Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Dan Lurus


  • Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Dan Lurus
    Inilah cara-cara untuk memanjangkan rambut dengan cepat dan lurus. (Foto: Dok.jose/pexels)

    Memiliki rambut yang panjang dan sehat adalah dambaan wanita. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak wanita yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan perawatan rambut di salon untuk mendapatkan rambut yang diinginkan padahal memanjangkan rambut dan merawat rambut yang sehat itu bisa dilakukan dirumah. Walaupun memang memanjangkan rambut bukanlah proses yang cepat. Menurut sebuah penelitian, dalam sebulan rambut hanya tumbuh rata-rata kurang lebih 2 cm saja.


    Lalu, bagaimana cara memanjangkan rambut dengan cepat dan lurus?




    Selain menggunakan produk yang dijual di pasaran, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah menjaga kebersihan kulit kepala. Dengan begitu, rambut akan tumbuh lebih kuat sehingga tidak mudah patah atau rontok.


    Dilansir dari SehatQ, terdapat siklus pertumbuhan rambut dimana dari 100 ribu folikel rambut di kulit kepala akan mengalami tiga fase kerontokan dan pertumbuhan. Mulai dari fase anagen, katagen, hingga telogen.


    - Fase anagen

    Fase aktif pertumbuhan rambut. Sel-sel di akar rambut akan terbelah, lalu rambut baru terbentuk dan mendorong rambut yang lama sampai akhirnya keluar dari folikel rambut kemudian rontok. Pada fase ini, rambut tumbuh sepanjang 1 cm setiap bulannya selama dua sampai enam tahun lamanya.

    Bagi orang-orang yang kesulitan memanjangkan rambut itu biasanya karena mereka memiliki masa anagen yang pendek. Rambut pada kaki, tangan, alis, dan bulu mata manusia tidak pernah bisa tumbuh panjang karena bagian-bagian tubuh ini memiliki fase anagen yang sangat sebentar dengan durasi hanya 30 sampai 45 hari saja.


    - Fase katagen

    Fase ini merupakan fase transisi dimana 3% dari keseluruhan rambut yang tumbuh di kulit kepala akan berada pada fase ini di setiap waktu selama dua sampai tiga minggu. Pada fase ini, pertumbuhan rambut akan terhenti, lapisan luar akar rambut akan mengecil sehingga aliran darah ke akar rambut akan berkurang. Rambut akhirnya menjadi kekurangan nutrisi dan berhenti tumbuh.


    - Fase telogen

    Fase telogen disebut juga sebagai fase istirahat, dan dialami oleh sekitar enam sampai delapan persen dari keseluruhan rambut di kulit kepala. Fase ini berlangsung selama seratus hari untuk rambut di kulit kepala. Dalam fase telogen, folikel rambut beristirahat total.

    Rambut-rambut yang telah melalui masa berhenti tumbuh juga akan rontok. Rambut di fase telogen memiliki ciri khusus, yaitu terdapat bagian kecil yang keras berwarna putih di akar rambut dan biasanya, bagian ini akan terlihat saat rambut rontok atau tercabut.

    Saat siklus pertumbuhan rambut ini terganggu, akan terjadi penipisan ataupun kerontokan rambut. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan rambut kita agar tidak rontok dengan mengetahui cara-cara yang benar untuk merawatnya. Maka dari itu, simak ulasan berikut. 


    (Baca Juga: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang)


    Lidah buaya

    Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki manfaat paling besar untuk kecantikan. Maka dari itu, salah satu cara untuk memanjangkan rambut adalah dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan vitamin A, C, dan E didalamnya sangat bermanfaat untuk memanjangkan dan memperkuat rambut.

    Khasiat Lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan saat ini, banyak sampo yang mengandung lidah buaya untuk memanjangkan rambut dan menjaga kesehatannya.

    Namun, jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya lebih maksimal, akan lebih baik jika kamu menggunakan lidah buaya secara langsung, bukan menggunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung tanaman tersebut. Kamu dapat mengupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya dan gosokkan di kulit kepala kamu sampai gelnya menipis dan habis.


    Minyak kemiri


    (Foto:Dok.pavel/pexels)

    Cara selanjutnya adalah dengan minyak kemiri. Minyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk rambut. Selain untuk menebalkan rambut dengan cepat, minyak yang satu ini juga dapat memanjangkan, menghitamkan, dan juga menyehatkan rambut. Minyak kemiri mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

    Kandungan fitosterol pada minyak kemiri juga berguna berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut yang kering dan kusam.


    (Baca Juga: Cara Pakai Masker Rambut)


    Makanan bergizi

    Bukan hanya dirawat dari luar, tetapi jika kamu ingin memiliki rambut panjang dan lurus kamu juga harus menjaga nya dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Makanan yang bergizi akan membuat rambut kamu kuat sehingga tidak akan mudah rontok.

    Ditambah lagi, makanan yang sehat akan berdampak baik pada kesehatan kuku dan juga kulit kamu. Makanan seperti, buah-buahan, sayuran, daging, susu, dan ikan itu penting untuk kamu tambahkan pada menu makanan kamu setiap harinya.


    Suplemen keratin


    (Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Berdasarkan suatu riset, dengan mengkonsumsi suplemen keratin atau produk yang mengandung 500 mg keratin serta vitamin dan mineral lainnya mampu mengurangi rambut rontok sebanyak 25%, menguatkan rambut sebesar 5,9%, dan juga meningkatkan ketebalan rambut.


    Menyisir rambut

    Menyisir rambut adalah cara memanjangkan dan membuat rambut kamu lurus dengan cepat yang seringkali diremehkan. Dengan menyisir rambut secara teratur, kamu dapat membantu merangsang sirkulasi darah di kulit kepala sehingga rambut tumbuh panjang lebih cepat dan lurus.

    Sisirlah rambut dengan lembut 1-2 kali sehari selama kurang lebih 2 menit dengan menggunakan sisir yang lebar dengan ujung bulat agar saat menyisir tidak terasa sakit. Lakukan setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi kulit kepala.


    Itulah cara memanjangkan rambut dengan cepat dan lurus yang bisa kamu contek. Semoga berhasil!


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below