Hair & beauty

Inilah Cara Memudarkan Noda Hitam Di Wajah

By : Her World Indonesia - 2021-04-06 15:00:01 Inilah Cara Memudarkan Noda Hitam Di Wajah

Penampilanmu terganggu dengan noda hitam di wajah? Timbulnya noda hitam di wajah tentunya dapat merusak mood kamu sehingga kamu jadi kurang percaya diri untuk bertemu teman atau pacar. Menghilangkan noda hitam di wajah bisa kamu lakukan dengan berbagai cara alami.


Namun, perlu kamu ketahui bahwa noda hitam muncul dikarenakan sering terpapar sinar matahari. Sinar ultraviolet dapat merusak kolagen sehingga kulitmu dapat memproduksi banyak melanin atau noda hitam. Selain terkena paparan sinar UV, noda hitam juga dapat diakibatkan adanya bekas jerawat. Lalu, bagaimana cara memudarkan noda hitam pada wajahmu?


Kamu tidak perlu khawatir lagi karena noda hitam dapat dihilangkan dengan beberapa bahan alami. Berikut cara memudarkan noda hitam di wajah. Yuk, simak ulasannya.


Lemon

(Lemon dapat memudarkan noda hitam pada wajahmu. Foto: Dok. /unsplash)

Buah lemon memiliki zat asam yang berperan sebagai pencerah alami sehingga noda hitam pada wajahmu dapat pudar secara alami. Namun, sebelum kamu mengaplikasikannya terlebih dahulu, kamu perlu mencoba mengoleskan air lemon ke area kulit lainnya karena air lemon juga dapat membuat kulit kamu sensitif.


(Baca Juga: Inilah Perawatan Kulit Pria yang Patut Dicoba)


Cuka Apel

Selain air lemon, cuka apel dapat kamu gunakan untuk penghilang noda hitam pada wajahmu. Cuka apel mengandung banyak antioksidan dan mineral yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Selain dua kandungan tersebut, cuka apel juga mengandung alpha hydroxy acid yang mampu menghilangkan sel kulit mati pada wajahmu.


(Baca Juga: 8 Pelajaran Kecantikan Dari Lisa BLACKPINK)


Lidah Buaya

(Lidah buaya memiliki berbagai bahan alami yang dapat memudarkan noda hitam pada wajahmu. Foto: Dok. /unsplash)

Perlu kamu ketahui bahwa lidah buaya mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin E dan vitamin A sehingga beberapa bahan alami tersebut dapat digunakan untuk memudarkan noda hitam yang timbul di area wajahmu. Kamu bisa membeli gel pelembap dari aloe vera di supermarket terdekat.


Yogurt

Selain menyehatkan tubuh, yogurt juga dapat membuat kulit wajahmu semakin cerah. Hal ini dikarenakan yogurt mengandung asam laktat. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan mengoleskan yogurt pada wajah selama 20 menit dan setelah itu bilas dengan air.


Pepaya

Buah pepaya juga direkomendasikan untuk mencerahkan hingga menyegarkan kulit wajahmu. Pepaya juga dapat mengangkat sel kulit mati pada wajahmu dan dapat membuka pori-pori pada kulit sehingga jerawat akan mudah berkurang. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir lagi.


Madu


Perlu kamu ketahui bahwa madu mengandung zat antibiotik yang dapat membantumu untuk menyembuhkan luka secara alami. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan hanya mengoleskan madu ke area wajah yang memiliki noda hitam di malam hari dan membiarkan olesan madunya meresap ke kulit wajahmu. Lalu, jangan lupa untuk membilasnya di pagi hari dengan air hangat.


Teh Hijau


Teh hijau memiliki ekstrak dengan efek de-pigementing pada kulit. Untuk mengaplikasikannya kamu hanya perlu merendam kantong teh hijau ke dalam air yang mendidih selama beberapa menit saja. Lalu, didinginkan dan oleskan ke area wajah yang terdapat noda hitam. Kamu bisa menggunakannya dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.


Kunyit


Siapa sangka bahwa kunyit sangat berkhasiat sebagai zat anti peradangan. Kunyit juga mengandung curcumin yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Cara mengaplikasikannya kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan air. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan air perasan lemon.

Maka dari itu, kamu bisa melakukan berbagai cara memudarkan noda hitam di atas untuk memperbaiki penampilanmu. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)

Hair & beauty