Cara Agar Rambut Tidak Mengembang


  • Cara Agar Rambut Tidak Mengembang
    Berikut adalah cara agar rambut tidak mengembang.Foto:Dok.Valerie/Unsplash

    Salah satu permasalahan rambut bagi setiap orang adalah memiliki rambut yang kasar dan mengembang. Selain sulit diatur, masalah ini juga kerap membuat rambut mudah patah hingga mengalami kerontokan parah.

    Untuk mengatasi agar rambut tidak mengembang, diperlukan perlindungan dari dalam maupun luarnya. Seperti menggunakan perawatan rambut hingga menghindari beberapa kebiasaan yang bisa merusak strukturnya dari dalam. 

    Apa saja? dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara agar rambut tidak mengembang. 




    (Baca Juga: 10 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kusut)


    1. Hindari alat perawatan rambut

    Penggunaan hair dryer, curling iron dan catokan yang terlalu sering bisa merusak rambut. Salah satunya adalah rambut bisa kehilangan kelembapannya sekaligus membuatnya jadi mengembang.

    Jika rambut tak lagi lembap secara maksimal, ia akan sulit diatur. Bahkan buruknya bisa mengalami kerontokan. Oleh sebabnya, ada baiknya untuk mengaplikasikan hair care seperti minyak kelapa, cuka apel dan lainnya terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan alat perawatan rambut.


    2. Gunakan masker rambut

    Salah satu cara agar rambut tidak mengembang adalah dengan menggunakan masker rambut secara rutin saat keramas. Perawatan rambut ini kerap dipercaya menutrisi dan membuat rambut lembap lebih lama. 

    Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk melihat kandungan masker sebelum membelinya.


    (Baca Juga: Intip Rekomendasi Cleansing Oil Untuk Kulit Berminyak Ini)


    3. Keramas secukupnya

    cara agar rambut tidak mengembang
    (Cara agar rambut tidak mengembang adalah keramas secukupnya.Foto:Dok.Chandler/Unsplash)


    Siapa bilang sering keramas akan membuat rambut jadi sehat dan tidak mengembang? Seorang penata rambut Tonya Le menjelaskan kepada Insider bahwa kuantitas mencuci rambut setiap orang adalah berdasarkan tektur rambut yang dimiliki. "Itu tergantung pada tekstur rambutmu, produksi minyak alami, dll. Tetapi memperhatikan tanda-tanda kecil yang diberikan rambutmu bisa membantumu membuat jadwal mencuci terbaik."

    "Cuci rambut sekitar tiga hingga empat kali seminggu dengan sampo yang benar dan kondisioner atau masker yang dibuat untuk rambut yang diwarnai," kata Le kepada Insider. "Dan, di sela-sela keramas, segarkan rambutmu dengan sampo kering pilihanmu," tutupnya.


    4. Jauhi kandungan alkohol

    Menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan alkohol bisa menjadi penyebab rambutmu mengembang. Hal ini disebabkan alkohol memiliki partikel yang menghilangkan kelembapan pada rambut.

    Sebagai alternatif, pilihlah produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami, terutama jika kamu memiliki kulit kepala yang sensitif.


    (Baca Juga: Cara Memakai Masker Rambut)


    5. Lindungi dari paparan sinar matahari

    Meskipun tak terlalu berdampak besar, namun paparan sinar matahari bisa jadi salah satu penyebab rambut mengembang. Hal ini karena, sinar UV dari matahari bisa mengganggu struktur keratin pada rambut yang berfungsi sebagai penyeimbang kelembapan rambut.

    Sebagai langkah agar rambut tidak mengembang, gunakanlah penutupun kepala dan serum rambut. Keduanya akan bekerja untuk melindungi rambut dari dalam dan luarnya


    Itulah sejumlah cara agar rambut tidak mengembang. Selamat mencoba.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below