Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh!


  • Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh!
    Beberapa cara untuk mengatasi insomnia. (Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Masa pandemi Covid-19 saat ini kerap membuat stres hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Dampak dari rasa gelisah dan cemas membuat sulit tidur di malam hari. Bahkan salah satu yang mungkin dihadapi adalah Insomnia atau gangguan tidur yang membuat seseorang sulit terlelap. 

    Dilansir dari Medical News Today, Insomnia bisa disebabkan karena banyak hal seperti, mengalami jet lag, kamar yang terlalu panas, dingin atau berisik, berpindah shift di tempat kerja, menghadapi perubahan lain pada jam internal tubuh, tempat tidurnya tidak nyaman, kurang berolahraga, atau bahkan mengalami gangguan kesehatan mental seperti, stres, gelisah hingga depresi. 



    Insomnia juga memiliki ragam jenis, diantaranya adalah insomnia jangka pendek atau sementara dan insomnia kronis. Insomnia jangka pendek biasanya terjadi ketika orang tersebut mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan atau traumatis seperti dipecat dari pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai atau mengalami kecelakaan. Sementara insomnia kronis terlihat pada orang yang mengalami kesulitan tidur atau mempertahankan tidur setidaknya selama satu bulan. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak alasan yaitu, olahraga berat yang diluar kebiasaan, mengaktifkan pelepasan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

    Otot-otot yang bekerja terlalu keras berada dalam keadaan hipereksitabilitas yang konstan yang menyebabkan sulit tidur. Namun, apa yang perlu dilakukan jika kamu sudah terlanjur terserang insomnia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi insomnia paling ampuh yang bisa kamu lakukan.


    (Baca juga: Gangguan Tidur: Jenis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya)


    Minyak esensial

    cara mengatasi insomnia

    (Cara mengatasi insomnia dengan minyak essensial.Foto:Dok.doterra/pexels)

    Minyak esensial bisa membantu kamu untuk mengatasi insomnia. Minyak atsiri, terutama minyak lavender, dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2014, menunjukkan bahwa kapsul minyak lavender dapat memperbaiki pola tidur pada penderita depresi ketika digunakan bersama dengan antidepresan.

    Keduanya juga mengurangi tingkat kecemasan pada orang yang sulit tidur. Kamu juga dapat mengambil kapsul lavender atau menambahkan minyak esensial lavender ke sarung bantal kamu untuk tidur yang lebih baik. Atau sebagai cara lain, gunakan oil diffuser untuk perlahan-lahan melepaskan aroma minyak lavender di kamar kamu.


    Mengurangi kafein

    Cara mengatasi insomnia paling ampuh adalah dengan mengurangi asupan kafein dalam teh, kopi, minuman energi atau cola, terutama di malam hari. Kafein dapat mengganggu proses tertidur, dan juga mencegah tidur nyenyak. Cobalah untuk minum minuman hangat seperti susu atau teh herbal untuk melancarkan proses tidur.


    (Baca juga: Pengaruh Kurang Tidur Pada Kecantikan)


    Pijat

    cara mengatasi insomnia

    (Beri pijatan sebagai cara mengatasi insomnia paling ampuh.Foto:Dok.viktoria/pexels)

    Pijat dapat menenangkan suasana hati dan pikiran kita. Sebuah studi penelitian Cina menyatakan bahwa terapi pijat dapat bermanfaat bagi penderita insomnia karena meningkatkan kualitas tidur dan juga mengurangi perasaan sakit, kecemasan dan depresi, yang dapat menyebabkan insomnia. Kamu dapat pergi ke profesional atau meminta pasangan, anggota keluarga atau teman kamu untuk memijat kamu sebelum tidur.


    Tempat tidur yang nyaman

    Tempat tidur yang nyaman sangatlah penting jika kamu ingin tidur nyenyak dan Buat kamar tidur Anda senyaman mungkin. Atur suhu, pencahayaan, dan keheningan di kamar agar membuat suasana yang kondusif untuk tidur. Jauhkan tempat tidur dari perangkat elektronik seperti TV, radio, laptop, atau alat komunikasi lainnya. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, usahakan jangan membawa hewan tersebut untuk tidur bersama Anda.


    (Baca juga: Lakukan 10 Rutinitas Sehat Ini Sebelum Tidur!)


    Meditasi

    cara mengatasi insomnia

    (Cara mengatasi insomnia paling ampuh dengan meditasi.Foto:Dok.karolina/pexels)

    Meditasi memang bukan pengobatan standar untuk insomnia, tetapi meditasi bisa jadi salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan otak kamu setelah menjalani hari yang panjang. Kamu bisa memulainya dengan latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh santai dan tetap fokus. Oleh karena itu, tidak heran jika meditasi bisa jadi cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran yang ampuh dan efektif.


    Singkirkan ponsel dan gadget

    Smartphone seringkali jadi hal yang dapat menunda banyak orang untuk tidur. Pasalnya hampir semua aktivitas bahkan pekerjaan bermula dari smartphone. Walau menyingkirkan smartphone relatif susah bagi banyak orang, hal ini terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas tidur. Cahaya yang dipancarkan ponsel atau gadget bersifat merangsang otak dan bisa membuat kamu susah terlelap.


    Itulah sejumlah cara mengatasi insomnia paling ampuh yang bisa kamu coba. 


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below