Wujudkan Rambut Sehat dengan Mengonsumsi 5 Makanan ini!


  • Wujudkan Rambut Sehat dengan Mengonsumsi 5 Makanan ini!
    Pola hidup sehat nyatanya juga berpengaruh pada kesehatan rambut, salah satunya pemilihan bahan makanan. Inilah 5 diantaranya! (Foto:Dok.Freepik)

    Untuk memiliki rambut yang sehat, terkadang kita membutuhkan usaha yang serba ekstra. Selain perawatan rutin, kita juga harus mengiringinya dengan konsumsi makanan yang tepat.

    Makanan yang kita konsumsi tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, tetapi harus juga baik untuk kesehatan rambut. Oleh sebabnya, mulailah memperbaiki pola makanmu dengan mengonsumsi 5 makanan sehat berikut ini.




    (Baca Juga: 10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut)


    1. Strawberry

    Salah satu buah ini memiliki antioksidan yang baik bagi tubuh dan juga rambut. (Foto:Dok.Unsplash)


    Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat mewujudkan keinginanmu untuk memiliki rambut tebal nan sehat. Antioksidan pada buah stroberi berfungsi untuk membantu menjaga folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sementara itu, kandungan vitamin C pada stroberi juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, sejenis protein yang dapat menguatkan rambut dari kerontokan.


    2. Alpukat

    Alpukat dikenal sebagai sumber lemak yang tak hanya terasa enak saat dimakan, tetapi juga bisa membuat rambut tebal dan kuat. Tak perlu diragukan lagi, sebagai buah yang padat nutrisi. buah yang memiliki daging berwarna hijau ini mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga dapat melindungi area kulit kepala dari oksidan penyebab kerusakan. Hanya dengan makan satu buah alpukat ukuran sedang sudah dapat memenuhi 21 persen kebutuhan vitamin E harianmu.


    3. Kacang

    Namun perlu diingat, jangan makan kacang terlalu berlebih untuk mencegah jerawat datang. (Foto:Dok.Unsplash)

    Bukan hanya vitamin E yang terdapat pada bahan makanan satu ini, nyatanya kacang juga mengandung vitamin B, zinc, dan asam lemak esensial. Kalau tubuhmu merasa kurangan asupan vitamin dan mineral tersebut, maka tak heran bila rambut kamu terlihat mudah rontok dan rapuh. Semakin banyak asupan kacang atau bahan makanan yang memiliki vitamin E, aka  membuat rambut semakin kuat dan tebal.


    (Baca Juga: Tips Merawat Rambut Sebelum Tidur)


    4. Lemak

    Tak semua jenis lemak harus dihindari, sebaliknya lemak sehat merupakan salah satu lemak yang justru dibutuhkan oleh tubuh. Sangat disarankan untukmu mengonsumsi asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang berperan penting dalam hal kesehatan rambut, seperti omega-3 pada ikan salmon, walnuts, dan minyak zaitun.


    5. Daging dan Telur

    Daging dan telur memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan rambutmu. (Foto:Dok.Unsplash)

    Kandungan protein yang terdapat di dalam daging dan telur tidak hanya dapat membuat rambut kamu tebal, namun juga berkilau. Telur juga merupakan salah satu sumber protein terbaik sebab mengandung biotin dan vitamin B 12. Namun untukmu yang vegan, beberapa protein nabati yang manjur untuk dicoba yaitu berupa kacang-kacangan dan biji-bijian, serta yogurt.


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below