8 Manfaat Kandungan Alpha Arbutin Dalam Produk Skincare Kamu


  • 8 Manfaat Kandungan Alpha Arbutin Dalam Produk Skincare Kamu
    Apa itu kandungan Alpha Arbutin? Mari kita intip beberapa manfaat dari Alpha Arbutin dalam produk skincare kamu. (Foto: Dok. Ron Lach/Pexels.com)

    Alpha arbutin kini mulai sering terdengar di dunia skincare dalam negeri. Kandungan ini perlahan menjadi formula yang digemari oleh para pencinta skincare. Namun sebenarnya, apa sih alpha arbutin itu? Sebelum melihat ragam manfaat alpha arbutin, mari kita berkenalan secara singkat dengan formula satu ini.


    Alpha arbutin adalah sebuah molekul yang diekstrak dari bearberry plant yang mampu menghambat pembentukan melanin. Jika dibandingkan dengan dua kandungan pencerah lain seperti kojic acid dan licorice root, alpha arbutin memang diambil dari tanaman yang berbeda, namun fungsinya dalam mencerahkan kulit tidak kalah baik. Vlek hitam biasanya muncul akibat hiperpigmentasi karena sinar UV, dan di sinilah peran alpha arbutin diperlukan, untuk mencegah pembentukan noda hitam tersebut.




    Berita baiknya, alpha arbutin aman untuk digunakan semua jenis kulit dan bekerja sangat baik dengan vitamin C serta formula AHA. Kandungan ini juga bisa digunakan dua kali dalam sehari di permukaan wajah yang sudah dibersihkan bersama serum dan krim lainnya. Alpha arbutin juga tidak sensitif jika terkena sinar matahari, sehingga bisa digunakan sepanjang tahun. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, hawa panas bisa menurunkan efikasi alpha arbutin, jadi pastikan kamu menyimpannya dengan benar, ya!


    Meski dikenal akan manfaatnya dalam mengurangi tampilan vlek hitam, memudarkan bekas jerawat, dan meratakan warna kulit, ternyata alpha arbutin juga memiliki manfaat lainnya. Mari kita simak manfaat alpha arbutin di bawah ini.


    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Mulus Dan Cerah)


    1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

    Kandungan alpha arbutin mampu mengurangi efek negatif sinar matahari, salah satunya kulit menggelap setelah terpapar di terik matahari. Ia mampu melakukan hal ini karena dapat menghambat produksi tyrosinase.


    2. Terasa Lembut di Kulit

    Apabila kandungan pencerah kulit lainnya bisa membuat kulit terasa kering bahkan iritasi, alpha arbutin hadir dengan efek yang lebih baik. Komponen dalam alpha arbutin dilepaskan secara perlahan, sehingga lebih tidak mengiritasi dibanding kandungan pencerah lainnya, menjadikannya sangat baik untuk si pemilik kulit sensitif.


    3. Meratakan Warna Kulit

    Alpha arbutin menghambat produksi tyrosinase, sebuah enzim yang membantu terbentuknya melanin. Dengan terhambatnya produksi enzim tersebut, maka vlek hitam bisa dicegah bahkan terlihat memudar melalui aplikasi teratur.


    4. Aman Digunakan dengan Kandungan Skincare Lain

    Sampai sejauh ini, belum dilaporkan adanya reaksi negatif antara alpha arbutin dan kandungan skincare lainnya. So, it's safe to mix them up!


    (Baca Juga: 10 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Kombinasi, Bikin Glowing!)


    5. Bisa Digunakan Dua Kali Dalam Satu Hari

    Untuk hasil optimal, alpha arbutin bisa digunakan di pagi dan malam hari tanpa khawatir akan menyebabkan iritasi di kulit kamu.


    6. Lebih Aman dari Hydroquinone

    Beberapa waktu lalu, hydroquinone adalah "keajaiban" jika berbicara tentang kandungan pencerah kulit, hingga ia dianggap sebagai formula yang carcinogenic oleh FDA. Hydroquinone bekerja dengan cara mematikan sel yang memproduksi hiperpigmentasi dan melanin, sedangkan alpha arbutin menghambat produksi enzim yang merangsang terbentuknya sel tersebut.


    7. Efektif Memudarkan Bekas Jerawat atau Bekas Luka Lainnya

    Sama seperti kemampuannya memudarkan vlek hitam, alpha arbutin juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang biasanya bertahan lama di kulit bahkan setelah jerawatnya sembuh.

     

    8. Mencerahkan Kulit Wajah

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alpha arbutin menghalangi pembentukan vlek hitam, sehingga menawarkan efek mencerahkan di kulit wajah kamu.


    (Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah)


    Itulah deretan manfaat dari kandungan alpha arbutin. Apakah kamu sudah siap untuk memasukkan alpha arbutin ke dalam rutinitas merawat wajahmu setiap hari?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below