Inilah Ragam Jenis Kurma Dan Perbedaannya Untuk Buka Puasa


  • Inilah Ragam Jenis Kurma Dan Perbedaannya Untuk Buka Puasa
    Inilah ragam jenis kurma dan perbedaannya (Foto:Dok/Freepik)


    Tak terasa, seluruh umat Islam akan menjalankan ibadah puasa mulai, Selasa (13/04/2021). Selain menahan hawa nafsu untuk tidak makan dan minum, bulan Ramadan juga identik dengan makanan-makanan yang manis sebagai menu berbuka puasa. Salah satunya yang paling melekat adalah buah Kurma.

    Selain rasanya yang manis, buah yang lezat ini juga memiliki banyak manfaat, seperti pengganti gula, mencegah risiko diabetes dan lain-lain. Terdapat lebih dari 200 jenis kurma dengan bentuk dan rasa yang berbeda, namun semuanya memiliki khasiat yang sama. Lalu, apa saja jenisnya dan pembeda dari masing-masing buah kurma?



    Untuk itu, berikut Herworld Indonesia rangkum ragam jenis buah Kurma yang paling populer dan perbedaanya! 


    (Baca Juga: Cara Membuat Milkshake Kurma untuk Buka Puasa)


    1. Kurma Medjool


    Kurma Medjool atau Medjul merupakan salah satu jenis buah kurma yang paling populer. Tekstur yang lembut dan sedikit berserat membuat kurma ini cocok untuk dimakan langsung!


    2. Kurma Dayri

    Yang menjadi pembeda dari kurma Dayri adalah ia memiliki tekstur yang lembut dan beraroma manis. Dengan bentuknya yang sedikit lonjong dengan kulit berwarna merah kecoklatan menjadi salah satu kurma favorit saat ini. Ketika buah ini matang, warna kulitnya berubah menjadi kuning hingga hitam saat disimpan.


    3. Kurma Rabbi

    Kurma ini merupakan salah satu kurma tertua dan terlezat yang identik dengan warna kulit coklat kemerahan dengan daging yang lembut dan manis. Kalian bisa makan langsung kurma ini sebagai cemilan atau digunakan sebagai pemanis pudding, roti, kue, dan lainnya. 


    (Baca Juga: Aneka Olahan Kurma Untuk Menu Berbuka Puasa yang Menyehatkan)


    4. Kurma Thoory

    Kurma ini dikenal sebagai kurma yang kering dengan rasanya yang pedas manis. Identik dengan bentuk yang agak lonjong dengan warna coklat keemasan, kurma Thoory cocok untuk baking! 


    5. Kurma Halawy

    Cocok dengan namanya yaitu Halawy yang berarti “manis”, kurma ini mengandung rasa seperti karamel-madu yang cocok dimakan sebagai menu berbuka puasa. Halawy cenderung memiliki bentuk yang lebih kecil dengan kulit coklat muda yang keemasan. 


    6. Kurma Deglet - Noor

    Deglet – Noor atau yang disebut sebagai “tanggal terang” karena bagian tengah buahnya yang terang ketika terkena sinar matahari. Kurma yang berukuran sedikit besar ini memiliki warna kuning kecoklatan dengan rasanya yang manis dan bertekstur kering.


    7. Kurma Barhi


    Kurma Barhi merupakan jenis kurma terkecil dengan rasa yang segar seperti sirup yang cocok digunakan dalam makanan penutup dan dipasangkan dengan buah – buah lainnya. Kurma Barhi cenderung berwarna kuning kecoklatan.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Hebat Mengonsumsi Kurma Selama Seminggu)


    8. Kurma Zahidi

    Kurma berukuran sedang ini memiliki rasa yang sangat manis dengan kulit yang mengkilap dan lebut. Kurma Zahidi bagus untuk dikonsumsi untuk mencegah 

    penyakit seperti gangguan pencerrnaan, sekaligus meningkatkan daya ingat dan penglihatan. sangat cocok untuk dimasak dan dipanggang karena mengandung syrup alami. 


    9. Kurma Mazafati

    Kurma yang berpenampilan lembut dengan warna merah cokelat yang menarik ini memiliki rasa seperti coklat dan karamel. Bukan hanya rasanya yang lezat, tapi kurma Mazafati juga kaya akan vitamin dan serat yang dapat dikonsumsi langsung.


    10. Kurma Sayer

    Kurma semi kering ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, cocok sebagai cemilan yang langsung disantap.


    Itulah ragam jenis kurma dan perbedaannya. Dari banyaknya deretan kurma di atas, manakah yang jadi favoritmu?


    (Penulis : Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below