Hair & beauty

Cara Mengecilkan Pori-Pori Dengan Cepat

By : Her World Indonesia - 2021-04-14 16:00:00 Cara Mengecilkan Pori-Pori Dengan Cepat

Wanita biasanya memiliki berbagai tipe kulit yang berbeda salah satunya adalah pori-pori wajah yang besar. Perlu diketahui bahwa pada umumnya pori-pori merupakan folikel rambut yang terbuka dan mengandung kelenjar minyak. Sehingga beberapa bagian wajah seperti dahi dan hidung akan terlihat lebih besar dibandingkan di bagian lain. 

Salah satu dampaknya adalah biasanya pori-pori yang besar akan mudah timbul jerawat atau komedo. Penyebabnya karena debu, kotoran hingga bakteri yang menempel pada kulitmu dan menyumbat ke dalam. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengecilkan pori-pori dengan cepat secara alami. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya.


(Baca Juga: Inilah 5 Menu Sarapan untuk Diet)


1. Es Batu

Es batu dapat mengecilkan pori-pori wajahmu secara cepat (Dok.Unsplash)

Untuk mengecilkan pori-pori dengan cepat kamu bisa menggunakan es batu dengan mengoleskannya ke wajah. Kamu bisa melakukan hal tersebut selama 15 menit agar pori-porimu mengecil. Hal ini merupakan cara yang instan sehingga kamu tidak perlu lagi mencari produk kecantikan.


(Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif Untuk Wanita)


2. Madu

Madu menjadi salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori secara alami dan cepat (Dok.unsplash)

Siapa sangka, selain menyehatkan tubuh, madu dapat kamu jadikan sebagai pelembap alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, madu juga dapat mencerahkan kulit yang dikarenakan madu memiliki kandungan antioksidan. Kamu dapat mengaplikasikannya dengan mengoleskannya ke area wajahmu dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.


3. Cuka Apel

Kandungan yang dimiliki cuka apel seperti zat asam dapat membantu regenerasi kulit hingga mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa menjadikan cuka apel sebagai toner alami untuk wajahmu. Caranya juga tidak sulit, kamu hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan ukuran satu sendok makan ke dalam segelas air. Lalu, kamu dapat mengoleskan air cuka tersebut dengan kapas.


4. Minyak Zaitun

Zat linoleic pada minyak zaitun dapat membantumu menjaga kadar air pada kulit wajahmu. Minyak zaitun merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengecilkan pori-pori pada wajahmu. Maka dari itu, kamu bisa menggunakannya dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok madu. Lalu, kamu bisa mengaplikasikannya ke wajahmu sebagai masker wajah.


(Baca Juga: 3 Produk Ajaib Bersihkan Pori-pori Wajah)


5. Gula


(Gula bisa mengecilkan pori-pori.Foto:Dok.Mali/Pexels)


Jika kamu ingin eksfoliasi wajahmu dengan cepat, kamu bisa menggunakan gula pasir untuk digunakan sebagai scrub wajah. Pori-porimu akan semakin mengecil dan sel-sel kulit matimu akan terangkat secara alami. Kamu hanya perlu mencampurkan gula pasir dengan dua tetesan air. Wajahmu akan kembali sempurna tanpa kusam.


6. Bengkoang

Buah bengkoang sering sekali digunakan dalam produk kecantikan sebagai pemutih. Namun, selain mencerahkan wajah, bengkoang juga dapat dijadikan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang memiliki kandungan vitamin B dan C yang berguna untuk menjaga agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajahmu.


7. Putih Telur

Putih pada telur sangat berkhasiat untuk mengenyalkan wajahmu dan juga sebagai salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori pada wajahmu. Hal ini dikarenakan bahwa putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien. Maka dari itu, kamu hanya perlu mengoleskan putih telur ke wajahmu. Tak perlu khawatir, bau amis pada telur bisa kamu hindari dengan menambahkan satu sendok air perasan jeruk nipis atau lemon.

 

 Nah, inilah berbagai cara mengecilkan pori-pori secara cepat agar kamu bisa tampil lebih percaya diri. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)

Hair & beauty