Life & health

Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dicoba

By : Shantica Warman - 2021-04-22 17:00:01 Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dicoba

Kesadaran pentingnya asupan sehat dan bergizi kini meningkat, terutama saat pandemi melanda. Tiga katering sehat ini bisa jadi pendukung langkahmu untuk memulainya sekarang juga. 


(Baca Juga: Inilah Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa)


1. Elevate Bakery
Plantbased Cakes & Bread



Elevate Bakery menyediakan roti & kue berbahan vegan dan gluten-free yang mampu membuat para penyuka roti merasa guilt-free! “Our product are honest, baked fresh everyday, without eggs and dairy and we also avoid using chemicals and preservatives,” demikian ungkap Lydia Wiranata, sang founder. Elevate juga menyediakan pilihan menu khusus bagi para penderita nut intolerance, diabetes atau alergi lain, serta kue untuk binatang peliharaan Anda!

Dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, mostly organic dan lokal yang dipercaya dapat memberikan efek sehat bagi kita. Lydia sendiri memulai bisnis ini karena kebutuhan akan makanan sehat bagi dirinya yang sering mengalami gangguan pencernaan. Perempuan cantik berlatar pendidikan teknologi pangan ini percaya bahwa makanan plantbased dan diet gluten-free menjadi solusi terbaik bagi kesehatannya. Ia pun tidak berhenti mencoba berbagai resep dari bahan vegan untuk menghasilkan roti dan kue dengan tekstur dan rasa memuaskan. 


“Even though it is vegan it still has the texture and softness of a normal bread. So both vegan and non-vegan can enjoy!” 
Lydia Wiranata – Founder


Her Most Favorite Menu:

Pull-a-Part Bread (Pandan Chocolate, Ube Chocolate Almond, Charcoal Chocolate Peanut Butter)


(Baca Juga: 4 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Mudah Batal Puasa)


2. Sprouts Farms

100% Organic Microgreens Salad & Juice



Microgreens memiliki nutrisi yang jauh lebih tinggi (hingga 40 kali) ketimbang sayuran dewasa. Sprouts Farms, menawarkan aneka jus dan salad (launching soon) menggunakan tanaman microgreens yang ditanam sendiri. “Semua juice kami pure 100% microgreens dan buah tanpa tambahan air atau gula,” demikian jelas Karen Tandagi, sang founder.

Saat kuliah di Amerika Serikat, Karen hobi membuat jus yang dibuat dari microgreens dan buah-buahan yang ia beli di Farmers Market langsung dari petaninya. Tahun lalu Karen kembali ke Indonesia dan tidak lama kemudian, terjadi pandemi. Bersama sang ayah yang hobi bercocok tanam, Karen mulai merintis ide mendirikan Sprouts Farms. “Papa yang menanam karena beliau work from home, dan saya yang mengolahnya menjadi cold pressed microgreen juice,” ungkapnya. Ternyata usaha ini mendapat respons sangat bagus! 

Sprouts Farms mengimplementasikan zero waste, dimana sampah organik (ampas dan kulit buah) diolah menjadi Eco Enzyme dan Organic Liquid Fertilizer. Jika Anda tinggal di Jakarta, Sprouts Farms memberikan gratis ongkos kirim. 


“Microgreens memiliki kandungan gizi yang jauh lebih tinggi dari sayuran biasa. Saya selalu mencampurnya ke semua
jus dan salad yang saya buat.”
Karen Tandagi – Founder


Her Most Favourite Menu:

Paket Detox Program yang terdiri dari 6 jus microgreens rasa klasik, almond milk dan juga microgreens refresher. Rangkaian jus detoks ini membuat pencernaan lancar dan badan menjadi segar.


(Baca Juga: 10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing!)


3. Pure Foods Company
Almond Milk, Bone Broth & Other Good Stuff 
For Your Body’s Nutrition


Pure Foods Company lahir untuk menjadi solusi bagi kaum urban yang seringkali mengalami kesulitan mendapatkan makanan siap santap yang “bersih” dan bergizi. “Tahun 2015 saya dan suami punya ide untuk membuat catering organic, lalu berkembang membuat kafe dan grocer. Hingga saat ini “hanya” memiliki central kitchen untuk produksi dan penjualan online,” ungkap Gwen Winarno, sang founder.

Pure Foods menyediakan bahan makanan natural dan alami yang bertujuan memudahkan dan mendorong konsumen untuk memasak sendiri. Saat ini, Pure Foods fokus menyediakan produk-produk mentah dan olahan seperti bone broth, almond milk, daging organik, daging olahan organik dan halal seperti bacon dan sosis sapi hingga jamu. Semua dapat dipesan melalui online dan konsumen dapat menjadikannya sebagai bagian pokok dari masakan sehat yang dibuatnya sendiri di rumah. 


“Makanan sehat adalah makanan yang dimasak sendiri, karena kita jadi bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan.” 
Gwen Winarno – founder.



Her Most Favourite Menu

Bone Broth. Selain manfaatnya luar biasa dalam menjaga dan memulihkan sistem pencernaan, bone broth juga sangat versatile. Bisa diminum begitu saja, bisa juga dipakai menjadi kuah soto, bahan dasar sup, bubur, bahkan menggantikan minyak untuk menumis.

Life & health