Minuman Kolagen Untuk Kulit


  • Minuman Kolagen Untuk Kulit
    Pentingnya kolagen pada kesehatan kulit (Foto: dok. Karolina/Pexels)

    Kita semua pasti pernah mendengar tentang betapa pentingnya kolagen bagi kulit kita untuk meningkatkan hidrasi dan juga agar terlihat lebih awet muda.


    Apa itu Kolagen?

    Kolagen berasal dari kata Yunani “kólla” yang artinya lem. Kolagen adalah salah satu protein yang paling melimpah di tubuh kita yang terdapat dalam jumlah besar di tulang, otot, dan ligamen kita. Kolagen dianggap sebagai kerangka yang menyatukan tubuh kita dan memberi elastisitas kulit agar tampak lebih fresh dan kenyal. Kolagen membantu membentuk jaringan sehat pada kulit sehingga sel kulit baru bisa tumbuh. Jadi, secara teori, meningkatkan kadar kolagen pada kulit anda akan membantu penampilan terlihat awet muda. Tetapi apakah benar minuman kolagen itu akan berdampak baik pada kulit? Yuk simak ulasan berikut. 




    (Baca juga: Cara Mengecilkan Pori-Pori Dengan Cepat) 


    Apakah Minuman Kolagen Bisa Meningkatkan Kesehatan Kulit?

    Minuman kolagen dirancang untuk membantu ‘menambah’ tingkat kolagen alami manusia dan juga menghindari efek penipisan kolagen sebelum terjadi. Kolagen mengandung asam amino hidroksiprolin yang unik untuk kulit tampak awet muda. Prolyl-hydroxyproline, sebuah fragmen kolagen yang hanya terdiri dari dua asam amino, ditemukan memicu sel kulit in vitro (dalam sel) untuk menghasilkan lebih banyak asam hialuronat, komponen lain yang penting untuk meningkatkan kadar air kulit.


    Kolagen data mengencangkan dan mengurangi kerutan (Foto: dok. cottonpro/pexels)


    Penelitian juga menunjukkan bahwa setelah usia 25 tahun, kita cenderung kehilangan sekitar 1,5% dari simpanan alami kita setiap tahun. Banyak faktor yang dapat mempercepat penurunan produksi kolagen, seperti merokok, kelebihan gula, sinar UV, konsumsi alkohol berlebih, dan makan makanan yang tidak sehat. Hasilnya, kulit menjadi kendur dan banyak garis halus.


    (Baca juga: Tingkatkan Kolagen Pada Kulit Dengan Konsumsi 8 Makanan Ini)


    Beberapa ahli kulit berpendapat bahwa, “keberadaan fragmen kolagen diyakini mengirimkan sinyal palsu ke tubuh, menunjukkan bahwa kerusakan kolagen telah terjadi. Ini merangsang sel penghasil kolagen, yang disebut fibroblas, untuk memproduksi lebih banyak kolagen alami anda sendiri.” Formulasi elastin (yang memberikan elastisitas kulit) dan asam hialuronat (untuk hidrasi) juga dirangsang.” Hasilnya, bisa dibilang adalah peningkatan kadar kolagen tubuh anda yang pada gilirannya meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kerutan.

    Maka dari itu, penting bagi kita sebagai wanita untuk mulai mengkonsumsi kolagen agar kulit tampak lebih awet muda dan fresh. 


    (Baca juga: Atasi Rambut Rontok Dengan Ginseng Dan Kolagen) 


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below