk. Namun, jangan mendiamkannya terlalu lama. Cukup 30 - 120 menit untuk membuatnya lembut


    3. Beri garam

    Jangan lupa untuk memberikan garam pada daing sebelum memasaknya. Garam mengeluarkan kelembapan dari dalam daging, sehingga warna merah dari dalam. Tidak seperti bumbu perendam, kamu bisa mengasinkan daging hingga 24 jam sebelumnya.


    4. Perhatikan letak suhu

    Memperhatikan suhu untuk meletakkan daging juga bisa mempengaruhi kelembutan daging saat di masak. Jika sebelumnya kamu telah memasukkannya ke dalam lemari pendingin, ada baiknya untuk memindahkannya 30 menit sebelum di masak, ke suhu ruangan. Selain membuatnya lebih mudah dimasak, ia juga akan mudah meresap bumbu masakan.


    5. Masak perlahan

    Saat memasak daging supaya empuk, tidak bisa menggunakan suhu yang tinggi. Meski beberapa daging bisa dimasak dengan cara itu, tapi teknik memasak yang perlahan bisa membuatnya lebih lunak dan matang secara sempurna. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum memanggang.


    Itulah sejumlah cara memasak daging agar empuk dan lunak. Kamu bisa juga mencobanya saat perayaan Idul Adha. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below