Tips Merawat Rambut Sebelum Tidur


  • Tips Merawat Rambut Sebelum Tidur
    Foto: Imcsike/Shutterstock/ClickPhotos

    Ganti Sarung Bantal Anda

    Salah satu hal terbaik yang bisa menjaga kesehatan dan tekstur rambut saat tertidur adalah sarung bantal berbahan satin. Edward Tricomi, pendiri Warren-Tricomi Salon mengatakan bahwa sarung bantal berbahan katun bisa membuat rambut kusut, apalagi yang bertekstur frizzy. Apabila menggunakan bahan satin, ia tak hanya mampu menjaga kerapian rambut namun juga menjaga kelembapan dan sinar alaminya.


    Kepang Rambut Sebelum Tidur

    Mengepang rambut sebelum tidur bisa mencegahnya menutupi kulit wajah selama istirahat. Seperti yang sudah diketahui sebagian besar perempuan, masalah kulit bisa timbul akibat kotoran atau minyak rambut yang menempel di wajah. Bagi rambut bertekstur lurus, kepangan ini bisa menciptakan beachy waves di keesokan harinya. Bagi rambut Anda menjadi dua bagian dan berikan tatanan loose braids. Idealnya, awali proses mengepang saat rambut masih setengah kering.




    Hindari Tidur dengan Rambut Basah

    Kecuali Anda mengepang rambut atau mengaplikasikan perawatan seperti masker, usahakan untuk mengeringkan rambut sebelum tidur. Hal ini mungkin sulit dihindari oleh mereka yang biasa mandi di malam hari. Namun menurut Julie Dbjay, seorang penata rambut di Fekkai 5th Avenue, tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan frizzy hair dan rambut patah. Sebaiknya keringkan rambut dengan hairdryer bersuhu rendah sebelum tidur.


    Semprotkan Dry Shampoo

    Yep, dry shampoo bisa membantu mencegah rambut kotor. Jika biasanya Anda terbangun dengan rambut dan kulit kepala berminyak, semprotan dry shampoo sebelum tidur bisa membantu menyerap minyak berlebih. Ditambah lagi jika rambut sering terkena residu dry shampoo, tampilan tersebut akan hilang keesokan harinya. Jangan lupa untuk menyisir rambut setelah aplikasi dry shampoo.


    Pijat Kulit Kepala

    Lakukan pijatan lembut selama beberapa menit di kulit kepala. Selain membantu memperlancar peredaran darah di area tersebut, kebiasaan ini juga mampu mengoptimalkan kesehatan rambut. Pijatan halus dengan ujung jari akan mendistribusikan minyak alami kulit kepala ke rambut dan membuatnya tampak lebih bersinar di pagi hari. Ritual ini sebaiknya dilakukan oleh perempuan yang memiliki rambut tebal dan cenderung kering.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below