Manfaat Masker Lemon Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya


  • Manfaat Masker Lemon Untuk Wajah Dan Cara Membuatnya
    Punya banyak lemon di rumah? Ketahui manfaat dan cara menggunakannya di kulit. (Foto: Dok. Master1305/Freepik)

    Sebagai sumber vitamin C dan citric acid yang tinggi, lemon terkenal efektif untuk detoksifikasi, terutama jika kamu memasukkan beberapa irisan ke air minum. Selain baik untuk kesehatan tubuh, lemon juga memiliki sederet manfaat untuk kulit, di antaranya adalah:


    1. Mengurangi jerawat

    Air lemon bersifat seperti astringent karena memiliki asam yang tinggi. Oleh karena itu, ia dapat membantu mengurangi inflamasi dan produksi minyak yang memicu jerawat. Citric acid yang terkandung di dalamnya juga termasuk alpha hydroxy acid (AHA) yang bisa membantu meluruhkan sel kulit mati agar tidak menumpuk dan membentuk jerawat atau komedo. Lemon juga beraksi sebagai antimikroba, yang bisa membantu menjinakkan bakteri Propionibacterium acnes yang akan berujung pada peradangan jerawat.




    (Baca juga: Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah)


    2. Anti jamur

    Selain bisa mengatasi jerawat, lemon juga beraksi sebagai anti jamur yang dapat meredakan ruam kulit hingga jamur kulit kepala yang dapat berujung dermatitis seboroik. 


    3. Mencerahkan

    Kandungan di dalam lemon juga dapat membantu memudarkan bekas luka, bekas jerawat, dan flek hitam. Sehingga kulit terbantu untuk tampak lebih cerah.


    (Baca juga: Ingin Wajah Cerah Bersinar? Ini Solusi yang Mudah dan Aman)


    4. Meningkatkan kolagen

    Kolagen merupakan protein yang secara alami terdapat di dalam tubuh dan menjadi zat utama pembentuk kulit. Seiring usia, kolagen berkurang dan menyebabkan timbulnya garis halus dan kerutan. Sebagai antioksidan, vitamin C yang terkandung di dalam lemon dapat menangkis radikal bebas penyebab kerusakan kolagen. Sehingga elembutan kulit terjaga lebih lama.


    Lemon memang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, namun kadar asamnya yang tinggi terkadang bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti iritasi dan meningkatkan sensitivitas kulit (misalnya terhadap sinar matahari). Oleh karena itu, jika baru pertama kali ingin mencoba merawat kulit menggunakan lemon, sebaiknya dikombinasikan dengan bahan lain untuk menetralisir asamnya. Beberapa resep masker wajah lemon yang bisa dibuat di rumah adalah:


    Lemon + Madu + Putih Telur untuk Mengurangi Minyak dan Mengecilkan Pori-pori

    Campurkan ½ sendok makan madu, 1 sendok teh air perasan lemon, dan 1 putih telur dalam sebuah mangkuk. Aduk sampai benar-benar tercampur. Aplikasikan ke wajah menggunakan tangan atau brush yang bersih. Diamkan 20-30 menit lalu bilas sampai bersih. 


    Lemon + Madu + Yogurt + Kunyit untuk Bekas Jerawat dan Flek

    Campurkan 1 sendok teh air perasan lemon, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan plain yogurt, dan ¼ sendok the kunyit bubuk. Diamkan 10-15 menit. 


    (Baca juga: Masker Putih Telur: Manfaat, Cara Buat dan Resikonya)


    Lemon + Madu + Kayu Manis untuk Inflamasi dan Kemerahan

    Campurkan 2 sendok makan madu, perasan dari satu iris lemon, dan 1 sendok teh kayu manis bubuk. Diamkan 10-15 menit. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below