6 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Menjalani Itikaf


  • 6 Hal yang Patut Diperhatikan Saat Menjalani Itikaf
    Perhatikan hal ini saat menjalani Itikaf saat masa pandemi (Foto:Dok/Freepik)

    Dipenghujung bulan Ramadan, menajalani Itikaf jadi salah satu ibadah yang dilakukan bagi mereka yang beragama muslim. Itikaf adalah kegiatan berdiam diri di masjid dalam kurun waktu sebagai ibadah dan memiliki syarat-syarat tertentu.

    Ibadah ini juga jadi salah satu yang paling dinanti oleh umat islam karena keutamaannya dalam mendapatkan ampunan kepada sang pencipta. Terutama dalam berburu pahala malam Lailatul Qadar.

    Namun, di masa pandemi ini ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam menjalani Itikaf. Apa saja? berikut diantaranya.




    (Baca Juga: 4 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Mudah Batal Puasa)


    1. Tes swab atau antigen terlebih dahulu

    Jika kamu berniat untuk menjalani Itikaf, melakukan tes swab atau antigen terlebih dahulu jadi salah satu yang patut dilakukan. Cara ini menjadi solusi untuk mengetahui apakah tubuh kita terjangkit virus atau tidak. 

    Lakukanlah secara berkala, terutama saat kamu masih perlu keluar dari masjid untuk berkegiatan. Sehingga kamu bisa menjalankan ibadah dengan tenang.


    2. Hindari makan prasmanan 

    Diketahui itikaf jadi salah satu ibadah yang dijalani di akhir bulan Ramadan, sehingga setiap yang menjalaninya masih menjalani berbuka puasa dan sahur. Oleh sebabnya, hindari makan secara bersama-sama secara prasmanan.


    (Baca Juga: Inilah Cara Cepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa)


    3. Jaga jarak

    Dan jangan lupa untuk menjaga jarak satu sama lain. Cara ini juga jadi salah satu yang paling dianjurkan. 

    Seluruh masjid kini telah memberi batasan shaf antara individu. Maka patuhilah protokol yang telah ditetapkan oleh masjid setempat.


    4. Perhatikan kapasitas

    Beberapa tempat beribadah kini memberi kapasitas maksimum bagi setiap orang yang ingin menjalani itikaf. Bahkan beberapanya juga diharuskan untuk mendaftarkan diri sehari sebelumnya sebagai cara untuk menghindari kerumuman.

    Lakukan risetlah terlebih dahulu sebelum memilih tempat beritikaf. Cara ini bisa menambah kenyamananmu saat beribadah.


    (Baca Juga: Inilah 8 Makanan Penambah Energi Selama Puasa)


    5. Hindari pinjam meminjam

    Cara lain yang patut diperhatikan saat menjalani itikaf di masjid adalah menghindari pinjam meminjam barang. Maka siapkanlah segala perlengkapanmu sebelum menjalani Itikaf. Apa saja?

    Perlengkapan sholat, alat mandi, alat makan, pakaian secukupnya, vitamin dan yang lainnya kamu butuhkan selama berdiam diri di masjid


    6. Selalu gunakan masker

    Dan terakhir yang juga jadi yang terpenting adalah tetap menggunakan masker di mana pun kamu berada. Mengutip laman Healthline, Purvi Parikh, seorang ahli alergi dengan Jaringan Alergi & Asma dan asisten profesor klinis di Departemen Kedokteran di NYU Grossman School of Medicine mengatakan bahwa “Masker bedah dan penutup kain dapat mengurangi penularan virus hingga 70% jika semua orang memakainya dan memakainya dengan benar di atas hidung dan mulut [mereka]."


    Itulah yang patut kamu perhatikan saat menjalani Itikaf di Masjid. Utamakan menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan di mana pun kamu berada.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below