Alasan Pria Menikah Selingkuh


  • Alasan Pria Menikah Selingkuh
    Intip alasan pria menikah berselingkuh. (Foto: Dok. cottonbro/Pexels)

    Berselingkuh adalah hal yang paling dihindari dalam hubungan berstatus pacaran, apalagi menikah. Namun tak sedikit pria yang masih melakukan hal ini. Bahkan dengan konsekuensi seperti perceraian. Menurut laporan dari Psychology Today, ahli hubungan sekaligus terapis asal Amerika Serikat, Robert Weiss Ph.D., MSW, paparkan alasan pria menikah selingkuh.


    1. Kurangnya komitmen

    Pemikiran yang kurang dewasa membuat pria tidak memiliki pemahaman yang baik akan komitmen sehingga ia bisa dengan mudah tergoda untuk berselingkuh. Mungkin selama ini ia memang tak punya banyak hubungan yang mengedepankan komitmen sehingga ia juga tidak paham bahwa sikapnya ini punya konsekuensi, seperti menyakiti perasaan pasangan.


    (Baca Juga: Penyebab Pria Berubah Setelah Menikah)


    2. Punya rasa insecure

    Percaya atau tidak, pria yang kurang merasa percaya diri bisa berselingkuh. Hal ini justru dilakukan demi meningkatkan rasa percaya dirinya itu. Ia pun mencari pengakuan dari wanita lain di luar pasangannya untuk merasa diinginkan.


    3. Kecanduan

    Layaknya memiliki masalah dengan alkohol atau obat terlarang, perselingkuhan juga bisa menjadi candu. Bisa juga jika pria tersebut ternyata punya masalah seperti kecanduan seksual sehingga ia terlibat dalam fantasi dan perilaku seksual yang tak wajar demi menghindari masalah dalam hidupnya.


    4. Trauma masa kecil

    Ia punya trauma masa kecil yang belum terselesaikan. Trauma tersebut bisa berupa penelantaran atau pelecehan emosional hingga fisik sehingga ia memiliki masalah dengan keterikatan atau keintiman dengan pasangannya saat ini. Ia pun tak bisa berkomitmen dengan satu orang dan melihat perselingkuhan sebagai cara untuk menenangkan diri.


    (Baca Juga: Wanita Bisa Selingkuh Dari Suami, Ini Alasannya)


    5. Rasa egois

    Alasan lain pria menikah selingkuh adalah karena ia punya keegoisan tinggi. Ia hanya memikirkan kepuasan dan kesenangan hatinya sendiri, bukan orang lain. Inilah kenapa ia bisa dengan mudah berbohong dan menyimpan rahasia tanpa merasa menyesal. Apa pun bisa dilakukan selama ia bisa mendapatkan apa yang diinginkan.


    Itulah beberapa alasan pria menikah selingkuh. Namun menurut Weiss, masih banyak dinamika lain yang berperan dalam keputusan seorang pria untuk berselingkuh.


    Apa pun alasannya, kamulah yang tahu apakah hubungan ini layak dipertahankan atau tidak. Jika kamu memang ingin mempertahankannya, komunikasikan dengan pasangan dan ajak untuk bertemu dengan terapis profesional daripada harus memendamnya di dalam hati.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Alasan Wanita Selingkuh Dari Pria

Alasan Wanita Selingkuh Dari Pria

oleh Her World Indonesia

Alasan Pria Takut Menikah

Alasan Pria Takut Menikah

oleh Kiki Riama Priskila

Alasan Pria Tidak Ingin Menikah

Alasan Pria Tidak Ingin Menikah

oleh Her World Indonesia