Pengaruh Kurang Tidur Pada Kecantikan


  • Pengaruh Kurang Tidur Pada Kecantikan
    Meski kamu memiliki beragam alasan kurang tidur, kebiasaan begadang memiliki beragam efek buruk bagi kecantikan kulit. (Foto:Dok.Andrea Piacquadio/Pexels)

    Entah karena alasan lembur untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, belajar dengan sistem kebut semalam atau hanya menghabiskan waktu bermain internet, kebiasaan begadang memiliki beragam efek buruk bagi kecantikan kulit.


    Padahal tidur pada malam hari dengan waktu yang pas memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulitmu. Agar kamu semakin sadar dan waspada, inilah 4 pengaruh kurang tidur pada kecantikan.




    (Baca Juga: Tips Tidur Nyenyak Berkualitas Di Malam Hari)


    1. Kantung mata

    Efek yang terlihat lainnya dari kurang tidur akan tercermin pada area bawah mata. Hal itu dikarenakan area bawah mata merupakan bagian yang cukup sensitif sehingga mudah terpengaruh. Semakin sering kamu kekurangan waktu tidur atau begadang di malam hari, maka kantung mata tersebut akan semakin terlihat dan melebar.


    (Baca Juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Puffy Eyes Secara Alami)


    2. Kulit menjadi kusam

    Kurang tidur akan meningkatkan hormon kortisol yang memicu inflamasi dan membuat kulit terlihat kusam, sekaligus mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah. Peningkatan peradangan ini mepengaruhi produksi kolagen serta asam hyaluronic yang berfungsi untuk mempertahankan kecerahan kulit. Semakin sedikit zat hyaluronic yang dimiliki tubuh, maka kulit akan menjadi semakin kusam.


    3. Memperburuk kondisi kulit


    (Buatlah kulitmu sehat dengan tidur teratur dan normal sebelum kulitmu jadi breakout. Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)

    Bukan hanya memicu munculnya jerawat, kurang tidur juga dapat memperburuk kondisi kulit. Jika sudah berjerawat sebelum memiliki kebiasaan begadang, bukan tidak mungkin kulit akan diperparah dengan warna wajah kemerahan hingga iritasi. Apalagi hormon kortisol yang meningkat karena kurang tidur tersebut bisa menyebabkan meningkatnya produksi minyak di wajah, sehingga jerawat yang telah tumbuh bisa semakin memburuk.  


    (Baca Juga: 5 Manfaat Shea Butter Untuk Kesehatan Kulit)


    4. Penuaan dini

    Para ahli dermatologi mengatakan bahwa salah satu cara untuk awet muda adalah tidur. Alasannya, tak lain karena proses regenerasi yang bisa memulihkan dan membantu sel saraf untuk membangun jaringan yang kuat terjadi saat tidur nyenyak.

    Bahkan, banyak penelitian yang membuktikan meski hanya kurang tidur 1 kali, efek begadang bagi wajah akan langsung terlihat di pagi harinya. Efek tersebut meliputi mata sayu, mata bengkak, lingkaran hitam di bawah mata terlihat lebih gelap, rona kulit lebih pucat, garis halus dan kerutan di wajah lebih terlihat, dan sisi mulut terlihat turun.


    (Penulis: Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below