Efektif, Ini Cara Mengatasi Rambut Kering!


  • Efektif, Ini Cara Mengatasi Rambut Kering!
    Efektif, Ini Cara Mengatasi Rambut Kering!. (Images: Doc. Dominika Roseclay/Pexels)

    Setiap perempuan tentu menginginkan memiliki rambut yang indah, sehat dan berkilau. Bisa dibilang rambut adalah mahkota seorang wanita. Namun kenyataannya, tidak sedikit perempuan yang masih memiliki masalah rambut kering, dan sedang bergelut untuk mengatasinya. Rambut kering terjadi ketika rambut tidak bisa menyerap atau mempertahankan kelembapan yang cukup untuk menjaga tekstur dan kecerahannya, sehingga rambut menjadi terlihat kusam dan rapuh. 


    Umumnya, kondisi lingkungan, praktik perawatan rambut, dan kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan rambut rusak dan kering. Namun kabar baiknya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut kering. Simak!




    Secara singkat, rambut kering terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan cukup minyak untuk melembabkan rambut, atau rambut membiarkan kelembapannya hilang. 


    (Baca juga : Masih Muda Sudah Beruban? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)


    Penyebab Rambut Kering


    Dikutip dari laman Healthline, ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab rambut kering, di antaranya kondisi lingkungan, praktik perawatan rambut, dan mungkin kondisi medis tertentu. 


    Beberapa kondisi lingkungan yang dapat menjadi penyebab rambut kering antara lain:


    - Iklim yang kering dan panas

    - Menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari 

    - Sering berenang di air yang mengandung klorin atau air asin (salty water)


    Praktik perawatan rambut yang sering menyebabkan rambut kering meliputi:


    - Terlalu sering mencuci rambut

    - Menggunakan sampo, kondisioner, atau produk pewarna rambut yang keras (harsh product)

    - Menggunakan alat curling, alat straighteners, atau alat curlers


    Dalam beberapa kasus, rambut kering disebabkan oleh masalah kesehatan yang memengaruhi kemampuan rambut untuk mempertahankan kelembapan. Contohnya termasuk:


    Anorexia nervosa, atau gangguan makan dapat menyebabkan malnutrisi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh. 


    Hipoparatiroidisme, kondisi kesehatan ini menyebabkan kelenjar paratiroid di leher menghasilkan terlalu sedikit hormon paratiroid, yang menurunkan kadar kalsium dalam darah. Sebagaimana diketahui, kalsium adalah nutrisi utama untuk kesehatan rambut, tulang, gigi, dan jaringan lainnya.


    Hipotiroidisme, kondisi kesehatan ini menyebabkan kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Rambut kering dan rapuh merupakan salah satu gejala awal dari kondisi kesehatan ini.


    Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut kering?


    1. Rutin Mengonsumsi Vitamin


    Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, biotin, zat besi, dan mineral semuanya dapat berdampak langsung dan berkontribusi pada kesehatan rambut. 


    2. Memotong Rambut Secara Rutin


    Meskipun kamu tidak memiliki rambut yang terlalu panjang, tetapi ujung rambut yang bercabang dapat membuat rambut sulit ditata dan membuatnya terasa kering dan kasar.


    (Baca juga : Suka Salah Kaprah, Mitos Sunscreen Ini Tidak Perlu Dipercaya)


    3. Tambahkan Omega-3 Dan Antioksidan Ke Dalam Makanan


    Menurut studi dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa, protein laut dapat membantu menjaga rambut agar tidak menipis dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Pilihan protein lain termasuk ikan salmon, ikan mackerel, ikan tuna, sarden, dan tiram. Semua jenis protein laut ini kaya akan peptida dan omega-3, yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat berkilau. 


    Tak hanya makanan tinggi omega-3 saja, makanan tinggi antioksidan juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Ini karena, antioksidan dapat melawan stres oksidatif, yang membuat rambut terlihat kusam, kering, dan tidak sehat. Beberapa makanan yang kaya antioksidan antara lain: Kacang kenari, kacang merah, bluberi, brokoli, dan tomat. 


