Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh


  • Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh
    Berbagai macam manfaat lemon untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kamu (Foto:Dok.????????/pexels)

    Lemon adalah salah satu buah jeruk paling terkenal dan serbaguna. Lemon dapat dimanfaatkan menjadi bahan makanan, parfum, hingga masker wajah. Sebagai buah yang kaya akan vitamin C, lemon memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa mulai dari sifat antibakteri dan antivirus hingga kemampuan meningkatkan kekebalannya. Yuk, simak berbagai manfaat buah lemon bagi kesehatan tubuhmu.


    (Baca Juga: Manfaat Masker Lemon Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya)




    Menjaga Sistem Imun

    Lemon merupakan sumber vitamin C yang baik. Bekerja sebagai antioksidan, Vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Lalu, kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat menjaga sel-sel dalam tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin C membantu melindungi leukosit, yang menghasilkan zat antivirus. Nutrisi ini dapat membantu mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan


    Mencegah Anemia

    Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Buah lemon juga mengandung salah satu jenis mineral, yaitu zat besi. Zat besi bermanfaat untuk menjaga keseimbangan sel darah merah. Ketika tubuh kita kekurangan zat besi, maka tubuh kita tidak dapat memproduksi hemoglobin pada sel darah merah. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C pada buah lemon juga bermanfaat dan berkhasiat untuk menyerap zat besi sebanyak mungkin dari asupan makanan lainnya.



    (Baca Juga: Inilah Cara Memudarkan Noda Hitam Di Wajah)


    Menjaga Kesehatan Kulit

    Lemon mengandung vitamin C yang berperan penting dalam pembentukan kolagen. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. Lemon juga kaya akan antioksidan dan mengandung asam sitrat yang dapat mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit.


    Menurunkan Risiko Stroke

    Dilansir dari Journal American Heart Association, kandungan Flavonoid pada lemon bermanfaat untuk menurunkan resiko Stroke Iskemik pada perempuan. Stroke Iskemik disebabkan oleh gumpalan darah yang menghalangi aliran darah ke otak. Pada studi tersebut disimpulkan bahwa, data dari 70 ribu perempuan berusia di atas 14 tahun yang mengonsumsi buah lemon memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke daripada yang sering mengkonsumsinya. 


    Mencegah Penyakit Ginjal

    Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi berfungsi efektif untuk membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan pH urine.


    Melancarkan Pencernaan

    Kandungan flavonoid dalam lemon dapat membantu asam di perut memecah makanan, sehingga dapat memperbaiki pencernaan secara keseluruhan. Serat pada buah lemon juga dapat memperbaiki pencernaan dan kesehatan usus.


    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif Untuk Wanita)


    Menurunkan Berat Badan

    Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi berbahaya. Salah satu cara mencegah obesitas adalah dengan mengonsumsi lemon. Lemon mengandung polifenol, yang merupakan senyawa alami yang mengandung antioksidan. Mengkonsumsi air perasan lemon secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas karena lemon dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Maka dari itu, cara ini mampu menahan asupan kalori sehingga berat badan kamu juga menurun.


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below