Mengenal Jejak Islam di Spanyol Lewat Kuliner Khas Ramadhan


  • Mengenal Jejak Islam di Spanyol Lewat Kuliner Khas Ramadhan
    Menu berbuka khas Spanyol (Foto:Dok.Malollas)

    Memasuki hari ke-enam berpuasa, keinginan berburu dan menikmati hidangan spesial untuk berbuka puasa pun semakin meningkat. Aneka makanan mulai dari Indonesia, Timur Tengah hingga Eropanpun mulai dijelajahi oleh pecinta kuliner di bulan Ramadhan. 

    Bukan tanpa alasan, melainkan setiap cita rasa dalam makanan memiliki sejarahnya tersendiri yang patut diketahui. Bahkan beberapanya jadi ikonik dan melambangkan perjalanan momentum yang tak terlupakan.

     “Budaya Islam itu sangat erat kaitannya dengan Spanyol, namun tidak banyak orang yang tahu itu. Saya rasa bulan Ramadhan ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkannya kembali. Semoga dengan adanya menu khas Al-Andalus ini, Anda memiliki lebih banyak opsi hidangan untuk menikmati saat berbuka puasa bersama keluarga,” tutup Marc Mallolas Castro, Managing Partner Mare Nostrum Jakarta.




    (Baca Juga: Berbuka Puasa Dan Melepas Kerinduan Mudik Di Quba Ramadhan)


    Salah satunya yang menarik adalah negara Spanyol yang dahulu dikenal dengan sebutan Al-Andalus merupakan jalur utama Islam masuk ke benua Eropa. Memiliki ibu kota Granada, bangsa Arab atau yang dikenal dengan sebutan bangsa Moor mulai meninggalkan jejak tradisi Islam di wilayah Spanyol dan sekitarnya. Jejak tradisi ini bisa dilihat melalui berbagai bangunan terkenal di wilayah selatan Spanyol, serta makanan khasnya.

    Dan untuk mengenalkannya, Mare Nostrum Jakarta membawa makanan khas asal Spanyol ke Indonesia. Menggandeng para Michelin-chef peraih penghargaan World’s 50 Best Restaurant asal Barcelona, Eduard Xatruch, Oriol Castro, dan Mateu Casañas, Mare Nostrum Jakarta menciptakan kreasi menu khas Al-Andalus yang diberi nama Menu Alhambra 


    (Baca Juga: Memeringati Bulan Ramadhan Bersama The Ritz-Carlton Jakarta)


    Paket menu khas Al-Andalus ini terdiri dari berbagai jenis hidangan, yaitu Tempura Dates, buah kurma yang digoreng dengan bumbu racikan spesial sehingga tekstur dan rasanya menjadi lebih creamy, Morrocan Tea with Tangerine, Cod Buñuelos with Honey Air, Double Texture Endive with Dates and Parmesan yang merupakan menu salad favorit di Mare Nostrum Jakarta, yang kali ini dikombinasikan dengan buah kurma.

    Selain itu, ada pula menu hidangan utama Lamb Al-Andalus yakni daging domba yang dimasak dengan teknik dan resep asli dari Spanyol dan disajikan dengan roti naan, serta Pandan Flan sebagai hidangan penutup yang terbuat dari daun pandan. Yang tak kalah menggiurkan, hanya dengan 250 ribu rupiah nett per orang, kamu sudah bisa menikmati semua hidangan dalam paket tersebut.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below