Terlalu Bergantung dengan Pasangan Buat Hubunganmu Toxic?


  • Terlalu Bergantung dengan Pasangan Buat Hubunganmu Toxic?
    Terlalu Bergantung dengan Pasangan Buat Hubunganmu Toxic? (Foto: Dok.Muito Chique/pinterest)

    Pernah disebutkan bahwa semua hal yang berlebihan bukanlah hal yang baik, begitu pula dengan sifat ketergantungan yang kamu miliki pada pasanganmu. Menurut Alodokter, terlalu bergantung kepada pasangan adalah salah satu ciri hubungan yang toxic ataupun tidak sehat.

    Memang perasaan cinta yang meluap-luap merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang tidak ingin jauh ataupun sampai kehilangan pasangannya. Hal ini juga yang membuat seseorang itu terlalu bergantung pada pasangannya.


    (Baca juga: Inilah Alasan Wanita Harus Mandiri Yang Patut Diketahui)


    Semakin besar perasaan cinta yang dimiliki seseorang terhadap pasangannya membuat potensi ia bergantung pada pasangannya semakin besar. Maka dari itu perlu untuk mengontrol sifat ketergantungan tersebut, agar hubungan kamu bisa berjalan dengan sehat dan seimbang. Bagaimana cara untuk membuatmu tidak terlalu bergantung dengan pasanganmu, memperbaiki ataupun menghindari hubungan yang toxic?


    1. Sibukkanlah diri dengan hobimu

    Terlalu bergantung pada pasanganmu membuat kamu terlalu terpaku padanya dan selalu merasa diri tidak mampu melakukan banyak hal tanpa bantuan darinya. Padahal, kamu bisa melakukannya secara mandiri.

    Untuk mengurangi fokus kamu kepada pasangan, kamu bisa melakukan kesibukkan lain dengan melakukan hal yang kamu suka, seperti bercocok tanam, menonton film, membaca buku dan lainnya. Cara ini bisa jadi berhasil, karena kamu akan sulit berbagi hobi dengan orang lain.


    2. Habiskan waktu bersama orang terdekat


    Habiskan Waktu dengan Orang-orang Terdekat (Foto: Dok. Bustle/pinterest)


    Untuk lebih sedikit bernapas dalam hubunganmu, kamu tidak harus selalu menghabiskan waktu dengan pasanganmu. Kamu juga perlu menghabiskan waktu dengan teman, sahabat dan juga keluarga. Berbincang ataupun bermain dengan orang-orang terdekat juga suatu bentuk kebahagiaan.


    3. Fleksibel dalam hubungan


    Bersifat Lebih Fleksibel (Foto: Dok.Travel and Home®/pinterest)


    Ketika kamu bergantung pada seseorang pastinya kamu menjadi posesif pada pasanganmu karena kamu terlalu takut untuk jauh atau bahkan kehilangan pasanganmu. Sehingga bisa saja muncul berbagai jenis larangan yang kamu tuntut kepada pasanganmu. Hubungan yang dijalankan dengan santai dan fleksibel membuat hubungan lebih nyaman tanpa tuntutan, namun tentunya fleksibel yang dimaksud di sini adalah bebas baik dalam hal beropini, dan juga tidak penuh dengan larangan yang membuat pasangan pusing dan jenuh karena tuntutan-tuntutan itu.


    (Baca juga: 7 Tanda Toxic Relationship Yang Harus Diketahui)


    Sayangilah dirimu. Kehilangan pasangan memang hal yang sulit untuk dijalani, namun perlu kamu ingat bahwa kamu pasti bisa melewati hal-hal itu sendiri, karena perlu diingat bahwa sebelum adanya pasanganmu ini, kamu juga melewati hari-hari sendiri, dan juga kamu memiliki keluarga maupun teman yang siap untuk men-support.


    Itulah sejumlah cara untuk membuatmu tidak terlalu bergantung dengan pasanganmu, memperbaiki ataupun menghindari hubungan yang toxic. Selamat mencobanya!


    (Penulis: Ellys Natalia)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles