Manfaat Air Mawar Untuk Wajah


  • Manfaat Air Mawar Untuk Wajah
    Beberapa manfaat air mawar yang dapat meningkatkan penampilan wajah kamu (Foto:Dok.karolina/pexels)

    Air mawar atau rose water adalah air wangi yang dibuat dengan cara merebus atau menyaring uap dari kelopak bunga mawar. Air mawar dapat membantu meningkatkan mood, meredakan stres, menyembuhkan luka dan telah lama digunakan untuk perawatan kulit, parfum, bahkan sebagai penambah aroma makanan yang memiliki banyak keuntungan. Inilah manfaat air mawar untuk wajah.


    Dari menenangkan kulit hingga menghaluskan kerutan, air mawar dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah kamu. Maka dari itu, kenapa tidak menggunakannya dalam rutinitas harian kamu? Air mawar bisa kamu gunakan sebagai toner, moisturizer, face mist, yang membantu membersihkan kulit secara menyeluruh sambil menjaga keseimbangan pH kulit yang halus.




    Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidannya menjadikannya peran utama dalam meningkatkan kesehatan kulit wajah kamu. Berikut beberapa manfaat air mawar yang patut kamu ketahui.


    (Baca Juga: Benarkah Air Mawar Mampu Mengobati Jerawat?)


    Menghidrasi secara alami

    Manfaat pertama dari rose water adalah ia mampu menjaga kelembaban kulit wajah kamu. Kelembaban adalah kunci untuk awet muda. Air mawar dapat memberi kulit kamu dorongan instan yang menyegarkan dan kelembaban yang tahan lama jika kamu menggunakannya secara rutin.

    Cara yang bagus untuk melawan kulit kering dan kusam adalah dengan menggunakan air mawar setidaknya sekali sehari. Kamu bisa semprotkan ke seluruh wajah dan biarkan kandungan yang penuh manfaatnya itu meresap ke dalam kulit kamu.


    Mengobati jerawat

    Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami oleh perempuan. Dengan adanya jerawat di muka kita, tentu kita menjadi kurang percaya diri. Air mawar dapat membantu mengobati jerawat dengan efektif karena ia memiliki khasiat astringent yang dapat membersihkan kulit secara mendalam.

    Kandungan antibakteri di dalamnya diketahui dapat membunuh kuman yang memicu jerawat pada kulit. Untuk mengobati jerawat, kamu bisa menggunakan air mawar sebagai toner di pagi dan malam hari, terutama setelah wajah dibersihkan.


    Menenangkan kulit yang iritasi

    Kulit yang merah dan iritasi tentu mengganggu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Air mawar adalah salah satu produk perawatan kulit yang mampu menenangkan kulit yang merah dan iritasi karena kandungan sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu menenangkan eksim dan rosacea.

    Sifat anti bakteri dari air mawar dapat meningkatkan waktu penyembuhan luka dengan menjaganya tetap steril dan melawan infeksi. Selain itu, air mawar juga dapat membantu mencerahkan warna kulit kamu dengan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan kuman.


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Bedak Padat Yang Patut Dicoba)


    Memiliki efek antimikroba

    Air mawar memiliki efek antimikroba. Essential oil dan absolute memiliki efek antibakteri yang kuat terhadap penyebab jerawat, E. Coli, C. Violaceum, dan beberapa bakteri lainnya. Karena air mawar mengandung minyak mawar, air mawar juga dapat membantu meminimalkan jerawat dan menjaga kesehatan kulit kamu.


    Anti-aging

    Kandungan minyak mawar dan kelopak mawar mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu melindungi sel kulit wajah dari kerusakan. Antioksidan dalam mawar memiliki potensi efek penghambatan peroksidasi lipid.

    Hal ini memberikan perlindungan sel yang kuat sebagai hasilnya. Air mawar juga membantu mempertahankan kekencangan kulit kamu lebih lama secara signifikan dengan penggunaan jangka panjang.


    (Baca Juga: 10 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Kombinasi, Bikin Glowing!)


    Menjaga keseimbangan pH kulit

    Kulit yang sehat dimulai dengan pH kulit yang seimbang. Manfaat air mawar untuk wajah lainnya adalah untuk menjaga keseimbaingan kulit karena ia memiliki tingkat pH menengah 5,5. Properti ini membantu air mawar mengembalikan kulit ke tingkat pH normal.


    Meningkatkan penampilan kulit wajah

    Rose water bisa meningkatkan penampilan kulit wajahmu secara keseluruhan. Bukan hanya membantu mengurangi kemerahan, tetapi rose water juga berfungsi dalam mengurangi jerawat di wajah kamu.

    Dari mengencangkan pori-pori hingga menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, kandungan antioksidan (alias vitamin C dan E) dan sifat anti-penuaan (dengan pH rendah 5,5) memberikan kelembaban ekstra pada kulit kamu. Semprotan mist dari rose water dapat menjaga kulit kamu agar tetap sehat dan terlihat segar .


    Itulah beberapa manfaat air mawar untuk wajah yang perlu kamu tahu. Sudah tertarik mencoba?


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below