Urutan Skincare Pagi Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan


  • Urutan Skincare Pagi Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
    Langkah-langkah urutan skincare routine di pagi hari (Foto:Dok.mathilde/pexels)

    Kita semua tahu betapa pentingnya skincare routine untuk menjaga kesehatan kulit kita. Meski kita lebih sering dengar akan skincare routine pada malam hari sebelum tidur, tetapi rutinitas pagi tidak kalah penting. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan wajah yang kotor setelah tidur semalaman dan menutrisinya supaya siap beraktivitas sepanjang hari. Urutan skincare pagi pun jadi hal penting untuk kamu kuasai.


    Dilansir dari Dermstore, menurut Dr. Heather Rogers, dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kulit, menerapkan produk perawatan kulit kamu dalam urutan yang tepat memastikan bahwa kulit kamu menerima manfaat penuh dari setiap produk. “Urutan aplikasi sangat penting,” ucap Dr. Rogers.




    “Tugas kulit adalah untuk mencegahnya, tetapi banyak dari produk perawatan kulit yang kita gunakan memiliki bahan-bahan yang ingin kita masuki. Hanya sejumlah kecil dari bahan-bahan utama ini yang dapat menembus kulit, bahkan ketika diformulasikan dengan sempurna dan diterapkan dengan sempurna. Jika kamu tidak menerapkan produk dalam urutan yang benar, kamu tidak akan melihat hasil terbaik dari rejimen perawatan kulit kamu.” Maka dari itu, yuk simak urutan skincare pagi yang baik dan benar.


    (Baca Juga: Skincare Ini Membuat Kulit Kamu Jadi Awet Muda Dan Kuat!)


    Langkah 1: Oil Cleanser

    Jika kamu menggunakan produk berbasis minyak di malam hari, pembersihan minyak di pagi hari adalah keharusan mutlak untuk mengangkat produk tersebut secara efektif. Produk ini membersihkan SPF, polusi, dan kotoran hari sebelumnya sehingga tidak ada penumpukan.


    Langkah 2: Pembersih berbasis air

    urutan skincare pagi

    (Foto:Dok.ron/pexels)

    Urutan skincare pagi berikutnya adalah pembersih berbasis air dengan pH yang rendah dalam rutinitas perawatan kulit pagi kamu akan membantu membersihkan secara mendalam tanpa menyebabkan kemerahan yang sulit ditenangkan sebelum aplikasi riasan.

    Selagi wajah kamu masih lembap dari langkah pertama, gunakan pembersih berbahan dasar air kamu menjadi busa dan biarkan sebagai masker di kulit kamu selama beberapa menit jika kamu punya waktu. Mungkin sembari menunggu, kamu bisa menggunakan waktu ini untuk menyikat gigi dan bilas dengan air dingin. Tekan kain lap bersih ke kulit kamu hingga kering – jangan digosok.


    Langkah 3: Toner

    Toner adalah produk perawatan kulit yang paling sering disalahpahami. Toner dapat menyeimbangkan pH kulit kamu dan menghidrasi. Tuangkan beberapa tetes toner ke wajah kamu dan tekan pelan-pelan dengan jarimu agar produk dapat menyerap dengan baik.


    (Baca Juga: Rekomendasi Cleansing Oil Untuk Kulit Berminyak)


    Langkah 4: Serum

    urutan skincare pagi

    (Foto:Dok.shiny/pexels)

    Langkah paling penting selanjutnya dalam urutan skincare pagi adalah serum yang kaya antioksidan. Wajah kamu menghadapi banyak agen yang ingin merusaknya sepanjang hari: asap motor, layar ponsel kamu yang kotor, dan lainnya.

    Serum hadir dalam berbagai bentuk, seperti gel, krim, dan beberapa bahkan diformulasikan dengan konsistensi mirip air. Serum berfungsi mengurangi kerutan dan membuat wajah lebih kenyal, mengurangi bintik hitam pada wajah, mencerahkan kulit, hingga mengencangkan kulit kamu.

    Cara mengaplikasikannya adalah dengan tekan beberapa pompa ke telapak tangan kamu, lalu gosokkan serum ke kulit dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari dengan lembut lalu tepuk-tepuk kulit wajahmu dan biarkan kandungan serum menyerap sepenuhnya ke dalam kulit kamu.


    Langkah 5: Pelembap

    Pelembap adalah produk yang tidak boleh dilewatkan. Bukan hanya menghidrasi kulit, tetapi pelembap dapat membantu menjaga kulit kamu tetap bersih, halus, dan bebas kerut di kemudian hari.

    Banyak ahli yang merekomendasikan bahwa waktu terbaik untuk mengoleskan pelembap adalah saat kulit masih lembap, jadi semakin cepat kamu menerapkan serum dan perawatan, semakin cepat juga kamu dapat mengunci hidrasi yang sangat dibutuhkan dengan pelembapmu.


    (Baca Juga: Manfaat Air Mawar Untuk Wajah)


    Langkah 6: Tabir Surya

    urutan skincare pagi

    (Foto:Dok.shiny/pexels)

    Tabir surya adalah langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit pagi hari sebelum kamu memulai aktivitas. Tanpa tabir surya, kamu akan mengekspos kulit sensitif di wajah kamu terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari.


    Oleh karena itu, jangan lewatkan urutan skincare pagi hari kamu. Kulit berjerawat, kulit kering atau kulit normal, rutinitas skincare yang konsisten akan membantu kamu mendapatkan kulit yang bercahaya dan sehat setiap hari.


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below