    Melansir dari laman Mayo Clinic Health System menekankan bahwa, kandungan lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak canola, juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut. 


    4. Hindari Keramas Setiap Hari


    Tak hanya dapat menghilangkan kotoran dan keringat di rambut, sampo juga dapat menghilangkan sebum di kulit kepala. Sebum adalah minyak alami yang bisa membuat rambut menjadi lebih mudah dirawat dan berkilau. Alih-alih membuat rambut lebih berkilau dan mudah dirawat, terlalu banyak sebum justru bisa membuat tampilan rambut menjadi berminyak. Tetapi bukan berarti kamu perlu untuk menghilangkan sebum secara keseluruhan, dengan cara keramas setiap hari. 


    Kamu bisa mencuci rambut setiap dua hari sekali untuk menghilangkan kotoran dan keringat di rambut. Jika diperlukan, gunakan sampo khusus untuk rambut kering karena dapat membersihkan rambut secara lembut tanpa menghilangkan minyak alami rambut sepenuhnya.


    5. Kurangi Penggunaan Alat Styling Rambut


    Apakah kamu sering menggunakan alat styling rambut untuk menata tampilan rambut sehari-hari? Jika iya, mungkin ini bisa menjadi salah satu penyebab rambut kering yang kamu alami. 


    Alat heat styling rambut seperti alat pengeriting, alat pengering rambut, alat pelurus rambut, atau alat penambah volume rambut dapat menyebabkan rambut kering. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa, batang rambut mengalami kerusakan yang signifikan sesudah menggunakan alat pengering rambut. 


    Para peneliti dari studi ini menyarankan agar kamu menjauhkan alat pengering rambut setidaknya 15 sentimeter dari batang rambut untuk hasil terbaik tanpa merusak rambut. 


    6. Bungkus Rambut untuk Mengeringkan Rambut


    Rambut yang terlalu banyak kehilangan kelembapan selama proses pengeringan biasanya menjadi sangat rapuh. Untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk setelah keramas alih-alih membiarkannya mengering.


    Studi tahun 2011 mengamati bahwa, tidur dengan kondisi rambut basah dapat menyebabkan kerusakan yang sebanding dengan kerusakan akibat alat pengeringan rambut.


    7. Gunakan Essential Oil


    Baru-baru ini studi menemukan bahwa minyak argan Maroko diketahui dapat menjadi obat rumahan untuk mengatasi rambut kering. It is easy to try! Gunakan beberapa tetes minyak argan di ujung rambut sehabis keramas, untuk membuat rambut tampak lebih halus, lembut, dan berkilau. Selain argan oil, essential oils lainnya, seperti peppermint oil dan lavender oil, juga dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan rambut. 


    8. Gunakan Minyak Kelapa


    Sudah menjadi rahasia umum jika minyak kelapa (coconut oil) adalah pelembap alami yang baik. Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat baik dalam menembus serat rambut, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan tampilan rambut secara keseluruhan.


    Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan deep conditioning setiap seminggu sekali. Caranya, aplikasikan minyak kelapa pada rambut yang kering secara menyeluruh. Kemudian, biarkan sekitar 20 menit, lalu bilas hingga bersih. 


    9. Gunakan Topi


    Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, paparan sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut seperti halnya dapat merusak kulit. Jika kamu memiliki rambut kering, batasi paparan sinar ultraviolet pada rambut. Kenakan topi saat beraktivitas di luar ruangan, dan hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama. 


    Selain itu, kamu juga harus melindungi rambut dari klorin dan air garam dengan mengenakan bathing cap saat berenang di kolam renang atau laut. 


    Nah, itulah penyebab rambut kering dan beberapa cara mengatasinya. Untuk masalah rambut kering akibat adanya kondisi medis tertentu, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter mungkin akan merekomendasikan obat-obatan atau perawatan lain untuk mengatasinya. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below