Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kulit


  • Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kulit
    Beberapa manfaat sabun papaya untuk kulit kamu. (Foto:Dok. alleksana/pexels)

    Selain bermanfaat untuk tubuh, buah papaya juga bisa digunakan sebagai produk kecantikan, dengan banyak orang menggunakan sabun pepaya untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit mereka. Pepaya memiliki nutrisi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sabun pepaya kaya vitamin C, antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak teratur dan merangsang produksi kolagen. Sabun juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lainnya untuk kulit. Sabun pepaya terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung enzim papain. 

    Penggunaan bahan dasar tradisional pada sabun pepaya akan membuat kulit kamu menjadi lebih lembut dan tidak berdampak buruk pada lingkungan

    Maka dari itu, yuk simak berbagai manfaat sabun pepaya yang dapat mendukung kesehatan kulit kamu secara keseluruhan.




    (Baca juga: Penyebab Kulit Berminyak Paling Umum Terjadi Pada Remaja)


    Mencerahkan warna kulit

    Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Proses eksfoliasi secara alami ini dapat membuat kulit wajah lebih cerah, halus, dan juga meratakan warna kulit. Kandungan vitamin A pada pepaya juga dapat meluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut serta elastis. Vitamin C dan E pada pepaya dapat membantu kamu untuk memiliki kulit yang sehat dan tampak lebih muda.


    Memudarkan bintik hitam

    Kamu dapat meringankan bintik-bintik kulit dan menghilangkan warna kecokelatan dengan menggunakan sabun pepaya pada kulit kamu. Baik itu bintik jerawat atau siku dan lutut gelap, menggunakan pepaya bisa meringankan bintik-bintik kulit yang gelap. Usap sabun di area yang ingin kamu hilangkan lalu bilas dengan air dingin. Gunakan ini beberapa kali seminggu untuk mengurangi bintik-bintik di kulit kamu. Enzim papain dalam papaya ini bekerja menekan aktivitas enzim tirosinase yang mengakibatkan terbentuknya melanin penyebab kulit gelap sehingga dapat mencegah terjadinya bintik dan noda hitam.


    (Baca juga: Inilah Cara Memudarkan Noda Hitam Di Wajah)


    Mencegah Jerawat

    Mandi dengan sabun papaya bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit kamu (Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Sabun pepaya kaya akan vitamin. Bukan hanya untuk mencerahkan wajah tetapi sabun papaya juga bisa mencegah nimbulnya jerawat dan noda pada kulit kamu. Jika kamu menggunakannya setiap hari, kamu akan mulai memperhatikan perbedaan pada kulit kamu.


    Mengatasi Nyeri Sengatan Serangga

    Selain untuk kesehatan kulit, sabun pepaya juga dapat meredakan nyeri akibat gigitan serangga. Mengoleskan sabun pepaya pada gigitan serangga atau luka dapat membantu meredakan nyeri, gatal, bengkak, dan kemerahan. Ini karena papain dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Juga, beberapa racun serangga mengandung peptida. Ini merupakan bahan penyusun protein. Enzim papain dapat melancarkan meningkatkan pencernaan dan juga bertindak sebagai anti-inflamasi yang dapat meredakan iritasi kulit. 

    Oleh karena itu, yuk gunakan sabun pepaya untuk menjaga kulitmu.


    (Baca juga: 10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing!)


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below