Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Mulus Dan Cerah


  • Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Mulus Dan Cerah
    Simak berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah kamu agar kulit semakin terlihat mulus, cerah, dan glowing! (Foto: Dok. drobotdean/Freepik.com)

    Bagi sebagian wanita, tampilan pori-pori wajah besar biasanya akan mengganggu kepercayaan diri karena dianggap kurang menunjang penampilan. Namun tahukah kamu bahwa salah satu penyebab pori-pori wajah besar adalah faktor genetik? Tidak selamanya tampilan pori-pori wajah besar terjadi karena kesalahan menggunakan skincare atau kelalaian dalam merawat wajah. 


    Selain faktor genetik, pori-pori wajah besar juga bisa disebabkan oleh lingkungan. Salah satu hal yang paling berpengaruh adalah paparan sinar matahari. Maka dari itu, penting sekali untuk selalu menggunakan tabir surya sebagai lapisan perlindungan untuk kulit kamu agar pori-pori wajah tidak semakin membesar.




    Cara mengecilkan pori-pori wajah agar kulit terlihat mulus memang cukup banyak. Namun sebelum itu, mari simak beberapa faktor yang bisa menyebabkan membesarnya pori-pori di wajah kamu. 


    (Baca Juga: 10 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Kombinasi, Bikin Glowing!)


    1. Faktor Genetik

    Jika jenis kulit berminyak atau kulit kering banyak dimiliki oleh anggota keluarga kamu, kemungkinan besar kamu juga akan memiliki tipe kulit seperti itu. Selain jenis kulit, kondisi pori-pori juga bisa saja diwariskan secara genetik. Apabila kamu pemilik jenis kulit berminyak, biasanya pori-pori wajah akan cenderung lebih besar karena kelenjar sebum lebih aktif sehingga kulit membesarkan pori-porinya agar minyak lebih mudah keluar. 


    2. Pertambahan Usia

    Seiring dengan bertambahnya usia, kulit kehilangan elasitisitasnya. Ketika hal itu terjadi, kulit biasanya akan melebar dan saggy, membuat tampilan pori-pori wajah semakin membesar. Kulit juga bertambah tebal seiring perjalanan waktu, sehingga membuat sel-sel kulit miniscule berkumpul di sekitar pori-pori dan menjadikannya semakin besar.


    3. Tidak Menggunakan SPF Setiap Hari

    Penggunaan tabir surya adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kebiasaan ini akan menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari secara optimal. Kamu juga harus ingat untuk mengaplikasikan tabir surya setiap dua hingga tiga jam sekali meski hanya berada di dalam ruangan. 

    Sun damage bisa menyebabkan kulit kehilangan elastin dan kolagen yang menjaga kekencangan pori-pori wajah. Ketika elastin dan kolagen berkurang akibat sinar UV, pori-pori seolah menjadi lemah dan membesar dengan sendirinya.

    Pilih tabir surya yang non-comedogenic dan memiliki tekstur paling sesuai dengan kenyamanan kamu agar selalu betah menggunakannya. 


    4. Over-exfoliate atau terlalu sering eksfoliasi wajah

    Melakukan kegiatan eksfoliasi wajah memang merupakan sebuah langkah tepat untuk mendapatkan kulit mulus, cerah, dan glowing. Namun ketika dilakukan secara berlebihan, malah bisa menjadi senjata makan tuan bagi kulit kamu. Apabila kulit semakin kering, ia akan terus berusaha melembapkan dirinya melalui peningkatan produksi minyak. Ketika produksi minyak terjadi secara berlebihan, maka pori-pori akan otomatis membesar untuk mengeluarkan kelebihannya.


    5. Tidak Membersihkan Makeup 

    Hal satu ini memang sudah banyak diketahui, namun kami ingin menekankan kembali betapa pentingnya melakukan double cleansing setiap hari. Ketika sisa makeup atau tabir surya masih menempel di kulit, kemungkinan besar ia akan menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan impurities

    Saat akan mencuci wajah di malam hari, selalu angkat makeup kamu dengan pembersih wajah yang memang sudah diformulasi untuk hal tersebut. Setelahnya, kamu wajib mencuci wajah dengan sabun cuci muka yang lembut untuk memastikan kebersihan kulit sambil menjaga kelembapannya.


    (Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini 15 Cleansing Oil Untuk Membersihkan Wajah)


    Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Telihat Mulus dan Cerah

    (Foto: Dok. Freepik)


    Nah, setelah mengetahui beberapa faktor yang bisa memengaruhi ukuran pori-pori di wajah, sekarang waktunya untuk menyelami lebih lanjut berbagai langkah untuk mengecilkan tampilan pori-pori besar agar terlihat semakin mulus.


    1. Simpan Cermin Kamu!

    Tidak ada orang yang melihat pori-pori kamu seperti kamu melihatnya di kaca (dengan jarak yang sangat dekat tentunya), kecuali dermatologis langgananmu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah berhenti mencemaskan pori-pori wajah yang besar dan menerimanya sebagai salah satu fitur tubuhmu. Belajar mencintai diri sendiri apa adanya adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menunjang kepercayaan dirimu.


