Alasan Pria Tidak Ingin Menikah


  • Alasan Pria Tidak Ingin Menikah
    Beberapa alasan kenapa pria belum ingin menikah (Foto:Dok.Andrea/pexels)

    Pernikahan merupakan sebuah kata yang dapat menimbulkan banyak persepsi ketika didengar. Mungkin bagi sebagian orang menikah itu adalah suatu kewajiban untuk melanjutkan garis keturunan. Namun, ada pula yang merasa bahwa pernikahan itu bukanlah suatu kewajiban, malah lebih seperti suatu beban. Masing-masing orang memiliki pandangannya tersendiri mengenai pernikahan. Siap atau tidak siap menikah itu balik lagi kepada pilihan orang masing-masing, baik pria maupun wanita. Lalu, apa saja alasan yang menyebabkan pria tidak ingin menikah?

    (Baca juga: Alasan Pria Menikah Selingkuh)

    Komitmen

    Mengikat diri dengan orang lain tentu bukan hal yang mudah. Kedua belah pihak harus bisa menurunkan ego dan mau berkorban demi pasangannya. Adanya ekspektasi dan aturan yang berhubungan dengan komitmen dalam pernikahan kerap menjadi alasan bagi pria untuk memilih tidak menikah. Banyak pria yang masih ingin bebas. Bebas bertemu dengan wanita lain, bebas bertemu dengan teman, dan bebas untuk melakukan hal apapun. Maka dari itu, apabila kamu bertemu dengan seorang pria yang mungkin ‘sempurna’ namun tidak ingin menikah, mungkin dia masih belum siap untuk berkomitmen menuju hubungan yang lebih serius dan terjadinya hal-hal yang tidak ia inginkan nantinya jika dirinya sendiri belum siap untuk itu.

    Masalah finansial

    Sebagai calon kepala keluarga, pria akan merasakan tanggung jawab yang besar untuk keluarganya. Keadaan ekonomi yang belum jelas bisa jadi salah satu alasan mengapa pria belum siap untuk menikah. Mereka ingin memiliki pekerjaan yang mapan sebelum menikah dan berkeluarga agar istri dan anak-anak mereka dapat hidup berkecukupan.

    Tanggung Jawab

    Tanggung jawab memiliki peran penting dalam pernikahan. Pria yang belum siap untuk tanggung jawab yang besar, akan takut untuk menikah. Mereka belum siap untuk melaksanakan berbagai macam tanggung jawab yang didapat setelah berumah tangga. Pria ingin menikmati hidup bujang selama mungkin, terutama bagi pria yang masih memikirkan kesuksesan karirnya.


    (Baca juga: Terlalu Bergantung dengan Pasangan Buat Hubunganmu Toxic?)


    Tidak ada kebebasan

    Pernikahan kerap dianggap sebagai tanda berakhirnya kebebasan seseorang, termasuk pria. Setelah menikah, pria menganggap bahwa ia harus mendedikasikan dirinya pada keluarga sehingga waktu untuk dirinya sendiri dan teman-temannya akan semakin berkurang. Pemikiran inilah yang mampu membuatnya berpikir bahwa pernikahan itu adalah sesuatu yang buru dan ending bagi segalanya. Kebanyakan pria akan merasa kehilangan kendali atas hidup mereka karena pernikahan dan keluarga.

    Belum siap menjadi seorang ayah

    Menjadi orang tua adalah anugerah dan rezeki. Tidak semua orang diberi kepercayaan untuk menjadi orang tua. Meski begitu, banyak juga pria yang belum siap menjadi orang tua. Hal tersebut menjadi alasan bagi mereka untuk menunda pernikahan karena memiliki anak membutuhkan tanggung jawab yang besar dengan biaya yang tidak sedikit.


    (Baca juga: Ingin Menikah Muda? 30 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Lebih Dulu)


    Fokus pada karir

    Sebagian pria berpikir bahwa pencapaian karir yang bagus adalah hal yang perlu dilakukannya terlebih dahulu. Maka dari itu, ia akan berusaha fokus pada segala hal yang dapat meningkatkan prestasinya dalam bekerja. Pria seperti ini menganggap bahwa menikah akan menghambat langkahnya dalam mengejar segala mimpi dan ambisi karirnya. Mereka lebih tertarik untuk menghabiskan waktu mengejar karir impiannya serta menikmati kebebasan di masa lajang dibandingkan menikah dan berkeluarga.


    Itulah beberapa alasan mengapa pria tidak ingin menikah. Namun, semua alasan tersebut tentunya dapat diatasi dengan berdiskusi bersama pasanganmu.


    (Penulis: Putri Raiza)


  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles