Facebook, Instagram Dan Whatsapp Ajak #BulanKebaikan


  • Facebook, Instagram Dan Whatsapp Ajak #BulanKebaikan
    Menyambut Bulan Ramadan, Facebook, Instagram dan Whatsapp Ajak Kebaikan . (Foto: Dok. /unsplash)

    Masuknya kembali bulan Ramadan di masa pandemi, tahun ini Facebook, Instagram dan WhatsApp mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dalam komunitas global pada kampanye Ramadan secara online #BulanKebaikan. Pada hari pertama bulan suci Ramadan akan ada berbagai cara dan ide yang dihadirkan agar setiap orang bisa menjelajahi, menginspirasi dan mengekspresikan kebaikan di Facebook, Instagram dan WhatsApp.




    “Dengan semangat bulan Ramadan, Facebook, Instagram dan WhatsApp meluncurkan kampanye #BulanKebaikan guna memberikan lebih banyak cara dan ide bagi orang-orang untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami.


    Sebagai bagian dari kampanye ini, kami juga akan mengingat kisah dan inspirasi dari figur-figur yang telah menciptakan dampak positif di komunitas. Selain itu, kami juga akan menghadirkan serangkaian fitur agar orang-orang dapat mengekspresikan aksi kebaikan mereka serta terhubung dengan teman dan keluarga di bulan suci ini,” ujar Country Director untuk Facebook di Indonesia, Pieter Lydian.


    (Baca Juga: 5 Aplikasi Kesehatan Wajib Kamu Punya)


    Ajakan dalam menjelajahi kebaikan dengan beragam cara untuk menyebarkan kebaikan selama Ramadan yakni Kebaikan Beruntun (Pay-it-Forward) dengan berharap ramadan tahun ini, Facebook, Instagram dan WhatsApp dapat memulai rangkaian kebaikan beruntun yang dapat menginspirasi masyarakat dalam berbuat dan mengajak kebaikan. Beberapa ide menarik telah disiapkan untuk memulai rangkaian kebaikan yaitu panduan UKM untuk ‘Siap Sambut Ramadan’.


    Facebook meluncurkan panduan praktis untuk membantu usaha kecil dan menengah bersiap menyambut Ramadan dan Idul Fitri di seluruh aplikasi Facebook. Salah satu panduan praktis yang dapat ditemukan oleh pelaku UKM adalah pustaka gambar di Getty Images yang menyediakan beragam pilihan visual bertemakan Ramadan yang cocok untuk perangkat mobile.


    Pustaka gambar ini merupakan hasil kolaborasi Getty Images dengan Facebook dan seluruh visual yang tersedia secara gratis bagi pelaku UKM untuk digunakan sebagai pendukung materi dan kegiatan pemasaran mereka selama Ramadan.


    (WhatsApp x UKM Indonesia. Dok. Facebook Indonesia)

    Selain menjelajahi, ajakan inspirasi kebaikan dengan berkolaborasi bersama kreator dan komunitas dalam menyuarakan beberapa figur telah membawa dampak positif di komunitas mereka serta menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa melalui Ramabar yang merupakan main bareng selama bulan suci Ramadan.


    (Baca Juga: Harry dan Meghan Jadi Produser Serial Dokumenter Netflix)


    Streamer gamers resmi dari Facebook akan berkumpul secara virtual selama tiga kali dalam seminggu bersama komunitas mereka menjelang waktu buka puasa. Lalu, juga akan ada berbagi cerita tentang Ramadan yang menginspirasi mereka bersama Ustad Muhammad Nur Maulana atau dapat lebih dikenal sebagai Ustad Maulana dengan beberapa pemuka agama lainnya juga akan ikut bergabung dalam program ini untuk memberikan Kuliah Tujuh Menit atau dapat disebut Kultum.


    Mereka akan berdiskusi tentang topik Ramadan yang dekat dengan komunitas Gaming, seperti Puasa Tetap Ceriwis, Puasa Sambil Ngegame dan lain sebagainya. Untuk Ramabar dapat diikuti oleh semua orang di Indonesia melalui halaman Facebook resmi dari Arkaw, LoeKeren dan ZAN.


    Selain Facebook, Instagram juga akan mengadakan serial Instagram live yang bertajuk #Ngabuburitdiinstagram selama 30 menit di setiap sabtu selama bulan Ramadan. Sesi siaran langsung ini menghadirkan beberapa kreator konten yang akan berbincang di waktu ngabuburit dengan topik seputar Ramadan dan berbagi inspirasi tentang aksi kebaikan yang mereka lakukan.


    Beberapa kreator konten yang akan dihadirkan adalah Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, Nagita Slavina dan masih banyak lagi yang bersedia untuk memulai rangkaian kebaikan di bulan Ramadan kali ini.



    (WhatsApp juga akan berkolaborasi dengan influencer ternama yaitu Alyssa Subandono. Dok. Facebook Indonesia)

    Untuk Ramadan kali ini, WhatsApp berkolaborasi dengan influencer termuka seperti Alyssa Subandono, mengajak masyarakat untuk terus belanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan Whatsapp yang bertajuk Pasar JuWAra.


    Bermitra dengan UKM Indonesia, aplikasi ini akan memberdayakan lebih dari 1000 pedagang pasar tradisional di 22 kota di 15 provinsi agar siap menyambut Ramadan dan Idul Fitri melalui pelatihan WhatsApp Business untuk membantu mereka tetap lancar dalam berkomunikasi bersama pelanggannya.


    Untuk yang terakhir adalah mengekspresikan kebaikan melalui Buka Puasa Ramadan Tanpa Batas. Beberapa koki dan vlogger makanan dari Indonesia dari beberapa negara di Asia Pasifik dan Turki. Untuk Indonesia yakni Tastemade Indonesia, Hobby Makan, Eric Herjanto yaitu pemenang Masterchef Indonesia.


    Lalu, dari Pakistan juga ada Masala TV, Chef Wardah dan Nefis Yemek Tarifleri. Mereka akan saling berbagi dan bertukar resep makanan Ramadan khas mereka dengan tujuan memberikan inspirasi menu buka puasa yang unik dan lezat melalui akun atau halaman mereka di Facebook.


    Uniknya, beberapa fitur baru untuk Ramadan pada Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp akan hadir seperti stiker pada Stories di Instagram yang dirancang oleh desainer asal Bahrain, @haluulie. Lalu, juga akan ada stiker untuk WhatsApp yang didesain oleh ilustrator asal Turki yaitu Murat Kalkavan. Tak hanya itu, Stiker Avatar dan News Feed juga akan hadir di Facebook hingga efek kamera dan stiker terbaru yang juga akan tersedia di Messenger dan Messenger Kids.


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below