    2. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

    Membersihkan wajah setiap hari adalah hal yang wajib dilakukan oleh siapapun jika menginginkan tampilan pori-pori wajah ideal. Jika memungkinkan, pilih pembersih wajah dengan scrub yang sangat halus untuk mengeluarkan kotoran dari dalam pori-pori. Namun, hanya gunakan pembersih tersebut di malam hari untuk menghindari iritasi. 

    Selain itu, menggunakan uap panas juga bisa membantu membuka pori-pori agar segala sisa makeup, kotoran, dan tabir surya yang tersangkut di dalamnya bisa keluar dengan sempurna. Jika kamu memiliki waktu ekstra, lakukan langkah ini sebelum mencuci wajah.


    3. Jangan Sering Menyentuh Wajah

    Kecuali saat mengaplikasikan skincare atau makeup, usahakan untuk menghindari menyentuh wajah kamu dengan tangan. Bakteri di tangan kamu bisa berpindah ke kulit wajah dan masuk ke dalam pori-pori, sehingga sangat penting untuk memastikan tangan kamu benar-benar bersih saat menyentuh kulit. 

    Mengeluarkan kotoran dari pori-pori di wajah memang sangat memuaskan, namun pada akhirnya hanya akan mendatangkan masalah yang lebih besar dan sulit diselesaikan.


    4. Aplikasikan Tabir Surya Setiap Hari

    Langkah satu ini wajib dilakukan ketika kamu memiliki pori-pori besar atau tidak. Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV merupakan bentuk penghargaan terhadap kulit kamu dan semua langkah perawatan kulit yang sudah kamu lakukan selama ini. 

    Sinar UV dan polusi bisa menyebabkan radikan bebas merusak kolagen dan elastin di kulit, membuat pori-pori semakin longgar dan terlihat besar. 


    5. Coba Lakukan Chemical Peeling 

    Solusi lain untuk mengecilkan pori-pori wajah? Jawabannya adalah chemical peel. Kunjungi dermatologis kesayangan kamu untuk sesi chemical peeling secara berkala. Kamu akan melihat perubahan yang baik di kulit kamu terutama di ukuran pori-pori.


    (Baca Juga: Mengenal Manfaat Kandungan Kaolin Clay Untuk Kulit Berminyak)


    6. Gunakan Retinol atau Retinoid

    Tak masalah apakah produk dengan kandungan retinol atau retinoid yang kamu gunakan adalah resep dari dermatologis atau kamu dapatkan secara bebas, formula tersebut akan membantu mempercepat pergantian sel kulit. Hal ini membuat pori-pori wajah kamu semakin terawat dan kamu bisa melihat perubahannya dalam empat hingga 12 minggu melalui pemakaian teratur.


    7. Pakai Clay Mask Secara Teratur

    Clay mask adalah salah satu senjata rahasia untuk mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus dan cerah. Produk ini bekerja secara cepat dalam mengangkat sumbatan di pori-pori wajah dengan menyerap minyak berlebih. Penumpukan minyak di pori-pori wajah kamu bisa membuatnya terlihat lima kali lebih besar, sehingga membersihkannya secara optimal merupakan langkah yang sangat krusial.


    8. Cari Produk dengan Kandungan Glycolic Acid atau Lactic Acid

    Kandungan glycolic acid dikenal mampu bekerja secara optimal untuk mengangkat sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih di pori-pori wajah kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba lactic acid sebagai alternatifnya jika kamu merasa glycolic acid tidak sesuai dengan jenis kulit kamu.


    9. Hindari Krim Berbahan Dasar Minyak

    Memulaskan krim atau pelembap berbahan dasar minyak dengan tekstur yang cukup berat adalah resep utama untuk menyumbat pori-pori di wajah, bahkan ketika kamu memiliki jenis kulit kering. Kandungan minyak dalam produk tersebut bisa bercampur dengan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya pilih pelembap atau krim wajah berbahan dasar air untuk menjaga pori-pori wajah agar tetap bersih dan bebas sumbatan.


    10. Kurangi Penggunaan Makeup dengan Efek Shimmer

    Langkah satu ini memang bukan solusi untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar, namun menghindari pemakaian makeup dengan efek shimmer bisa membantu menjaga tampilannya. Jika kamu menggunakan makeup dengan efek shimmer, pori-pori di wajah bisa terlihat lebih besar. Sebaiknya hanya gunakan makeup jenis ini di area tertentu yang memang memiliki pori-pori kecil seperti di atas tulang pipi, atas cuping hidung, bagian dahi di dekat garis rambut, dan kelopak mata. 


    (Baca Juga: Moisturizer Mewah untuk Membuat Kulit Wajah Semakin Glowing!)


    Itulah 10 cara mengecilkan pori-pori wajah agar kulit terlihat mulus dan cerah seperti idaman hampir semua wanita. Lakukan langkah ini dengan teratur selama beberapa minggu dan lihat hasilnya di kulit wajahmu!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below