Benarkah Air Mawar Mampu Mengobati Jerawat?


  • Benarkah Air Mawar Mampu Mengobati Jerawat?
    Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik dan antibakteri, serta mengandung antioksidan & astringent yang mampu mengobati jerawat. (Foto: Dok. Diana.Grytsku/Freepik)

    Rose water (air mawar) telah dipercaya selama berabad-abad sebagai ramuan tradisional untuk kecantikan, seperti membantu mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, melawan tanda-tanda penuaan dini, dan mampu memberikan efek relaksasi karena aromanya yang menyegarkan dan menenangkan. 


    Air mawar dibuat dengan cara menyaring kelopak bunga mawar dengan uap. Bahan ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik dan antibakteri, serta mengandung antioksidan dan astringent. Karena sifat dan kandungan itulah, rose water dinilai mampu mengobati jerawat. Benarkah demikian? Simak ulasannya di bawah ini!




    Benarkah air mawar mampu mengobati jerawat? 


    Air mawar sebagai anti-inflamasi


    Air mawar memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit, mencegah pembengkakan, dan menenangkan jerawat. Menurut penelitian tahun 2011, air mawar diperkaya dengan vitamin C dan fenolik yang menjadikannya bahan alami untuk mengobati jerawat yang meradang. 


    Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa sifat antiseptik dan antibakteri dalam air mawar juga dapat membantu menyembuhkan luka, termasuk luka bakar. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh rose water memiliki kemampuan untuk meringankan iritasi akibat rosacea. Rosacea adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan pada wajah, pembuluh darah yang terlihat, dan benjolan merah yang biasanya berisi nanah. 


    Air mawar sebagai anti-bakteri


    Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyimpulkan bahwa, rose oil atau minyak mawar mengandung antibakteri yang sangat efektif untuk membunuh Propionibacterium acnes, yakni bakteri yang terkait dengan pertumbuhan jerawat.


    Air mawar sebagai anti-oksidan


    Sebuah studi lain tahun 2016 yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa radikal bebas juga dapat menyebabkan peradangan kulit yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Antioksidan dalam air mawar dapat membatasi oksidasi radikal bebas, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah. 


    Air mawar sebagai astringent


    Di sisi lain, kandungan astringent dalam air mawar dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit wajah. Bahkan, astringent dalam air mawar juga mengandung asam salisilat yang efektif untuk melawan jerawat dan komedo membandel.


    Jika kamu memiliki jerawat, ada banyak alasan untuk mempertimbangkan menambahkan air mawar ke dalam rutinitas perawatan kulitmu. Hal ini karena, sifat-sifat yang dimiliki oleh rose water seperti sifat anti inflamasi, antiseptik dan antibakteri, serta kandungan astringent dan antioksidan dinilai dapat membantu mengobati masalah jerawat. Kamu dapat mencoba menggunakan air mawar sebagai toner untuk mengatasi masalah jerawat. 


    Cara Menggunakan Air Mawar (Rose Water) Pada Kulit


    Air mawar sebagai toner


    Menggunakan air mawar sebagai toner secara teratur dapat membantu mencegah pembentukan jerawat yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Hal ini karena, air mawar dapat membantu mengangkat sisa makeup dan kotoran yang mungkin masih tertinggal di kulit setelah dibersihkan. 


    Selain itu, menggunakan air mawar sebagai toner juga dapat membantu mengobati jerawat meradang dan meringankan iritasi akibat rosacea, berkat sifat anti inflamasi, antiseptik, antibakteri, serta kandungan astringent dan antioksidan yang terkandung di dalam air mawar. 


    Cara menggunakan air mawar sebagai toner, tuang air mawar pada kapas secukupnya dan aplikasikan pada wajah secara gentle. 


    Air mawar sebagai face mist


    Alih-alih membuat kulit wajah kering, air mawar justru dapat membantu menyegarkan kulit, mengembalikan keseimbangan pH alami, dan melembapkan kulit. Caranya, isi botol spray dengan air mawar dan gunakan sebagai face mist


    Air mawar sebagai eye mask


    Tak hanya dapat digunakan untuk mengangkat kotoran, makeup, melembapkan kulit mengembalikan keseimbangan pH alami, dan menyegarkan kulit saja, tetapi air mawar juga dapat digunakan untuk menenangkan mata lelah dan sembab. Caranya, rendam dua kapas ke dalam air mawar dan letakkan pada area mata. Biarkan selama kurang lebih 5 menit untuk menenangkan mata yang lelah dan sembab.


    Air mawar sebagai moisturizer


    Campurkan satu sendok makan minyak kelapa (solid) dengan 3 sendok makan air mawar. Ambil sedikit campuran ini dan aplikasikan pada kulit wajah sembari dipijat lembut. Campuran antara minyak kelapa dan air mawar adalah salah satu pelembap alami terbaik. Hal ini karena, menurut US National Library of Medicine National Institutes of Health, minyak kelapa dapat membantu melembapkan kulit dan melindungi skin barrier. Sementara rose water dapat membuat kulit terasa segar. 


    Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, campuran ini akan membantu melembapkan kulit secara efektif. Namun, jika kamu memiliki kulit berminyak, hindari menggunakan minyak kelapa murni pada kulit wajah karena lebih berisiko menyumbat pori-pori.  


    Air mawar sebagai masker wajah


    Untuk mencegah peradangan dan membantu menenangkan kulit, gunakan campuran satu sendok air mawar dan satu sendok lidah buaya sebagai masker wajah. Oleskan campuran ini pada wajah dan diamkan selama 20 menit, kemudian cuci bersih. Menurut studi tahun 2008, gel lidah buaya adalah bahan perawatan kulit yang sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan dan memiliki sifat antibakteri. 


    Sementara untuk membantu menghidrasi kulit wajah, gunakan campuran 3 sendok makan air mawar dengan 2 sendok makan madu. Oleskan campuran ini pada wajah, biarkan selama 15 menit dan kemudian cuci sampai bersih. Menurut studi yang berjudul Honey in Dermatology and Skin Care, Madu memiliki sifat menghidrasi yang dapat membantu menyegel kelembaban pada kulit, sehingga kombinasi madu dengan air mawar menjadi solusi hidrasi yang sangat baik untuk kulit kering.


    Lantas, jenis kulit apa saja yang cocok menggunakan air mawar?


    Pada dasarnya, air mawar (rose water) aman digunakan untuk semua jenis kulit wajah. Namun, selalu lakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi atau tidak terhadap air mawar. Gejala alergi yang mungkin dialami seperti gatal, rasa panas, kemerahan atau ruam. Jika timbul reaksi alergi seperti itu, sebaiknya hentikan dan hindari penggunaannya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below