10 Tips Layering Serum Untuk Membuat Wajah Kamu Glowing


  • 10 Tips Layering Serum Untuk Membuat Wajah Kamu Glowing
    Coba lihat tips layering serum yang bisa membuat kulit kamu semakin glowing. Tidak boleh sembarangan, lho! (Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels.com)

    Permasalahan kulit bisa saja muncul bersamaan. Hiperpigmentasi, kulit kering dan terlalu sensitif, jerawat, munculnya tanda penuaan dini, semua bisa hadir dalam satu waktu. Jika banyak masalah yang timbul di kulit, tentunya akan membuat kamu semakin stres dan tidak percaya diri bahkan membuat bingung, perawatan serum apa yang harus digunakan? Jika mengalami hal ini, layering serum adalah kunci dari permasalahan kamu.

    Teknik layering serum adalah menggunakan dua atau tiga serum sekaligus dalam satu waktu, sehingga bisa menargetkan beberapa masalah kulit secara optimal. Namun, kamu tidak boleh sembarangan dalam melakukan teknik ini, karena layering serum adalah pisau bermata dua. Jika kamu tidak melakukannya dengan benar, malah bisa berbalik menyebabkan masalah kulit semakin parah.




    Manfaat Layering Serum

    Kenapa tidak hanya menggunakan satu serum saja? Well, kamu bisa juga melakukan hal itu. Ketika kulit hanya terlihat kusam, kamu bisa hanya menggunakan serum vitamin C untuk membuatnya tampak lebih cerah dan glowing. Namun jika kulit kamu terlihat kusam, berjerawat, dan kering di saat yang bersamaan, di waktu itulah kamu membutuhkan teknik layering serum. Logikanya, ketika kamu berusaha memperbaiki lebih dari satu masalah, maka menggunakan lebih dari satu serum adalah hal yang masuk akal. Memang kebanyakan serum yang beredar bisa menargetkan beberapa masalah kulit sekaligus, namun kadang kamu membutuhkan sesuatu yang lebih powerful.


    (Baca juga: Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Mulus Dan Cerah)


    Cara Layering Serum yang Benar

    Menggunakan lebih dari satu serum di waktu yang bersamaan bukanlah hal yang mudah dan harus benar-benar teliti saat melakukannya. Mari simak tips layering serum di bawah ini sebelum kamu melakukan teknik tersebut saat menggunakan skincare.


    1. Menggunakan Maksimal Tiga Serum di Waktu yang Bersamaan

    Meskipun tidak ada batas yang jelas berapa serum yang bisa kamu gunakan saat melakukan teknik layering serum, namun sebaiknya kamu menggunakan maksimal tiga serum di waktu yang bersamaan. Jika lebih dari itu, nantinya serum tersebut malah akan menumpuk di permukaan kulit dan menyebabkan penyumbatan di pori-pori atau bahkan membuat kulit tidak bisa menyerap kandungan skincare dengan baik.


    2. Pilih Serum yang Sesuai dengan Masalah Kulit Kamu

    Coba perhatikan apa yang sebenarnya menjadi masalah kulit kamu, dan mulailah dari sana. Mengenali kebutuhan kulit adalah langkah awal dari skincare journey yang baik untuk menciptakan hasil optimal. Hello, glowing skin!


    3. Mulai Dari Tekstur yang Paling Ringan

    Sama seperti layering skincare, saat kamu melakukan layering serum, konsistensi produk yang digunakan menjadi kuncinya. Coba dulu tekstur serum yang akan kamu gunakan di kulit dan perhatikan mana yang paling ringan, sedang, hingga paling thick. Selalu lakukan layering serum dimulai dari tekstur yang paling ringan, agar semakin mudah diserap oleh kulit.


    4. Perhatikan Kandungannya Saat Layering Serum

    Salah satu hal yang paling penting adalah memerhatikan kandungan di dalam serum kamu. Beberapa kandungan seperti retinol, vitamin C, AHA/BHA, dan niacinamide sebaiknya tidak dicampur atau digunakan dalam waktu yang bersamaan karena bisa mengurangi efikasinya, bahkan membuat kandungan di dalamnya tidak bekerja sama sekali. Pelajari lagi tentang reaksi antara kandungan skincare untuk bekal kamu dalam melakukan layering serum.


    5. Beri Jeda Antara Satu Serum dengan Lainnya

    Jeda yang dimaksud adalah 30 hingga 60 detik antara pemakaian serum. Dengan memberi jeda yang pas, kamu membiarkan serum diserap oleh kulit sebelum menimpanya dengan kandungan lain. Hal ini akan mencegah kemungkinan penumpukan skincare di permukaan kulit dan membuat penyerapan kandungan skincare kian optimal di wajah kamu.


    (Baca juga: 8 Manfaat Kandungan Alpha Arbutin Dalam Produk Skincare Kamu)


    6. Lakukan di Pagi dan Malam Hari dengan Tekstur yang Berbeda

    Teknik layering serum aman dilakukan di pagi dan malam hari, namun jika kandungan dan tekstur yang digunakan memang tepat. Banyak kandungan serum yang tidak boleh digunakan di pagi hari seperti retinol dan AHA/BHA karena sangat sensitif terhadap sinar matahari. Namun kandungan lain seperti hyaluronic acid, niacinamide, dan vitamin C tidak masalah digunakan di pagi hari. Maka dari itu, aman bagi kamu untuk melakukan layering serum di pagi atau malam hari selama kandungan yang digunakan memang tepat.


    7. Gunakan Booster untuk Hasil yang Optimal

    Agar penggunaan serum kamu kian maksimal, tidak ada salahnya untuk investasi mendapatkan booster serum yang bagus. Menggunakan booster serum bisa mengoptimalkan penyerapan dan cara kerja kandungan serum di kulit kamu, sehingga hasilnya akan terlihat lebih baik. 


    8. Kunci Kelembapan dengan Moisturizer 

    Meski sudah menggunakan beberapa layer serum, kamu tetap butuh mengunci kelembapan di kulit kamu dengan pelembap. Jika kamu merasa konsistensi skincare di kulit kamu sudah terlalu tebal, kamu bisa memilih pelembap dengan tekstur gel atau gel-cream agar tidak terasa lengket. 


    9. Lakukan Eksfoliasi Teratur

    Eksfoliasi teratur wajib dilakukan jika kamu sudah mengaplikasikan teknik layering serum. Langkah ini akan membantu mencegah penumpukan produk skincare di permukaan kulit dan membuat kulit kamu lebih mudah menyerap tekstur juga kandungan serum yang digunakan.


    10. Lindungi Kulit dengan Tabir Surya

    Meski melakukan layering serum atau tidak, menggunakan tabir surya setiap hari adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk menjaga kulit kamu. Jika kamu melewatkan langkah ini, bisa jadi semua perawatan yang sudah kamu lakukan untuk kulitmu menjadi sia-sia. So, jangan pernah lupakan tabir surya setiap hari, ya!


    Kini apakah kamu sudah siap untuk melakukan teknik layering serum dalam rutinitas merawat kulit kamu? Layering serum bisa mendatangkan banyak manfaat dan membuat kulit kamu semakin glowing ketika dilakukan dengan benar. Selamat mencoba!


    (Baca juga: 10 Cara Merawat Kulit Kombinasi Yang Bikin Wajah Glowing!)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below