Manfaat Baik Daging Kambing Untuk Tubuhmu


  • Manfaat Baik Daging Kambing Untuk Tubuhmu
    (gulai kambing. Foto:Dok.from_my_point_of_view/istockphoto)

    Daging kambing kerap jadi makanan pilihan untuk acara-acara besar. Di antaranya adalah pernikahan, syukuran dan lainnya yang juga menyajikan aneka olahan seperti gulai kambing, sate kambing, tongseng kambing, kambing guling dan banyak lagi.

    Meskipun menggoda, namun beberapa orang enggan menyantapnya dengan alasan tertentu. Seperti, alergi, memicu kolesterol hingga darah tinggi. Dampaknya, mayoritas orang memilih untuk tidak mengonsumsinya. Namun apakah benar begitu? Perlukah kamu benar-benar menghindari makanan ini?




    (Baca juga: Inilah Sederet Makanan untuk Tekanan Darah Rendah)


    Ternyata, dibalik ketakutan dan hal-hal yang muncul akibat daging kambing ini, ada banyak manfaat baik yang bisa kamu dapat dari daging kambing, terutama jika kamu mengolahnya dengan benar. Berikut manfaat baik daging kambing yang sudah dirangkum Her World.


    1. Tinggi Kalsium

    manfaat daging kambing

    (tulang yang sehat dan kuat. Foto:Dok.Andrea Piacquadio /pexels)


    Daging kambing memiliki kadar kalsium yang tinggi sehingga bisa membantu dan juga mendukung pertumbuhan tulang. Oleh karenanya, kambing baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan, tetapi tetap harus dijaga untuk cara olah dan juga jumlah konsumsinya. Karena kedua hal itulah yang menyebabkan efek samping dari konsumsi olahan daging kambing ini.


    2. Kadar Kolestrol, Kalori dan Lemak Jenuh Rendah

    manfaat daging kambing
    (daging kambing rendah lemak.Foto: Dok.Cavan Images/istockphoto)


    Mungkin kamu pernah mendengar bahwa daging kambing adalah makanan yang menjadi penyebab kolestrol tinggi, namun kenapa di sini dikatakan rendah lemak, kalori dan bahkan kolestrol?

    Memang benar bahwa daging kambing dapat menyebabkan kolestrol tinggi dan juga tekanan darah tinggi, namun hal ini bisa terjadi karena konsumsi yang berlebihan ataupun cara mengolahnya yang salah. Kalori pada daging kambing, ternyata paling rendah dibanding daging merah lainnya.

    100 gram daging kambing memiliki asupan kalori sebesar 122 kalori, dan jumlah kalori tersebut yang paling kecil dibanding ayam yang 162 kalori, sapi yang 178 kalori dan juga babi yang 180 kalori. Ada penelitian menunjukkan bahwa 100 gram daging kambing mengandung kurang dari 1 kolestrol di dalamnya dan mengandung lemak jenuh yang rendah. Dengan begitu mengonsumsi daging kambing dengan jumlah dan juga pengolahan yang tepat, tentunya akan membantu kinerja jantung menjadi lebih baik.


    (Baca juga: Ini Dia Penyebab Penyakit Kolestrol Tinggi Yang Membahayakan)


    3. Mencegah Kanker

    manfaat daging kambing

    (mencegah kanker.Foto:Dok.Ridofranz/istockphoto)

    Daging kambing juga memiliki kandungan CLA (Conjugated Linoleic Acid) ataupun yang disebut sebagai asam lemak yang mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan. Pada daging kambing ini terdapat juga kandungan selenium dan klorin yang bisa membantu kita meminimalisir risiko terkena penyakit kanker ini.


    4. Membakar Lemak Berlebih

    manfaat daging kambing

    (daging kambing tinggi protein.Foto:Dok.Arnav Pratap Singh/istockphoto)

    Vitamin B pada daging kambing mampu membantu tubuh membakar lemak yang berlebih di dalam tubuh kamu.daging kambing yang tinggi protein ini juga sangat cocok untuk kamu yang sedang berdiet maupun yang memiliki penyakit obesitas.

    Tingginya protein pada daging kambing juga dipenuhi oleh protein-protein yang berkualitas, sehingga mampu menjaga kesehatan otot dan dengan semua asam amino lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka saat dikonsumsi, tidak akan bertambah kalorinya.


    5. Baik untuk anak, Wanita dan Ibu Hamil

    manfaat daging kambing

    (daging kambing baik untuk wanita hamil.Foto:Dok.pondsaksit/istockphoto)

    Daging kambing memilliki kandungan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk anak-anak penderita autisme, dan juga kekayaan akan zat besi yang tingginya juga mampu mencegah anemia, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi dan juga Wanita yang sedang hamil. Daging kambing mambu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir.


    (Baca juga: 10 Makanan Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi)


    Itulah deretan manfaat baik dari daging kambing. Untuk kamu yang takut untuk mengonsumsi daging kambing, sekarang sudah tidak perlu lagi kan untuk ragu mencoba daging kambing? 


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below